Kalau pergi ke toko buku, buku apa sih yang biasanya teman-teman lihat?

Aku suka melihat novel dan buku resep masakan/kue. Novel itu sudah bacaan favorit mulai zaman SMP dulu. Nah kalo buku resep mulai kulirik sejak menikah dan punya anak hihihi. Yah, meskipun nggak pinter masak tapi sebagai seorang ibu tentu pingin dong membuat aneka masakan dan kue buat keluarga tercinta. Pasti seneng kan kalo masakan atau kue buatan kita disukai keluarga.

Sesekali masak sendiri buat keluarga, selain lebih irit, tentu juga lebih sehat pastinya. Nah, melihat resep-resep kue di toko buku itu jadi penasaran pingin nyoba buat. Tapi seringnya nggak jadi bikin karena nggak punya oven.

Teman-teman ada yang sepertiku nggak? Sering membatin, aku pingin buat kue ini itu, sayangnya nggak ada oven hiks. Itulah yang menyebabkan aku dulu beli happy call, alasan utamanya sih biar bisa bikin kue meskipun dalam porsi kecil. Aku baru aja punya oven bulan lalu, itu pun masih oven tangkring yang nggak ada timer dan mesti ngintip-ngintip buat melihat kue sudah matang belum.

Tapi sebetulnya banyak kok variasi kue atau roti yang nggak perlu oven, bikin aja roti atau kue yang dikukus, digoreng atau yang dimatangkan langsung di atas api. Nanti kalau sudah punya oven baru deh nyoba bikin kue yang dioven dan aneka kue kering.

Nah, sekarang yang penting bisa tetap bikin kue meski nggak punya oven. Dijamin tetep happy :).

Kue dikukus

Kue yang dikukus nggak kalah enaknya dengan kue yang dioven, malah teksturnya lebih empuk dan lembut. Cuma memang kue kukus cenderung agak keras saat sudah dingin. Kue kukus yang sudah keras bisa dihangatkan (dikukus lagi) jika ingin dimakan, kue akan menjadi lembut kembali. Kue yang dikukus misalnya: bolu kukus, brownies kukus, kue mangkok, kue apem dan bakpao. Yang anaknya masih kecil, malah lebih enak lho bikin kue yang dikukus aja.

Kue digoreng

Kita bisa bikin camilan untuk anak-anak yang serba goreng, misalnya saja kroket atau risoles. Bisa juga membuat roti goreng yang dalamnya bisa divariasikan, misalnya saja roti goreng isi sosis. Donat juga merupakan salah satu camilan favorit anak-anak yang bisa dibuat dengan cara digoreng.

Kue yang dimatangkan di atas api

Kita bisa membuat kue yang dimatangkan di dalam cetakan yang ditaruh langsung di atas api. Misalnya saja kue serabi, carabikang, pukis, terang bulan (martabak manis), dan kue cubit yang sedang hits sekarang ini. Buatku pribadi, agak susah membuat kue yang dimatangkan di atas api. Beberapa kali nyoba hasilnya tidak memuaskan, malah ada yang gosong hiks. Lebih gampang bikin kue yang digoreng hehe.

Kue yang dimasak memakai magic com

Selain kue dikukus, digoreng atau dimatangkan di atas api, bisa juga membuat kue memakai magic com. Akupernah baca resep-resep kue yang dibuat memakai magic com, bahkan yang tidak pakai mixer juga lho, cuma aku belum pernah nyoba sih. Di resep yang kubaca itu, tinggal campur-campur adonan, aduk rata, tuang dalam magic com dan kue jadi. Praktis banget!

Jadi … ingin membuat kue tapi tak punya oven? Bisa kok!

Mumpung liburan tahun baru nih, yuk bikin kue sendiri untuk dimakan saat santai bersama keluarga. Nanti kalo sudah jadi, jangan lupa bagi-bagi yah hihihi.