Hai Maks, yuk cari tahu manfaat traveling bareng keluarga.

Saat ini, traveling sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat. Bahkan, ketika jenuh dari kegiatan rutin setiap hari, berjalan-jalan atau traveling seperti kebutuhan yang wajib dilakukan.

Ibaratnya, traveling adalah multivitamin untuk meningkatkan zat endorfin dan serotonim dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk menghilang stress dan meningkatkan perasaan senang juga bahagia. Mau kan menjadi orang yang selalu bahagia?

Bahagia itu sebenarnya mudah lho. Misalnya, beraktivitas yang menyenangkan bersama keluarga dengan melakukan perjalanan bersama. Traveling bareng keluarga. Apalagi kalau dilakukan rutin, tiap trimester atau tiga bulanan. Memang sih tergantung anggaran (budget), lokasi dan kesibukan anggota keluarga lainnya. Tapi secara umum, traveling bareng keluarga itu menjadi moment yang dinantikan seluruh anggota keluarga.

Apa saja sih manfaat liburan bersama keluarga?

Banyak sekali, tentunya. Saya sendiri sering melakukan traveling bareng keluarga. Tidak hanya dengan keluarga kecil saya, tetapi juga dengan keluarga suami seperti ibu mertua, kakak adik suami, ponakan bahkan cucu keponakan. Bahagia sekali bisa berkumpul dan berjalan-jalan bersama keluarga besar.

Berikut ini manfaat traveling bareng keluarga menurut saya:

  1. Hubungan keluarga makin akrab

Ketika melakukan traveling bareng keluarga, kuantitas waktu sangat terasa. Apalagi bila melakukan perjalanan lebih dari dua hari. Kebersamaan menikmati traveling selama perjalanan, di tempat wisata, hingga sekedar mencari souvenir, jadi satu momen yang tak terlupakan.

Perbincangan yang hangat dan seru menjadi pengisi waktu selama traveling. Ciptakan aura kehangatan dengan permainan yang sederhana. Seperti bermain tebak kata, yang pasti bikin seru dan heboh. Atau menyanyi dan berjoged sambil bikin api unggun di luar. Ini bisa dilakukan bila tempat menginapnya memiliki fasilitas untuk kegiatan di luar ruangan.

  1. Ciptakan Momen yang Menyenangkan

Saat ngumpul bareng keluarga, hindari obrolan yang memicu perdebatan. Ciptakan momen yang seru dan menyenangkan, agar menjadi momen yang tak terlupakan dan dikenang selamanya.

Traveling Bareng Keluarga

3.  Bikin Tubuh Jadi Sehat

Saya pernah loh sakit dan malas banget melakukan rutinitas harian. Pengennya bobok cantik saja di tempat tidur atau sofa. Sambil nonton tayangan film romantis dan ngemil jajanan. Tiba-tiba aja suami mengajak liburan. Kebetulan hari Sabtu dan anak-anak pulang sekolah juga lebih awal. Tubuh yang semula enggan bergerak dari sofa langsung bertenaga. Saya segera menyiapkan beberapa keperluan yang biasanya kami bawa saat liburan. Efek mendengar ajakan liburan aja udah bikin tubuh bertenaga.

Belum lagi asupan vitamin D ketika traveling di alam terbuka. Kalian pasti paham bahwa nutrisi terbaik untuk kesehatan tulang adalah mengonsumsi vitamin D. Nah, negeri kita memiliki sumber vitamin D yang berlimpah. Dengan beraktivitas di luar ruangan saat traveling, kulit kita akan terpapar oleh sinar matahari.

4. Traveling Bisa Menyembuhkan Stres

Setiap hari, kita sudah sibuk dengan rutinitas dengan segudang masalah yang terkadang bikin stress. Tubuh dan pikiran butuh relaksasi. Dengan menyempatkan diri traveling bareng keluarga, stress akan hilang. Yuk, siapkan traveling bareng keluarga.

5. Traveling Mengajarkan Perbedaan

Traveling bareng keluarga menjadi kenangan yang tersimpan selamanya dalam benak terutama bagi anak-anak. Saat melakukan perjalanan, kita akan menemukan hal-hal baru yang menambah wawasan. Misalnya ketika traveling ke tempat asing dengan perbedaan ideologi dan agama, kita belajar bagaimana menghargai ideologi dengan penduduk setempat. Juga belajar ribetnya mencari kuliner yang halal untuk keluarga, karena banyak makanan yang pantang dicicipi.

Gimana Maks, banyak juga kan manfaat traveling bagi keluarga?!

Supaya perjalanan atau traveling bareng keluarga menyenangkan, berikut ini tips dari saya:

Traveling Bareng Keluarga

  • Tetapkan rencana dengan matang seperti tujuan wisata, memilih perjalanan darat atau udara. Biasanya kami meeting menentukan tempat ini via chat di WAG. Setiap keluarga mengusulkan tempat wisata dan kami bahas bersama.
  • Niatkan traveling untuk mencari kesenangan. Ketika ada masalah seperti tempat wisata terlalu jauh dari jangkauan dan tidak sesuai dengan bayangan, tak ada sikap saling menyalahkan.
  • Selalu tempatkan sikap kebersamaan keluarga yang paling utama. Dengan saling menghargai pendapat dan saran dari anggota keluarga. Intinya kompak dalam setiap situasi selama traveling bareng keluarga besar
  • Santai menghadapi setiap kemungkinan yang terjadi. Apalagi jika traveling ke tempat yang masih asing dan tak kita ketahui adat istiadat setempat. Yang pasti mesti menghormati budaya lokal dan jadi diri sendiri. Bersikap rendah hati, dan peka dengan lingkungan di tempat wisata.
  • Bawa cemilan untuk makan selama perjalanan. Terutama bila ada anggota keluarga yang masih balita. Bisa saja ketika perjalanan darat cukup sulit menemukan tempat makan.

Rasanya pengen banget hari libur segera tiba ya. Agar bisa menikmati setiap manfaat traveling bersama keluarga.

Selama ini traveling keluarga kami masih seputar Pulau Jawa dan Bali. Itu saja rasanya belum eksplore semua. Masih ada beberapa daerah yang ada dalam destinasi impian keluarga kami. Kalau melakukan perjalan berlibur bersama keluarga, biasanya kami memanfaatkan waktu liburn sekolah.

Terkadang, mencuri waktu di sela kesibukan kerja. Kalau seperti ini, anak-anak yang paling senang dengan liburan dadakan.

Traveling bareng keluarga besar menjadi satu kegiatan rekreasi yang selalu kami nantikan. Seakan menjadi candu. Kebersamaan bareng keluarga besar membuat hubungan kami menjadi makin solid.

Punya cerita perjalanan atau traveling bareng keluarga? Pasti menyenangkan ya. Yuk berbagi cerita, boleh di kolom komentar atau kalau blogger bisa tuliskan di blognya. Ditunggu ya.

***

Traveling Bareng Keluarga Apa Manfaatnya ditulis oleh Hidayah Sulistyowati sebagai post trigger #KEBloggingCollab untuk kelompok Butet Manurung.

Hidayah Sulistyowati, seorang blogger yang tinggal di Semarang. Menuliskan ceritanya di blog www.hidayah-art.com  dengan tagline ‘Untaian Kata untuk Berbagi.