Selamat Hari Kartini 2013!

finalisSB

Masih ingatkah para emak, di masa kecil dulu, Hari Kartini diperingati dengan banyak kegiatan, salah satunya adalah parade dengan memakai baju adat atau tradisional dari seluruh Indonesia. Terbayang dengan jelas, betapa senangnya hati berjalan beriringan bersama teman-teman lain yang juga memakai baju adat, mengelilingi lingkungan sekolah atau tempat tinggal kita. Walau mungkin saat itu, makna Hari Kartini belum sepenuhnya dipahami.

Ah, kenapa jadi melenceng mengenang peringatan Hari Kartini yah.

Bertepatan dengan Hari Kartini ini, Panitia Srikandi Blogger 2013 memberikan kenangan indah kepada emak-emak member Kumpulan Emak Blogger (KEB) di mana pun berada, yaitu Pengumuman 10 Finalis Srikandi Blogger 2013.

Setelah sebelumnya mengumumkan 50 Unggulan Srikandi Blogger 2013 dan meminta para unggulan untuk menuliskan artikel opini mereka tentang apa dan bagaimana Srikandi Blogger 2013, juri Srikandi Blogger yang terdiri dari Wylvera Windayana (Ketua Panitia Srikandi Blogger 2013), Lusiana Trisnasari (Makmin KEB), Sary Melati, Indah Julianti dan Mira Sahid (Board KEB), menilai dan berdiskusi untuk menentukan 10 Finalis Srikandi Blogger 2013.

Bukan hal yang mudah mencari dan menentukan para finalis dari 50 unggulan Srikandi Blogger yang semuanya nyaris sempurna dengan kelebihan masing-masing. Jujur, para juri kagum dan terpana dengan artikel yang dituliskan para unggulan ini tentang keinginan mereka menjadi Srikandi Blogger 2013.

Namun, seperti halnya kompetisi lain, Tim Juri Srikandi Blogger 2013 harus realistis menentukan 10 finalis, yang nantinya akan menghasilkan seorang Srikandi Blogger 2013, dan 2 kategori pemenang lainya yaitu Blogger Persahabatan dan Blogger Favorit pilihan langsung para member KEB.

Kami tahu dan yakin, setiap keputusan atau hasil dari suatu kompetisi, tidak bisa memuaskan semua pihak. Ada yang puas dan bahagia, tidak sedikit yang kecewa, ada yang pro dan juga kontra. Tapi tetap harus ada pilihan karena tidak mungkin memasukkan semuanya, seperti keinginan hati yang terdalam.

Dan, inilah 10 Finalis Srikandi Blogger 2013 :

1. Alaika Abdullah

2. Anazkia

3. Dina Begum

4. Diadjeng Laraswati

5. Eka Mayya

6. Nchie Hanie

7. Myra Anastasia

8. Octaviani Nur Hasanah

9. Shinta Ries

10. Winda Krisnadefa 

(urutan bukan hasil penilaian)

Harapan kami, dengan pengumuman 10 Finalis Srikandi Blogger 2013 ini, tidak menyurutkan dan memupus keterlibatan para 40 unggulan Srikandi Blogger 2013 dalam setiap aktivitas online dan offline Kumpulan Emak Blogger (KEB).

Tanpa para emak, KEB tidak akan solid, sebagaimana yang dituliskan pakar marketing sekaligus CEO dan Founder MarkPlus, Inc., Hermawan Kartajaya dalam buku terbarunya Superhero Juga Manusia: “suatu komunitas bertambah solid jika bisa memadukan aktivitas online dan offline. Sebuah komunitas online akan rapuh tanpa ada kopdar (kopi darat; pertemuan) yang teratur. Pertemuan-pertemuan offline itulah yang membuat hubungan antarmanusia di dalam komunitas semakin kuat. Komunikasi online akan makin mempererat lagi.”

Dituliskan juga dalam buku itu, bahwa salah satu komunitas penentu masa depan baik di Indonesia adalah komunitas perempuan (women). Karena by nature, perempuan itu lebih memegang prinsip dalam perilaku sehari-hari, perempuan multi tasking dan setinggi apa pun kesuksesan seorang perempuan tidak akan kehilangan care-nya pada keluarga, terutama anak.

Kumpulan Emak Blogger (KEB) adalah komunitas perempuan (women), yang tak akan bisa besar dan tak ada artinya tanpa dukungan emak-emak blogger yang telah menjadi unggulan Srikandi Blogger 2013 (khususnya), dan seluruh member KEB di mana pun berada, yang aktif di grup atau yang tidak/belum aktif (ayo, aktif, jangan malu-malu).  Mari mak, kita besarkan KEB bersama-sama.

Love and Proud of you, Emak-emak Blogger!