Penulis: mak Ratna Amalia

Siapa yang tidak suka roti ?

Buat orang Indonesia, mungkin roti adalah makan favorit setelah mie instan hehehehe.  Jenis makanan yang satu ini juga bergizi karena kandungan susunya, juga mudah dimodifikasi alias di mix & macth.  Digabung dengan daging goreng, tambah sayuran plus keju; siaplah burger.  Bukan makanan asli Indonesia tapi namun tidak sedikit penggemarnya, bukan?

Dioleh mentega plus berbagai rasa selai adalah kombinasi yang paling umum untuk teman sarapan.  Digoreng, jadilah roti goreng.  Dibuat sebagai pengganti terigu dan diaduk dengan campuran telur dan kismis lalu dipanggang, maka terhidanglah puding roti.

Buat saya, roti adalah sang penyelamat terutama di saat-saat kritis.  Kritis di sini, bisa tiba-tiba diserang lapar padahal mata sudah siap tidur.  Atapun kritis karena toples-toples cemilan belum diisi ulang dan tidak ada tukang jajanan yang lewat padahal nafsu ngemil sedang memuncak.

Pokoknya roti adalah makanan serba bisabisa dijadikan makanan utama alternatif di samping nasi, bisa juga dijadikan sebagai hidangan selingan.

Dan berikut adalah salah satu bentuk dari di serba bisa ini yang jadi favorit kami sekeluarga.

Home Made Garlic Bread

Bahan:

a)      1 buah roti Perancis (French Loaf), potong miring

b)      1 siung bawang putih, cincang halus

c)      1 batang seledri, cincang halus berikut daunnya

d)     +/- 2 sdm mentega

e)      +/- 1 sdt Cream Cheese, jika suka

Cara:

–          Panaskan oven di suhu 180

–          Campur (b), (c) dan (d).  Aduk rata.

–          Oleskan secara merata bahan campuran di atas roti.

–          Atur roti di atas loyang.  Jika menginginkan bagian bawah roti agak kekuningan, loyang bisa dioles mentega tipis-tipis.

–          Jika oven sudah panas, masukan roti.

–          Segera matikan oven jika tampilan bahan olesan tampak kuning keemasan.

Jika sudah dingin, masukkan dalam toples kedap udara.  Siap dimakan kapan saja.  Enaknya sih dengan cream soup, hayyah !

keb_garlic1