Kopdar KEB Makassar yang baru berlangsung pertama kali ini unik, tidak seperti di daerah-daerah lain. Unik karena kopdar ini dilaksanakan bareng kopdarnya Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) Makassar, mengingat sebagian anggota IIDN Makassar juga warga KEB. Idenya spontan saja, dari kami-kami yang anggota di kedua komunitas bersaudara ini.

Di kopdar ini, kami menceritakan tentang profil masing-masing grup. Harapan ke depannya agar bisa saling bersinergi bila ada kegiatan. Dan, salah satu pertimbangannya adalah karena rencananya Makassar juga akan menjadi bagian dari road show Arisan Ilmu KEB, jadi kopdar kali ini diharapkan bisa memetakan bagaimana langkah selanjutnya diambil.

Oya, mohon maaf sebelumnya bila tak semua warga KEB yang berdiam di Makassar dan sekitarnya mendapatkan informasi ini. Karena satu dan lain hal, informasinya tidak tersebar bersamaan, pengumumannya sudah terpasang di grup facebook IIDN Makassar 6 hari sebelum pengumuman yang sama terpasang di grup facebook KEB.

Kopdar yang diberi nama Silaturahim IIDN Makassar dan KEB ini berlangsung pada 15 Maret 2015 di Gedung Miring – nama yang populer untuk Baruga Telkomsel. Waduh, kopdar biasa koq di gedung ya? Iya Mak, karena beberapa ruangan di gedung itu kadang-kadang digunakan untuk ketemuan komunitas, gratis. Tetapi syaratnya harus ada “orang dalam”. Orang umum tidak bisa seenaknya memesan tempat di sana. Kami beruntung, ada satu warga KEB yang juga warga IIDN Makassar, berbaik hati menguruskan tempat di gedung keren itu.

Kopdar Emak Makassar dan IIDN

Kopdar Emak Makassar dan IIDN

Lumayan juga yang hadir. Ada 13 orang, lima di antaranya member KEB (sekaligus member IIDN Makassar juga), yaitu emak-emak: Cheeqa Rahmat, Aida Al-Fath, Nur Sahadati Amir (Nunu), Marisa Agustina, dan saya.

Kepada semua yang hadir, Nunu, Mak Cheeqa, dan saya menceritakan tentang sejarah kedua grup ini beserta program-programnya. Kami juga membincangkan program yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat: Arisan Ilmu beserta temanya. Juga promo buku para anggota IIDN Makassar di Toko Buku Gramedia MaRI Mall.

Arisan Ilmu adalah program sharing ilmu sekaligus kopdar-nya warga KEB yang teranyar sejak akhir tahun lalu. Sudah berlangsung di Jakarta (dengan tema Job Review), Bandung (bertepatan dengan ulang tahun KEB yang ke-3), di Purwokerto (bertema Membangkitkan Gairah Menulis), dan di Semarang (bertema Creative Writing).

Eh ada yang nanya tuh, “Bagaimana kalau orang di luar KEB ingin ikutan Arisan Ilmu?” Jawabnya, “Boleh, yang penting harus perempuan, gabung dulu dengan KEB, dan punya blog.” Gampang kan? Yang jelas, tidak akan rugi ikutan Arisan Ilmu karena insya Allah kita akan mendapatkan tambahan wawasan yang amat bermanfaat. Sayang lho kalau tidak ikutan.

Nah, warga KEB yang berdomisili di Makassar dan sekitarnya yang ingin ikutan Arisan Ilmu nanti, silakan mengontak kami di FB: Mak Cheeqa Rahmat (person in charge-nya) atau saya (Mugniar) untuk memudahkan kami memberikan informasi selanjutnya ya.

Mugniar