ASEAN Blogger adalah sebuah inisiatif yang mewadahi semua komunitas blogger di ASEAN. ASEAN Blogger ini nantinya diharapkan menjadi satu komunitas untuk mendukung pelaksanaan ASEAN Community di tahun 2013. ASEAN Blogger akan memfokuskan diri di pilar ketiga ASEAN Community yaitu socio-cultural.

Blogger dilibatkan dalam persiapan socio-cultural ASEAN Community karena memiliki potensi yang sangat signifikan dalam mensosialisasikan visi, persiapan dan pelaksanaan ASEAN Community. Tentang hal ini akan dibahas di hari kedua.

ASEAN Blogger Festival 2013, Day 1A

Komunitas blogger bersiap menuju Solo, pic by Anazkia

Hari pertama ASEAN Blogger Festival 2013, yaitu hari Kamis, tanggal 9 Mei 2013, yang diadakan di Solo atau Surakarta, Jawa Tengah, diwarnai dengan kedatangan para peserta dari berbagai kota di Indonesia dan negara-negara ASEAN. Berbagai cerita seru perjuangan peserta untuk mencapai Solo. Ada yang rombongan bisnya terjebak macet dan salah jalan. Ada yang harus ganti pesawat sampai tiga kali. Ada yang pesawatnya delay sampai malam.

Pembagian kamar juga memunculkan cerita seru tersendiri. Peserta dibagi di 2 hotel: Kusuma Sahid Prince dan Sahid Jaya. Beberapa ada yang salah hotel. Ada pula yang salah room mate karena dikira nama perempuan, padahal laki-laki. Kamar yang seharusnya untuk bertiga, ada pula yang sampai malam sendirian. Sebenarnya niat panitia sangat baik, yaitu mencampur peserta agar saling kenal dengan peserta dari komunitas lain. Tapi tetap saja ada yang minta sekamar dengan yang sudah akrab saja. Muncul pula kejutan-kejutan bertemu dengan teman-teman yang selama ini hanya akrab lewat internet.

ASEAN Blogger Festival 2013, Day 2

Pendukung acara, Walikota Solo paling kiri, pic by Lusi

Sebagai tuan rumah yang baik, Walikota Solo berkenan menyambut para blogger di kediaman resmi beliau di Jl. Slamet Riyadi yang bernama Loji Gandrung. Beliau menyambut para blogger seperti layaknya tamu agung di halaman belakang rumah dinas tersebut. Dalam penyambutan tersebut hadir pula perwakilan pendukung acara dari Telkom Indonesia, Kementrian Komunikasi dan Informatika, Kementrian Luar Negeri dan Dinas Pariwisata Kota Solo.

Acara malam itu diisi dengan sambutan para pendukung acara, Bapak Walikota Solo, tari Sukoreno, kostum karnaval dan lagu-lagu keroncong. Hidangan makam malam berupa kuliner khas Solo, seperti gudeg ceker, soto, sate ayam, nasi gurih, wedang ronde dan berbagai camilan. Tak lupa semua peserta diberi oleh-oleh berupa bingkisan berisi informasi menarik tentang Solo.

ASEAN Blogger Festival 2013, Day 1B

Suasana gala dinner, pic by Lusi

Acara ditutup dengan foto bersama. Tepatnya berebut minta difoto heheheee…. Oh iya, emak-emak KEB yang ada di acara tersebut sempat berfoto bersama Walikota Solo FX Rudyatmo. Akun twitter beliau @rudyatmo dan bersedia follow back. Emak-emak yang memiliki foto bersama Pak Rudyatmo tersebut mohon upload di group atau di blognya. Terima kasih sebelumnya.

Demikian tentang hari pertama ASEAN Blogger Festival 2013, makmin akan lanjutkan dengan laporan hari kedua di postingan berikutnya.