Sejak si bocah usia 8 bulan, saya dan suami mulai rajin membawanya ke taman/ruang terbuka hijau (RTH) untuk sekedar jalan atau lari pagi. Tidak terasa sudah cukup banyak taman yang kami datangi, semuanya yang terjangkau dari rumah kami di Jakarta Selatan. Saya mau berbagi informasi nih tentang taman-taman yang bisa dikunjungi, siapa tahu berguna buat emak-emak yang sedang berada di wilayah ini.

1. Taman Ayodya.

Terletak di lahan pasar burung Barito, Kebayoran Baru, taman ini lebih cocok jadi tempat refreshing atau jajan dibanding untuk jalan pagi. Posisinya yang dekat dengan jalan raya dan ukurannya yang tidak begitu besar membuatnya kurang sejuk. Walaupun begitu, taman ini cukup cantik dengan air mancur, hiasan bentuk binatang, kursi dan pondokan. Tidak jauh dari taman ini kita bisa ke areal Pasar Blok M atau pusat jajanan lainnya di Kebayoran Baru.

2. Taman Suropati.

Taman ini sudah lama terkenal jadi tempat nongkrong di kawasan Menteng. Sekarang makin cantik dengan patung-patung lambang persahabatan ASEAN di sepanjang sisinya, atrium dengan bebungaan di tengahnya, plus sarang burung yang dipelihara di sana jadi atraksi tersendiri untuk pengunjung. Anak-anak pasti seneng bisa lihat burung. Banyak juga yang suka foto-foto dan latihan musik di sini.

3. Taman Kebun Bibit Tebet.

Ini salah satu taman yang rimbun menurut saya. Letaknya kurang lebih di belakang RS Tebet. Memang sih tidak secantik Suropati, tapi ukurannya besar dan pohonnya banyak, jalur larinya pun cukup panjang. Di tengah taman ada atrium kecil dengan kursi taman, cocok untuk menyepi sambil baca buku. Sayang sungai yang ada di sini masih penuh sampah dan bau, jadi merusak keindahan tamannya.

4. Taman Honda Tebet.

Satu lagi taman yang rimbun di kawasan Tebet. Lokasinya sebelahan dengan Taman Kebun Bibit. Secara dekorasi, taman ini lebih cantik dibanding Taman Kebun Bibit. Atrium konbloknya luas sekali, anak-anak bisa naik sepeda di sana. Jalur pedestriannya juga panjang, cocok untuk jalan santai atau lari pagi. Di sekitarnya juga ada jajanan yang enak. Ini salah satu taman favorit kami.

5. Taman Situlembang.

Secara bentuk, taman ini mirip dengan Ayodya. Satu kolam besar dengan air mancur terletak di tengah, dikelilingi jalur konblok untuk jalan-jalan atau duduk-duduk santai. Posisinya di Menteng tidak di samping jalan besar, jadi cukup enak udaranya. Ada areal anak-anak yang bisa untuk dipanjat-panjat. Ukuran tamannya sendiri tidak terlalu besar dan jalur larinya pun hanya memutar kolam.

6. Taman Menteng.

Nah ini juga taman yang sudah terkenal yah. Lokasinya di jalan besar HOS Cokroaminoto, dan satu-satunya yang saya tahu punya gedung parkir khusus di belakangnya. Dari depan terlihat kecil, ternyata dalamnya cukup besar, ada lapangan basket dan area main anak. Bentuk jalurnya yang naik turun dengan tangga mempersulit kami yang bawa stroller, pengunjungnya juga ramai sekali jadi tidak cocok untuk yang mencari ketenangan. Dekorasi taman ini cantik dengan rumah kacanya yang terkenal.

7. Kawasan Setu Babakan.

Tempat ini bukan taman, tapi bisa dibilang RTH yang berada di Kampung Betawi di Jagakarsa. Setu Babakan yang terletak di tengah kampung itu biasa jadi pusat keramaian warga sekitar di pagi hari. Biasanya orang jalan-jalan sambil jajan makanan khas yang dikelola secara resmi. Selain menikmati suasana sekitar, kita juga bisa naik sepeda air seperti di Ancol.

8. Taman Langsat.

Taman ini punya julukan resmi “the hidden park” atau taman yang tersembunyi. Lokasinya masih di kawasan Kebayoran Baru. Kalau bukan karena foto pre-wedding dulu, mungkin saya tidak kenal taman ini. Tamannya rimbun dan jalurnya yang panjang memang dipersiapkan untuk lari. Ada juga jalur bebatuan untuk lansia melatih syaraf kakinya, jembatan, dan kursi taman yang cocok untuk menyepi. Ada ayunan anak-anak di depannya. Ini juga taman favorit kami, nilai minusnya adalah sungai yang masih bau dan penuh sampah. Mungkin setelah mengeruk waduk, Dinas Pertamanan DKI juga perlu mengeruk sungai di taman kota.

Tambahan informasi, taman-taman di atas dilengkapi oleh toilet yang lumayan bersih, jadi tidak perlu khawatir kalau kebelet pas lagi lari.

Selamat berakhir pekan di taman mak!