Penulis : Elisa Koraag

KEB (Kumpulan Emak-emak Blogger) mendapat juara pertama Lomba Karaoke Komunitas yang diadakan Majalah Sekar dalam rangka SWOMA-Sekar Womenenterpreneur award 2012. Digelar di FX Senayan, Minggu 5 November 2012. Sekumpulan Emak-emak Blogger yang sebelumnya belum pernah bertemu apalagi latihan bersama, berjanji bertemu di FX Senayan dan bersama-sama mewakili KEB untuk mengikuti Lomba Karaoke. Kami datang saat panggung masih kosong, karena memang acara belum di mulai.

Hari ini adalah acara puncak SWOMA 2012. Sederet kegiatan seleksi mencari perempuan-perempuan yang layak mendapat award karena prestasinya sudah dilakukan jauh-jauh hari. Sebelelum acara penyerahan award yang dilaksanakan di lantai 3, sejak pagi di lantai 4 sudah digelar kegiatan lomba mewarnai anak-anak.

Emak-emak blogger berkumpul jam 12.00 untuk mengambil nomor untuk tampil saat lomba karaoke. Mendapat nomor tampil 4, Emak-emak Blogger mendapatkan lagu pilihan yang berjudul “Sakura” yang dinyanyikan oleh Rossa. Aslinya dibawakan Faris RM. Degan pertimbangan lagu tersebut punya tingkat kesulitan tinggi, kami minta tukar. Untung diperbolehkan, akhirnya kami dapat lagu “Mau dibawa kemana” yang dipopulerkan oleh Armada. Setelah mendapat lagu, kamipun menuju Inul vitas karaoke untuk menyatukan suara. (Mak Icha, Mak Echa, Mak Waya, Mak Melly, Mak Aprilda dan Mak Wylvera)

Awalnya, saya tidak berniat ikut karaoke (sadar diri gak bisa bernyanyi) tapi selama dua jam di inulvista suara saya sudah kepalang ikutan. Mak Fiki datang terlambat jadi tidak ikut latihan tapi tetap ikut lomba. Latihan dua jam penuh gelak tawa. Selalu ada perbedaan pendapat tapi bisa diatasi. Di layar tv Inul vista setiap akhir bernyanyi ada penilaian, walaupun tidak bisa menjadi acuan tapi cukup menguatkan kepercayaan diri. Mulai awal di nilai 76 berikutnya meningkat sampai 90. Ketika mencoba improvisai malah turun menjadi 84. Lalu kami mencoba menyatukan suara lagi dan lebih mengendalikan diri agar jangan keluar dari kelompok. Entah karena waktu sewa dua jam mau habis, latihan terakhir di nilai 99. Sungguh menguatkan mental kami.

Maka bergabunglah kami ke panggung utama SWOMA 12 di lantai 3. Kami mendapat voucher untuk berfoto. Maka bergayalah kami dengan sukacita (maklum narsis abis). Di panggung utama kami bertemu pemilik ID fb Dapur hangus. Rupanya pemilik Id Dapur Hangus, Ika Rahma sebagai pememanng utama Lomba Blog juga dari Emak-emak Bloger, selain Ika Rahma ada Cerita Eka. Pokoknya Emak-Emak Blogger emang ok!

Mc mulai menyapa para pengunjung, memberikan pertanyaan-pertanyaan dan membagi-bagikan hadiah. Rupanya ini trik mengulur waktu karena Ibu Isriyana Joko Widodo yang akan menyerarahkan penghargaan kepada para pemenang belum hadir.

Tak lama, diinformasikan Ibu Isriyana Joko Widodo telah hadir. Wajah istri pejabat baru ini belum familiar, jadi dari serombongan perempuan yang datang, saya tidak bisa mengenali yang mana ibu Isriyana. Selain belum familiar, penampilannyapun tidak menunjukan  istri pejabat. Begitu beliau duduk, Pembawa acara segera memanggil para finalis dan mengumumkan pememangnya.

Untuk kategori pengusaha pemula, juara pertama di menangkan Lelitasari dengan bidang usaha Kerajinan dan Pendidikan. Berasal dari kota Bogor, Jawa Barat. Melalui brand 4Life First Aid Care Product, Lelita membuat produk kit P3K. Produk ini didesain berdasarkan pengalamannya sebagai dokter.

Pemenang kedua diraih Patricia Loford dari Jakarta dengan bidang usaha kerajinan. Patricia membuat kerajinan papan nama nan cantik. Produk tersebut memakai bahan kayu MDF dan cat akrilik yang aman serta tidak beracun.

Dan Untuk kategori ide usaha diraih Indari Mastuti Rezki Resmiyati dari Bandung dengan ide usaha, Jasa pendidikan. Perempuan ini dikenal sebagai pelopor komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN). Ia membuat Pusat pelatihan dan penulisan khusus perempuan. Agar, para perempuan produktif di bidang tulis-menulis.

Award dan hadiah baik berupa piagam penghargaan, uang dan produk sponsor diberikan oleh Ibu isriyana Joko Widodo dan Pemimpin Majalah sekar Ibu Berliantini. Hadir juga mewakili sponsor Bp. Bryan  dari Martha Tilaar Group. Usai pemberian penghargaan, pengunjung dihibur musisi dari Komunitas Extra Large. Dari namanya saja sudah menunjukan siapa yang ada dalam komunitas tersebut. Ya, mereka komunitas orang-orang yang mempunya fisik Extra Large dan tetap happy.

Setelah panggung kosong, Emak-emak blogger makin panas dingin. Apalagi ketika panitia mulai bertanya berapa jumlah yang bernyanyi karena akan disesuaikan dengan jumlah microphone. Ketika ditanya apakah sudah siap, semua menjawab kompak, siap. Padahal kalau mau jujur rasa tidak percaya diri itu tetap ada. Kedatangan Mak Fiki di detik-detik terakhir sebelum manggung, membawa semangat baru. Maka kami bertujuhpun siap tampil maksimal dengan tekad harus menjadi juara.

Emak-emak Blogger awalnya dapat nomor 4 lalu di tukar menjadi nomor 3 karena peserta mengundurkan diri hingga akhirnya tinggal….(kasih tau gak yah?) Gak penting lah berapa jumlah peserta yang pasti Pemenang pertama Emak-Emak Blogger dan juaranya memang cuma satu. Peserta lain member selamat dan setuju KEB memang pantas juara. Emak-emak Blogger menang karena kompak, padu dan menyatu, itu yang membuat kami menang. Kombinasi suara 1,2 dan 3 kata pendengar di kursi penonton terdengar harmonis.

Menanti pengumuman, acara diisi dengan permainan, Emak-emak blogger selalu ambil bagian. Dari kami berenam karena Mak Fiki pulang duluan (Dia artis betulan, datang bernyanyi, selesai, pulang) 4 ikut bermain. Dan mendapatkan masing-masing 1 parcel perawatan wajah/tubuh.

Akhirnya pengumuman yang ditunggupun disampaikan. Begitu juri menyebutkan Komunitas Emak-emak Blogger, kami serempak berteriak horeeee (dasar emak-emak preman) Mba Wylvera yang menjadi PIC maju ke depan. Tapi kami tak mau ketinggalan, kami pun maju dan memeuhhi panggung untuk menerima Piagam penghargaan dan sejumlah hadiah berupa voucher perawatan wajah. Senangnya tak terkira. Juripun meminta kami bernyanyi lagi, semua peserta naik ke panggung dan kami menyanyikan bersama-sama lagu dengan judul Cinta  yang dipopulerkan alm Chrisye. Panggung dan FX lantai 3 bergoyang riang.

Selesai penampilan kami, acarapun selesai. Pengunjung pulang, Emak-emak blogger kembali narsis, Mengabadikan diri bersama hadiah. Rasanya puas dan gembira tak terkira. Bukan karena kemenangan ataupun hadiah. Tapi kebersamaan dengan para Emak-emak blogger ini selalu membawa sensasi baru. Terima kasih buat semua yang sudah mendukung. Elisa Koraag