Hi, Mak!

Suka nggak dengan makanan pasta semisal spaghetti atau macaroni? Kalo aku sendiri sih lebih suka makan tempe penyet atau nasi pecel aja, ditambah kerupuk 😀

Yang suka makanan pasta di rumah ya anak-anak, terutama anakku yang cowok. Nah beberapa hari lalu, baru inget kalo punya keju mozarella di kulkas. Ya udah, daripada keburu expired, langsung bikin aja deh mac and cheese bolognese, resepnya @mommybrayden_

ResepMacandCheeseBolognese

Aku bikin setengah resep karena waktu itu macaroni cuma tinggal 100 gr aja. Ternyata segitu juga udah banyak kok menurutku. Bikinnya gampang dan nggak perlu panggang di oven, cuma pake wajan biasa aja. Cepat dan praktis banget! Resepnya kutulis dibawah ini, ya.

Resep Mac and Cheese Bolognese

Bahan:
225 gr macaroni elbow
100 gr daging sapi cincang
100 gr daging ayam cincang
150 ml susu cair
1bh bawang bombay sedang, iris kecil-kecil
3 siung bawang putih cincang
1 pack keju mozarella (sekitar 200 gr)
500 gr tomat
1/2 sdt garam untuk merebus macaroni
3/4 sdt garam
3/4 sdt kaldu bubuk
1sdt lada bubuk
Secukupnya saus tomat (sesuai selera)
Sejumput gula
Sedikit oregano+basil
Air utk merebus pasta
Margarin utk menumis

BAHAN MAC AND CHEESE BOLOGNese

Persiapan:
1. Rendam tomat dalam air panas untuk membuang kulitnya, kemudian buang juga bijinya dan cincang kasar.
2. Didihkan air. Rebus macaroni, tambahkan garam. Rebus selama 7 menitan.
3. Keju mozarella dipotong kecil-kecil.

CARAMEMBUATMACANDCHEESEBOLOGNese

Cara memasak:
1. Panaskan margarin. Tumis bawang bombay dan bawang putih, tambahkan garam, gula, lada, oregano, basil, tumis hingga harum.
2. Masukkan daging cincang, masak hingga berubah warna. Tambahkan tomat, saus tomat dan susu. Masak sebentar hingga bau langu tomat hilang dan koreksi rasa. Masukkan macaroni, aduk rata dan matikan api.
3. Terakhir, masukkan keju mozarella, aduk rata hingga keju meleleh. Sajikan panas-panas bersama saos sambal.

Tuh, praktis banget bikinnya! Ini sebenarnya kalo mau lebih praktis lagi, bisa pakai saos bolognese siap pakai yang biasanya dijual di supermarket. Tapi lebih alami bikin sendiri aja, Mak 😀

Mac and cheese bolognese ini dimakan saat panas, ditambah saos sambal, hhmm… enak! Apalagi jika ditambah dengan bubuk keju. Ini yang makan banyak anak-anak, emaknya sih cuma icip-icip dikit dan bagian motret aja hahaha.

Yuk, cobain resep Mac and Cheese Bolognese ini!