KEBNgeblog awalnya adalah kegiatan menulis yang dipublikasikan secara luas melalui internet. Pada perkembangannya, ngeblog juga diwarnai dengan foto-foto dan video. Tahukah emak-emak jika ngeblog itu bisa menjadi terapi jiwa? Kok bisa? Karena kita memiliki kekuasaan penuh atas blog kita. Kita bisa mencurahkan apa saja di blog kita. Meski demikian, tetap ada rambu-rambu yang harus ditaati, antara lain tidak memfitnah orang lain karena bisa membawa akibat hukum dan tidak mengumbar masalah pribadi karena membahayakan diri dan keluarga kita.

Ngeblog yang rutin ternyata seperti secara bertahap mengenali diri sendiri. Misalnya, dari berbagi cerita sehari-hari tentang anak-anak kita, ternyata kita punya potensi untuk menjadi narasumber tumbuh kembang anak bagi ibu-ibu baru.Contoh lain, dari kegemaran kita memposting hasil masakan kita, ternyata menambah percaya diri kita untuk mengembangkan usaha kuliner. Mira Sahid, founder Kumpulan Emak-emak Blogger (KEB) menyimpulkan: Tetaplah Menulis Maka Kamu Akan Tahu Siapa Dirimu.

Dan siapakah emak-emak yang bergabung disini? Semua perempuan, muda tua, lajang, menikah, single parent, wanita karier, ibu rumah tangga, pekerja sosial, siapapun dia asal punya blog. Lihatlah kategori di blog ini, begitu beragam, menunjukkan kekayaan karya emak-emak yang tergabung di KEB. KEB menghargai keberagaman itu.

Kegiatan utama KEB berupa ngeblog, diiringi dengan berdiskusi dan gathering. Untuk menghargai keberagaman itu, Indah Juli, salah satu founder KEB, menegaskan bahwa emak-emak berkumpul di KEB adalah untuk bersenang-senang dan berbagi. Diskusi yang saling menyakiti atau saling memojokkan dilarang.

18 Januari 2013 adalah tepat setahun Kumpulan Emak-emak Blogger dibentuk dengan founder Mira Sahid, Sary Melati dan Indah Juli Sibarani. Meski baru setahun berkumpul, anggota KEB telah berkiprah secara nyata didunia blogging, antara lain langganan juara di lomba blog dan kontes menulis, tampil di berbagai media baik online maupun cetak dan diundang diberbagai event baik yang diselenggarakan oleh swasta, komunitas, organisasi maupun pemerintah.

KEB with media

Melalui postingan ini, kami mengucapkan terima kasih tak terhingga untuk partner KEB yang telah membantu kami berdiri semakin besar. Semoga melalui berita-berita ini, KEB semakin bisa memberikan inspirasi dan manfaat untuk kaum perempuan. Terima kasih KEB kepada radio Female, radio DFM, majalah Mother & Baby, Wartakotalive, Leissure Republika, majalah Sekar, tabloid Nova, tabloid Wanita Indonesia, Majalah NOOR dan tabloid Nakita yang telah mengangkat profile KEB.

Selain itu, semua prestasi tersebut bisa dicapai dalam waktu setahun saja karena niat untuk saling membantu dan berbagi. Karena itu di ulang tahun KEB yang pertama ini, kami mengusung tema “Satu Cinta Dalam Inspirasi dan Karya“. Kebersamaan kami sebagai komunitas selama setahun ini mampu saling menginspirasi satu sama lain sehingga memacu kami untuk bersama-sama berkarya sesuai minat ngeblog masing-masing.

Dalam suasana keprihatinan hari ini karena darurat banjir di Jakarta, kami menyadari bahwa pesta ulang tahun yang penuh tawa tak semestinya kami adakan. Banyak anggota KEB yang menjadi korban banjir. Untuk itu, acara gathering yang sudah kami susun rapi, dengan ikhlas kami undurkan sampai emak-emak selesai berkonsentrasi dengan keluarga masing-masing menghadapi musibah ini.

Namun demikian, emak-emak hebat di daerah lain masih memiliki semangat untuk menandai tanggal 18 Januari 2013 dengan bersama-sama ngeblog di blog masing-masing, menyebarkan spirit ngeblog kepada emak-emak dimanapun berada. Tidak ada hadiah, bukan lomba, semata-mata untuk mendedikasikan diri pada nama yang kami sandang sebagai blogger.

Ngeblog tidak mengganggu acara keluarga, pekerjaan dan ibadah. Kami berbagi kiat-kiat ngeblog yang tahu waktu, tahu kewajiban dan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Bergabunglah bersama kami: Inspirasi Perempuan, Kami Ada Untuk Berbagi.