Hai, Mak! Pasti sih sudah akrab dengan perpastaan ya! Coba, Mak, udah pernah masak pasta apa aja nih? Spagetti? Makaroni? Lasagna? Sudah pernah nyoba masak resep pasta fusili juga?

Memang sih, tak seperti spagetti dan makaroni, fusili ini kalah populer, meskipun ya tetep sering nongol di menu-menu resto yah? Tapi kebanyakan sih pada lebih suka spagetti atau makaroni. Sebenarnya sih sama aja, Mak, cuma bentuknya yang spiral itu yang khas ya? Kadang keliru juga sama rotini, bentuk pasta yang lain yang juga spiral. Emang hampir sama sih. Hihihi.

Biasanya resep fusili akan berbahan saus krim dan kacang polong. Well, kali ini resep fusili kita masih pakai krim kental sih, tapi akan ditambah dengan tuna. How does that sound? Yummy kan?

Siapa yang meragukan kandungan gizi tuna? Sebut saja, ikan tuna merupakan salah satu bahan makanan dengan kandungan protein terbesar dan lengkap. Tak cuma kandungannya besar dan lengkap, tapi protein dalam ikan tuna juga rendah lemak lo. Ikan tuna juga merupakan sumber vitamin B6, yang bagus untuk membantu produksi hemoglobin darah. Plus masih ada mineralnya yang juga banyak.

Ckckck. Tu kan? Masa masih nggak percaya sama sehatnya ikan tuna?

So, kalau anak-anak penyuka pasta, nah resep pasta ini bisa sekalian untuk memasukkan gizi ikan tuna juga untuk mereka, Mak. Makanya yuk, coba bikin! Resep pasta ini mudah kok!

 

Resep Pasta Fusili Tuna

 

Resep Pasta Fusili Tuna

Image Via Primavera Kitchen

Bahan:

200 gr fusili kering

2 sdm minyak zaitun

100 gr bawang bombay, cincang

1 siung bawang putih, cincang

100 gr kuntum brokoli

300 ml kaldu ikan/sayuran

200 ml krim kental

1 sdt garam

½ sdt merica bubuk

150 gr tomat, seduh, kupas, buang bijinya, cincang kasar

250 gr potongan tuna dalam kaleng, tiriskan

75 gr keju Cheddar parut

 

Cara membuat:

Rebus fusili hingga matang. Tiriskan, sisihkan.

Panaskan minyak zaitun, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Tambahkan brokoli, tumis hingga setengah matang.

Masukkan kaldu, krim, garam dan merica, masak hingga brokoli matang.

Tambahkan fusili, tomat, dan tuna, aduk rata. Masak hingga semua bahan matang. Angkat.

Taburi keju, sajikan hangat.

 

Gimana, Mak? Gampang kan resep pasta kita kali ini? Buat sarapan oke, buat makan malam juga cucoks. Sampai ketemu lagi di resep berikutnya ya!