nasi kucing

Emak, pernah denger nggak sih makanan yang disebut dengan nasi kucing? Mungkin semuanya sudah tau ya, tapi aku baru tau tahun 2011 lalu. Di dekat sekolah anakku, biasanya tiap pagi ada yang berjualan aneka masakan dan kue-kue. Nah, pagi itu kok para emak yang nganter anaknya itu pada ribut ngomongin nasi kucing. Aku lalu bertanya, nasi kucing apa itu yah? Mereka jawab ada yang jualan nasi kucing di dekat sekolah. Lantas karena penasaran *emang belum pernah nyoba sih* aku membeli satu nasi kucing itu seharga Rp. 2000,-. Sampai di rumah, aku buka bungkusan nasi itu, dan setelah kubuka ternyata isinya itu cenderung sama sih dengan nasi campur cuma porsinya aja sedikit. Ealah ini toh namanya nasi kucing itu, kirain isinya apaaa โ€ฆ

Isinya itu nasi, oseng wortel buncis, sambal goreng kentang, mie dan suwiran ayam, ditambah dengan sambal. Semuanya dengan porsi yang sedikit, tapi sambalnya pedes banget, cukup membakar lidah deh. Untuk menu sarapan bagiku pribadi sih porsi segitu cukuplah buat menambah energi he he ..ย  Hari pertama, banyak emak yang membeli nasi kucing ini, mungkin sama dengan aku ya alasannya, karena penasaran pengen tau dan nyobain rasanya. ย Laris manis deh si nasi kucing ini. Hari kedua, masih banyak yang beli, malah satu orang biasanya beli beberapa bungkus nasi, mungkin kurang kenyang kalau makan cuma sebungkus yaahh *atau gegara sambelnya pedes banget kali, jadi nasinya kurang ๐Ÿ™‚ .

Sekitar satu minggu kemudian, eh ada yang jualan lagi, kali ini namanya nasi jinggo, katanya sih dari Bali. Tapi harganya saat itu Rp. 2000,- sebungkus, padahal kupikir harganya Rp. 1500,- sesuai namanya .. jinggo.ย  Hanya bertahan sebulan saja, setelah itu si penjual nasi jingo tidak pernah kelihatan di dekat sekolah anakku itu. Sedangkan yang jualan nasi kucing masih ada sampai sekarang, cuma nama nasinya bukan nasi kucing lagi tapi sudah berganti dengan nasi campur, karena porsinya tidak mungil lagi sih, tapi seperti nasi bungkus biasanya, dijual dengan harga Rp 5000,-

Mungkin di kota2 lain, banyak makanan dengan porsi kecil seperti ini ya, tentu dengan sebutannya masing2. ย Kalau di kota emak tinggal makanan seperti ini namanya apa mak, share dong ..