Ada sejuta seratus cara merayakan euforia Hari Kemerdekaan. Selain upacara bendera, tentu saja. Ini dia beberapa cara unik merayakannya!

  1. Ada yang memilih untuk memacu adrenalin, dengan bungee jumping dan membawa serta bendera Sang Saka Merah Putih.
  2. Beberapa pencinta alam, memilih mengumandangkan Indonesia Raya di puncak Gunung Bromo.
  3. Ada juga pecinta alam yang merayakannya di puncak Gunung Merapi.
  4. Sebuah brand teh kotak mensponsori para anak muda dengan cara selfie dan mengunggahnya di akun media sosial, terutama twitter.
  5. Nirina Zubir memilih merayakan hari kemerdekaan dengan mendonorkan darahnya di sebuah mal di Jakarta Selatan. Benar-benar merah!
  6. Sejumlah anak membukukan karya mereka dan diberi tajuk Merayakan Kemerdekaan Imajinasi Anak-anak Kita.
  7. Kerja bakti di lingkungan warga, dengan sebelumnya juga menaruh obor di sepanjang jalan kampung (Jakarta Utara).
  8. Membuat aneka lomba. Yang mainstream adalah lomba panjat pinang, lari sambil membawa gundu dan memasukkan pensil ke dalam botol :D.
  9. Di Sumatera Barat, sejumlah pemuda mengadakan lomba tarik tambang di bibir Ngarai Sianouk.
  10. Lomba Balap Sarung, Balapan Bakiak, Balap Becak, dan entah Balapan yang lainnya. Asal bukan Balap Liar, yaa!
  11. Pawai sepeda hias dan berkeliling dengan rombongan, biasanya didahului oleh marching band.
  12. Sepeleton tentara Angkatan Laut mengadakan upacara bendera di bawah air di Samudera Pasific.
  13. Gerak jalan di beberapa ruas jalan ibukota di seluruh Indonesia.
  14. Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memilih pergi ke Pacitan untuk merayakan hari kemerdekaan di Monumen Jendral Sudirman.
  15. Nelayan di pesisir utara Jawa, memilih melaut bersama dengan membawa bendera masing-masing
  16. Sebuah bendera raksasa dikibarkan dengan cara ditarik pelahan keluar dari laut dengan balon raksasa (ukuran 1.500 meter persegi ) di Karimun Jawa. Bendera ini dibawa dengan dua Kapal Republik Indonesia (KRI), yakni KRI Sigalu-857 dan KRI Surik-645 dipimpin oleh Komandan Pangkalan TNI AL Tanjungbalai Karimun Letkol Laut (P) Hariyo Poernomo.
  17. Prabowo Subianto merayakan bersama Gerindra. Upacara bertajuk peringatan 70 tahun kemerdekaan digelar Gerindra di lapangan Nusantara Polo Club (NPC), Jagorawi Golf Club, Jl Karanggan Raya, Gunung Putri, Cibinong, Bogor, Jawa Barat.
  18. Seorang ibu yang sehari –hari memiliki usaha kerajinan tangan, membuat bros merah putih untuk dibagi-bagikan.
  19. Karnaval KUTU dengan menggunakan Vespa hias, digelar oleh KUTU Community. Berangkat dari Senayan rombongan Karnaval Kutu Hias akan bergerak melalui dengan rute Jalan Jenderal Sudirman-Karet-Kasablanka-Kuningan-Mampang-Buncit-Ragunan dan berakhir di Kolam Renang Marinir Cilandak, yang menjadi tempat pusat perayaan.
  20. Masih bersama KUTU Community, ada berbagi aneka kuliner Indonesia, didahului pemotongan tumpeng. Sajian antara lain Siomay, bakso, sate ayam, mie ayam, cincau dan es cendol. Tak lupa, Coca Cola Amtil menyediakan 1.000 botol minuman meruap in gratis. Hal ini diungkap Sentot Soe, ketua Umum KUTU
  21. Sejumlah artis mendatangi rumah para pejuang veteran, seperti yang diadakan oleh SCTV kemarin, 16 Agustus 2015. Hal ini sehubungan dengan Hari Veteran yang jatuh setiap tanggal 11 Agustus. Hari Veteran disosialisasikan oleh Khofifah Indarparawansa.
  22. Di beberapa rutan, ada doa bersama saat upacara, doa ini berasal dari suara hati nurani rakyat agar tidak ada lagi korupsi di Indonesia!
  23. Ziarah makam veteran perang Indonesia di TMP Kalibata.
  24. Pawai Veteran Nasional Indonesia
  25. Di akun sosial dan grup chat, bertebaran video yang merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia ke 70 ini.
  26. Lagi, di sejumlah akun media sosial, pujangga dan penyair berlomba-lomba menuliskan renungan dan puisi sehubungan dengan kemerdekaan Indonesia
  27. Reuni para pengibar bendera pusaka diadakan di sebuah café di Jakarta Pusat, mereka juga mengadakan penggalangan dana untuk sekolah terpencil.
  28. Akademi Berbagi Indonesia, mengadakan jumpa temu para jurnalis yang ingin ikut berbagi ilmu di sekolah-sekolah terpencil.
  29. Sejumlah bazaar digelar oleh ibu-ibu. Mulai dari ibu-ibu pengajian hingga ibu-ibu yang tergabung di komunitas atau sekedar ibu-ibu sekolah.
  30. Sale besar diadakan di sejumlah mal di ibukota.

Nah, kalau kamu memilih merayakannya dengan cara apa, Mak?

Merdeka!