Sumarti 1

Selamat ya Mak, sudah terpilih sebagai Emak of May 2013. Para Board dan Makmin bangga pada emak. Mohon diisi dulu data berikut.

Nama:  Sumarti Saelan

Url: sumarti-saelan.blogspot.com & www.kompasiana.com/sumarti_saelan

Biodata singkat: saya lahir di Surabaya 27 May 1982, bungsu dari 4 bersaudara, hobi membaca dari kecil, hobi menulis sejak SMA, menikah dengan Agus Sumardi, ibu dari satu putrid, novel favorit Mira.W dan Sidney Seldon. Suka mendengarkan music, sekarang juga jadi penggemar Kpop. Artis favorit di Kpop Kim Hechul (member Super Junior) dan Kim Jaejong (anggota JYJ) 🙂 .

Mohon dijawab pertanyaan berikut.

Makmin: Emak sepertinya selalu ada di acara offline KEB di Jakarta. Apa sih yang Emak dapatkan dari acara-acara tersebut?

EoM: Banyak, sahabat, bertemu banyak orang yang melatih kemampuan berkomunikasi dengan baik dalam menghadapi orang baru dari berbagai kalangan. Ilmu yang tanpa batas, dimana setiap acara tersebut mayoritas bukan sekedar kopdar biasa tapi juga sebuah acara sharing berbagai bidang.

Makmin: Lebih enak mana, kegiatan online atau offline?

EoM: keduanya sama enaknya ya, tergantung kita menikmatinya. Hanya dalam online kita harus lumayan hati-hati karena sebuah tulisan kadang mendapat persepsi yang berbeda dari orang yang membacanya. Seperti kita menjawab di online “dasar!” bagi yang mudah tersinggung bisa saja kata ini dipersepsikan sebagai sebuah kemarahan padahal kita menulisnya dengan maksud bercanda. Sedangkan offline kita harus benar-benar pintar membagi waktu antara kegiatan dan keluarga.

Makmin: Pernah diprotes suami atau anak?

EoM: pastilah pernah, seperti anak yang bertanya “kok lama sih ma” atau suami yang protes secara halus “kaya ibu Negara aja ya” 🙂 . Tapi secara garis besar Alhamdulillah suami mendukung.

Sumarti 2

Makmin: Masih rajin ngeblog kan, Mak?

EoM: Alhamdulillah masih.

Makmin: Blog Emak ada berapa?

EoM: 3, kompasiana, blogspot dan detik, tapi detik masih dalam tahap belajar di dashboardnya yg rumit makanya masih jarang.

Makmin: Suka narsis di blog? 😀

EoM: suka, tapi paling suka menarsiskan anak (menceritakan perkembangannya dan lain-lain).

Makmin: Pernah mendapat kesulitan selama ngeblog?

EoM: sering ya, saat ada ide tapi sangat sulit mau memulainya dari mana untuk menuangkannya. Atau justru kadang bingung mau nulis apa.

Makmin: Saran apa yang ingin Emak sampaikan kepada Emak-emak lain tentang ngeblog?

EoM: tulisanmu diberbagai media adalah cermin kepribadianmu. Baik di blog maupun di mikro blog (sosial media). Dan dalam hidup hukum alam berlaku. Apa yang kita tabur itulah yang kita tuai. Bila kita menulis hal buruk maka hasil yang kita dapat juga buruk. Tapi bila yang kita tulis hal baik maka Insya Allah kita juga dapat banyak hal baik.

Makmin: Tema apa yang paling menggambarkan diri Emak?

EoM: keceriaan. Saya orang yang paling takut kesepian, bahkan berulangkali saya pernah bilang ke suami “lebih baik tidak punya duit banyak daripada aku kesepian”. Dan menjadi blogger benar-benar menceriakan hari-hari saya sekarang selain kebahagiaan dan keceriaan sebagai seorang ibu dan istri.

Makmin: Bulan April 2013, Mak Sumarti sibuk sekali dengan Srikandi Blogger. Emak pernah merasa capek atau putus asa?

EoM: pernah, saat belum ada kabar sponsor (follow up) yang bersedia menjadi main sponsor padahal sudah kurang 2 minggu lagi hari H. dan saat mencari gedung. Sampai rumah malam saya benar-benar merasakan letih lahir batin. Sudah capek badn gedung tidak dapat (belum ada yang fix). Benar kata MakPon, rumah yang berisi suami, anak dan keluarga adalah salah satu pendukung paling hebat. Saat itu malamnya melihat saya down suami memberi semangat dengan berkata “kalau sampai hari H ga dapat gedung yang cocok, nanti ku sewakan ruang tunggu penumpang kapal PELNI atau GOR Sunter yang tempatnya sebelah danau itu” dan aku yang down langsung ngakak. Hilanglah semua rasa pesimis yang tadi mengelilingi. Secara itu adalah hal dudul yang tidak mungkin.

Makmin: Apa yang Emak dapatkan selama menjadi panitia Srikandi Blogger 2013?

EoM: Banyakkkkk, yes, I learn (bahasanya MakPon), persahabatan yang luar biasa. Tahu beberapa karakter baru seorang blogger. Dan semakin menguatkan prinsipku “materi memang penting, tapi jauh lebih penting menjadikan hidup bergairah dan penuh warna. Yang mana itu bisa kita dapat saat kita bertemu hal-hal baru penuh tantangan. Karena akan menjadikan hidup penuh makna”

Makmin: Apa arti KEB bagi Emak?

EoM: KEB adalah dunia keduaku setelah dunia rumah tanggaku yang berisi suami, anak dan keluarga.

Makmin: Apa yang masih bisa dikembangkan dari KEB? Apakah Emak bisa membantu board dan makmin mewujudkannya?

EoM: banyak, salah satunya mewujudkan mimpi membuat kegiatan di daerah supaya member daerah merasa ikut terangkul dan menjadi bagian nyata keluarga besar KEB. Dan Insya Allah saya selalu menyiapkan waktu semampu saya untuk membantu.

Makmin: Sekali lagi, atas nama semua board dan makmin, kami ucapkan terima kasih atas berkontribusi Emak pada Kumpulan Emak2 Blogger.

*Peluuuk 😀

EoM: Terimakasih makmin mencatatkan nama saya dalam sejarah perjalanan KEB. Yang Insya Allah saat anak cucu saya dewasa bisa membuka dan membaca catatan sejarah ini.

Sumarti 3