Si kecil sering jajan di luar? Atau sudah dibekali jajanan dari rumah tapi menu itu-itu saja sering membuat si kecil menjadi lekas bosan? Ayo dong, Mak, kita kreasikan menu harian resep jajanan anak yuk!

Berikut ini ada satu menu jajanan anak yang murah meriah tapi kaya gizi nih, Mak. Bahannya gampang didapatkan, dan pastinya lezat lagi pula bikin si kecil sehat.

Kita akan menggunakan bahan utama singkong, Mak. Nah, siapa nih yang belum pernah kenalan dengan si ubi kayu ini? Pasti sudah familier semua ya? Singkong–atau yang sering juga disebut dengan ubi kayu–ini memang mengandung kalori yang cukup tinggi, dan juga merupakan sumber energi yang baik. Pas banget dengan kebutuhan anak-anak aktif yang lasak itu kan?

Kandungan bebas gluten singkong juga membuatnya menjadi bahan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak dengan autisme, Mak.

Nah, sudah yakin ya, dengan kandungan sehat si singkong? Makanya, yuk, masak resep jajanan anak dengan singkong sekarang. Sekalian saja, Mak, ajak si kecil ikut masuk ke dapur, dan biarkan mereka berkreasi dengan resep jajanan anak yang Β gampang ini.

 

Resep Jajanan Anak: Bola-bola Singkong Kornet

Bahan:

  • Β½ kg Singkong
  • Kornet
  • Daun Bawang, iris tipis
  • Minyak goreng
  • Saus sambal/ mayonnaise

 

Bumbu:

  • Bawang putih
  • Merica
  • Garam
  • Gula
  • Penyedap rasa
  • Cabai merah (tergantung selera)

 

Cara Membuat:

Resep Jajanan Anak: Bola-bola Singkong Kornet

Resep Jajanan Anak: Bola-bola Singkong Kornet. Image via Yummy.ph

  1. Kupas singkong, cuci bersih lalu kukus.
  2. Sambil menunggu singkong matang, haluskan bawang putih, merica dan cabai (jika ingin lebih pedas).
  3. Setelah lebih kurang 45 menit, angkat singkong. Haluskan.
  4. Setelah benar-benar halus, campurkan singkong dengan kornet, daun bawang, bumbu halus, garam, gula dan penyedap rasa.
  5. Aduk adonan sampai benar-benar tercampur, kemudian bentuk jadi bola-bola kecil.
  6. Goreng bola-bola singkong hingga kuning kecoklatan, tiriskan.
  7. Bola-bola singkong kornet dapat disajikan bersama saus sambal/mayonnaise.

Tip:

  • Pilihlah singkong yang memiliki kulit ari agak kemerahan
  • Selain dikukus, singkong dapat juga diparut
  • Hasil singkong yang dikukus, akan kering dan bertekstur lembut. Namun yang diparut agak bertekstur basah
  • Adonan singkong kornet tidak harus dibentuk bulat, dapat dibentuk sesuai selera dengan tangan atau menggunakan cetakan.
  • Untuk memperkaya rasa, sebelum digoreng, bola-bola singkong dapat dibaluri kocokan telur, kemudian dibungkus tepung roti (panir)

Gimana, Mak?

Yummy banget kan, resep jajanan anak bola-bola singkong kornet ini? Sehat banget pun! Anak-anak pasti suka deh.

Selamat mencoba, Mak!