Mak, siapa aja nih yang penasaran ingin tahu wawancara singkat MakMin dengan BoTM di awal 2016 ini? Ini dia data Social Media Mak Handriati :

Foto Sendiri

Mak Handriati saat ini resmi menjadi Ibu Rumah Tangga yang nyambi ngeblog, dan bekerja di salah satu provider di Indonesia. Nah, mari langsung disimak saja obrolannya ya, Mak ;).

*

Mak Handriati sejak kapan sih ngeblog? Bisa diceritain nggak awalnya kenapa terpikirkan menjadi seorang blogger?

Sebenarnya saya mulai membuat blog di Tahun 2011, awalnya dulu lihat-lihat teman kuliah sih pada punya blog. Temen saya itu hobi-nya foto-foto terus hasil karyanya dia pajang di blog setelah itu dishare di facebook. Karena waktu itu saya anak facebook banget yang tiap hari mantengin timeline facebook. Saya jadi kepengen bikin juga deh. Tujuannya ya sama, mau pamer foto hasil jepretan sendiri. Itulah kenapa postingan awal-awal di blog saya cuma foto-foto aja. Kemudian lama-lama saya bosan ngeblog terus berhentilah gak pernah login blog sama sekali sampai akhirnya di penghujung tahun 2014 saya pulang kampung resign dari pekerjaan saya yang lama mulai bosan mau ngapain. Pekerjaan saya yang sekarang juga terkadang membuat saya banyak bengongnya, jadi untuk mengusir kebosanan dan membunuh waktu blog lah yang menjadi salah satu obatnya.

Begitu jadi blogger, langsung join komunitas blogger nggak, Mak? Bagaimana dengan KEB? Sejak kapan bergabung? Kesannya bagaimanakah?

Awal aktif ngeblog saya buta sama yang namanya komunitas, gak tahu sama sekali malah kalau ada yang namanya komunitas blogger. Saya tahu KEB itu dari blog yang random saya kunjungi (hasil searching keyword tertentu di google), dan setelah saya lihat-lihat kok blognya ramai komentar dan ramai dikunjungi padahal isinya hanya curhat masalah pribadi. Jujur sih waktu itu saya terheran-heran hehehe… Tapi lama kelamaan saya berkunjung ke blog yang sejenis sama juga ramai komentar lalu saya lihat di sidebar blognya ada banner KEB. Terus saya klik deh, masuk websitenya KEB sambil iseng-iseng ngisi data untuk join. Agak lama sih sampai akhirnya dikirimin email sama mak Lusi hihihi. Daaannn saya lupa tanggalnya kapan tapi tepatnya Bulan April 2015 saya resmi bergabung dengan KEB yeay! 😀

Pssstt… KEB adalah komunitas blogger pertama yang saya ikuti hihihi. :-*

Hal signifikan yang saya rasakan setelah gabung di KEB adalah blog saya jadi ramai komentar. Suer! Saya bahagia banget kalau blog saya dikomentarin orang hahaha… Karena biasanya sepi komentar. Terus jadi nambah temen juga, yang biasanya saya nulis di blog untuk diri saya sendiri lama-lama nulis di blog untuk teman-teman komunitas juga. Siapa tahu ada informasi yang belum teman-teman sekalian tahu, terus tahunya dari saya lewat blog. Kan bermanfaat kan kan kan? Hehehe.

Pokoknya kesannya setelah gabung KEB luarrr biasa, karena blog saya banyak berubah dan lebih banyak emak-emak yang baca juga :).

Menurut Mak Handriati, penting nggak sih peran komunitas untuk seorang blogger?

PENTIIIING BANGEEETTT!!! (Harus pakai caps lock biar heboh XD) Karena itu tadi bagi saya gabung di sebuah komunitas itu bisa menambah teman sesama blogger, kan sebelumnya saya anaknya kudet jadi gak punya teman blogger selain teman kuliah yang ngeblog dan teman kantor dulu yang suka ngeblog juga hahaha. Terus juga bisa tahu update-an informasi soal blogger dan ilmu blogging, soal lomba blog juga karena jujur aja saya tahu soal lomba blog setelah join di grup FB KEB (tuh kan ketahuan kudetnya XD), oiya siapa tahu kan ya bisa jadi sumber rezeki juga hihihi…

Untuk postingan blog, biasanya dari mana inspirasi Mak Handriati?

Dari mana-mana dari google, dari blognya teman-teman, dari social media, dari kejadian sehari-hari yang saya alami, dari pinterest, dari bloglovin (untuk blog-blog luar negeri). Dari mana saja sih tergantung mood-nya mau bahas apa hehehe.

Postingan Mak Handriati kan banyak review kecantikan ya, apakah Mak Handriati memang memfokuskan diri untuk menjadi beauty blogger?

Saya bukan seorang beauty blogger (untuk sekarang, mungkin next time), karena saya masih awam sekali menyoal beauty. Dandan aja gak bisa sudah berani-beraninya jadi beauty blogger, duh acak adut ntar mukanya kalau lihat tutorial makeup saya wkwkwk. Saya cuma senang saja me-review skin care atau kosmetik yang memang saya pakai sendiri, lumayan juga kan bisa menuh-menuhin postingan di blog hehehe. Sama berbagi pengalaman saja siapa tahu bermanfaat. Tapi tanpa disangka-sangka hampir semua review beauty yang saya tulis di blog berada di page one google, membuat saya galau haruskah saya jadi beauty blogger? Hahaha. Dan itulah kenapa saya masih tetep kekeuh nulis soal review beauty hihihi. Ah tapi syudahlah, sekarang saya tidak lagi memikirkan untuk memberi predikat-predikat beauty, lifestyle ataupun techno blogger untuk saya maupun blog saya. Yang penting nulis saja apa yang mau ditulis. Tapi saya cenderung senang menulis soal gadget ataupun artikel blogging, lebih mengalir aja sih. Dan yang pasti saya itu blogger, wes ngono wae. Iyakan ya bolehkan nyebut diri sendiri ini blogger tanpa harus sekolah blog dulu kan kakak? XD

Oh iya, selamat untuk pernikahannya ya, pengantin baru 🙂. Dengan peran baru sebagai seorang istri, apakah ada perubahan dalam aktifitas blogging? Bagaimana sikap Pak suami? Apakah mendukung Mak Handriati ngeblog?

Makasih makasih ucapannya :*. Gak ada perubahan sama sekali sih, karena suami saya mendukung semua yang saya kerjakan terutama blogging. Katanya “Daripada kamu bengong, nulis aja gih di blog”, tuhkan ngedukung kan? Apalagi kalau saya dapet gadget hasil dari #berkahngeblog, dia ikut nyosor pengen gadgetnya hahaha…

Foto Dengan Suami

Apa pencapaian tertinggi sebagai seorang blogger buat Mak Handriati sampai saat ini?

Seiring waktu, pencapaian tertinggi saya selalu berubah ya, awalnya saya pengen menang lomba blog itulah pencapaian tertinggi yang saya inginkan. Dan Alhamdulillah sudah tercapai, semoga ke depannya bisa menang lagi, Amin. Lalu, dulu saat pertama kali saya gabung di KEB saya pengen banget jadi Blog of The Month-nya KEB, dan tanpa disangka-sangka awal tahun ini Alhamdulillah saya jadi Blog of The Month Januari 2016. Ini adalah pencapaian tertinggi saya saat ini. Dan mungkin untuk ke depannya bisa berubah lagi seiring dengan perkembangan jaman. *tsaaaahhh* kayak apa aja XD

Kalau social media, penting nggak sih, Mak, untuk seorang blogger?

PENTIIIING BANGEEETTT!!! (ini juga harus pakai caps lock XD) Menurut saya social media itu salah satu bagian dari self branding. Apalagi bagi kita yang mengaku seorang blogger, biar keberadaan kita dan blog kita diakui dan diketahui oleh teman-teman, temannya teman, oleh publik dan oleh semua orang di seluruh duniaaaa HAHAHA…

Mumpung tahun baru nih, Mak, apa harapan Mak Handriati dalam dunia blogging untuk 2016 ini?

Karena perkembangan dunia blogging di tahun 2015 kemarin sudah sangat sangat melesat sekali mulai dari mobilegeddon sampai pengakuan blogger oleh berbagai pihak termasuk perusahaan dan brand, maka mudah-mudahan di tahun 2016 ini seorang blogger bisa bersikap lebih wise, lebih pintar dan lebih toleran lagi dalam menuliskan segala curahan hatinya demi blogging yang lebih baik. Termasuk saya, Amin… 🙂

*

Seru yah ngobrol ngalor ngidul sama Mak Handriati, sampai panjang buanget postingan kali ini hihihihi. Buat emak yang masih penasaran dengan BoTM yang penganten baru ini, cus deh ke blognya www.handdriati.com yaa.

Untuk Mak Handriati, sekali lagi selamat yaa, tetaplah menginspirasi dengan berbagi di blog. Semoga keluarga kecil Mak Handriati diberkahi kebahagiaan selalu ;).