Cuaca akhir-akhir ini sering berubah-ubah, terkadang panas menyengat, terkadang tiba-tiba hujan. Dalam situasi seperti ini, daya tahan tubuh harus cermat dijaga agar tetap sehat.  Terkadang meski sudah berusaha menjaga kesehatan tubuh kita, masih saja penyakit flu menyerang. Istirahat yang cukup sangat membantu tubuh kita pulih kembali. Disamping itu minum air yang cukup, makan makanan yang bergizi  dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin juga sangat diperlukan.

Kaldu ayam kampung sangat baik dimakan saat tubuh sedang flu. Meski tidak sakit, enak juga lho makan makanan ini selagi cuaca dingin, tentu saja makannya selagi masih panas / hangat. Kaldu ayam kampung bisa dibuat beragam sup yang bervariasi, resep kali ini cukup menambahkan kembang tahu saja ditambah dengan ayam kampungnya sendiri tentunya.

Sangat sederhana dan mudah dibuat. Yuk masak mak …

Sup Kembang Tahu Ayam Kampung

Resep Sup Kembang Tahu Ayam Kampung

Bahan :

½ ekor ayam kampung

½ bungkus kembang tahu siap pakai

2 siung bawang putih

Garam

Air

Cara membuat :

  1. Bersihkan ayam dan potong-potong menjadi beberapa bagian.
  2. Didihkan air dalam dandang.
  3. Iris / gencet 2 siung bawang putih.
  4. Masukkan ke dalam air rebusan tadi.
  5. Masukkan potongan ayam kampung, tambahkan garam secukupnya  dan rebus sampai lunak. Jika suka, tambahkan sedikit merica.
  6. Ambil setengah dari kembang tahu bungkus siap pakai (biasa dibeli di supermarket), bagi menjadi beberapa potongan kecil.
  7. Sementara menunggu rebusan ayam kampung lunak, didihkan air dan masukkan potongan kembang tahu tadi, masak beberapa menit.  Sisihkan, buang air rebusan kembang tahu.
  8. Setelah ayam lunak, masukkan rebusan kembang tahu tadi, masak sebentar dan angkat.
  9. Sajikan selagi panas.

Note : Kembang tahu biasa kumasak tersendiri sampai matang dan air rebusannya dibuang. Hanya kembang tahunya yang diambil dan dimasukkan ke dalam kaldu ayam kampung. Kenapa seperti itu? Untuk menghindari warna kaldu menjadi putih. Dengan cara ini maka air kaldu ayam kampung akan tetap jernih dan gurih.