Ditulis oleh Mak Diah Didi

Kentang goreng renyah 4

French Fries atau kentang goreng ala fast food, siapa yang nggak suka hayo? Pasti dech lebih banyak yang suka ya daripada yang tidak. Dari anak-anaksampai orang dewasa, banyak yang suka. Sudah sering aku coba bikin French fries sendiri di rumah tapi dulu hasilnya selalu lembek dan nggak bisa krispi. Akhirnya aku selalu mencari tahu tehnik menggoreng French fries agar bisa renyah seperti kalau beli. Mulai dech sering mencari informasi di dunia maya dari beberapa web luar yang mengupas tentang French fries ini, sampai akhirnya aku menemukan cara untuk menggoreng French fries supaya bisa renyah. Dari beberapa sumber info, nggak sengaja menemukan artikel tentang sejarah French fries ini. Jadi pengen nulis tentang French fries berikut ulasannya. Aku terjemahkan secara ringkas dari http://www.todayifoundout.com/index.php/2010/09/the-history-of-french-fries/.

Kata ” kentang ” berasal dari Haiti kata ” batata ” , yang nama mereka untuk ubi jalar, lalu sampai ke Spanyol sebagai ” patata ” dan akhirnya masuk ke dalam bahasa Inggris sebagai ” potato “.

Kentang sebenarnya pertama kali diperkenalkan ke Eropa tidak melalui Perancis atau Belgia , tetapi melalui Spanyol. Pada tahun 1537, Jimenez de Quesada dan pasukan Spanyol yang melarikan diri, masuk ke sebuah desa  dan mengenal makanan lokal yaitu kentang.

Sekitar 20 tahun kemudian, kentang dibawa kembali ke Spanyol dan juga diperkenalkan di Italia . Pada saat itu, kentang yang masih cukup kecil dan pahit dan tidak tumbuh dengan baik di baik Spanyol atau Italia . Namun, seiring waktu, versi yang lebih besar dan tidak terlalu pahit dibudidayakan, lalu secara bertahap ditemukan di tempat lain di Eropa .

Nah, popularitas kentang di Perancis sebagian besar dikenalkan petugas medis tentara Perancis bernama Antoine – Agustinus Parmentier. Selama perang, Parmentier ditawan dan kentang menjadi bagian dari jatah makanan penjara. Pada saat itu, Prancis telah menggunakan kentang untuk pakan babi dan tidak pernah di konsumsi. Alasannya adalah karena mereka berpikir kentang menyebabkan berbagai penyakit . Bahkan pada tahun 1748, Parlemen Perancis melarang budidaya kentang karena mereka yakin kentang menyebabkan kusta. Namun, saat di penjara di Prusia, Parmentier terpaksa mengolah dan makan kentang, dan menemukan bahwa anggapan Perancis tentang kentang tidak benar.

Ketika ia kembali ke Prancis, Parmentier mulai memperjuangkan kentang sebagai sumber makanan potensial. Akhirnya, pada tahun 1772, Fakultas Kedokteran Paris menyatakan bahwa kentang bisa dimakan manusia. Pada akhirnya, bencana kelaparan pada tahun 1785 menyebabkan kentang menjadi populer di Perancis.

Setelah Perancis menerima kentang, popularitasnya meroket di Perancis. Pada 1795, kentang ditanam pada skala yang sangat besar di Perancis , termasuk di kebun kerajaan di Tuileries , di mana kebun diubah menjadi ladang kentang. Dalam rentang waktu berikutnya, kentang goreng diciptakan di Perancis. Setelah diciptakan, kentang goreng menjadi sangat populer di Perancis, khususnya di Paris, dan dijual di jalanan yang disebut ” frites “.

Jadi, Perancis tampaknya menjadi yang pertama menyebarkan kentang goreng ke Amerika dan Inggris, dan pada gilirannya, adalah orang Amerika, melalui rantai makanan cepat saji, yang mempopulerkan “French fries” di luar Eropa . Nah… itu tadi sekilas sejarah tentang kentang goreng ya…. Semoga bisa sedikit menambah wawasan kita. Sekarang waktunya bikin sendiri French fries yang enak dan renyah.

Katanya French fries ala fast food gitu memakai tehnik menggoreng kentang goreng dua kali. Sekali untuk memasak bagian dalam dan sekali untuk membuatnya ekstra renyah di luar. Selain itu juga, minyak yang di gunakan sebaiknya minyak yang sudah pernah di pakai, bukan yang baru, karena minyak yang sudah di panaskan untuk menggoreng makanan sebelumnya bisa membantu membuat kentang menjadi lebih renyah. Tapi, jangan minyak yang sudah berkali-kali di pakai juga ya… hihi…. Kalau itu kurang sehat juga kan….^^

Nah, cara inilah yang bisa kita tiru supaya menghasilkan kentang goreng yang renyah ya Emaks, jadi nggak perlu beli lagi di fast food kan, bisa lebih hemat. Aku sudah coba membuat kentang goreng dengan tehnik menggoreng dua kali. Memang hasilnya bisa lebih renyah. Walaupun hasil akhirnya mengalami penyusutan besar potongannya, tapi yang penting bisa renyah, nggak lemes kayak kentang goreng biasa yang langsung digoreng. Tehniknya, aku belajar dari berbagai sumber, salah satunya dari http://culinaryarts.about.com/od/potatoes/a/How-To-Make-French-Fries.htm. Selain itu juga dari beberapa kali uji coba dan analisa ku sendiri di dapur.^^

Cara membuat kentang goreng renyah :

Kentang goreng renyah 1

Pertama : Siapkan dulu bahannya. Yang pasti kentang dong. Buat uji coba, cukup 500 gram saja dulu. Kupas dan cuci bersih kentang, kemudian potong kecil memanjang layaknya kentang goreng biasa. Kayak gini yach, tapi jangan terlalu kecil karena hasil akhirnya akan menyusut sedikit.

Setelah itu, rebus kentang sampai setengah matang, lalu segera siram dengan air dingin biasa. Jangan sampai terlalu lembek, ntar hancur kentangnya^^ Kayak gini nich.

Kentang goreng renyah 2

Selanjutnya, goreng kentang sampai matang tapi belum kering. Jadi cukup sampai empuk saja. (Tapi maaf, tahap ini lupa motret kemaren… hihi…. )

Nah, setelah itu, jika suka kentang berbumbu langsung, bisa di bumbui dengan direndam air garam atau air kaldu bubuk dan lain-lain sesuai selera. Kalau aku lebih suka kentang goreng plain, ntar tinggal di taburi sedikit garam aja jika sudah matang atau pakai bumbu tabur khusus kentang.

Setelah di rendam bumbu, tiriskan, lalu simpan di freezer sampai akan di goreng, minimal semalam.

Nah, kentang goreng siap di goreng tapi di biarkan suhu ruang dulu ya sebelum di goreng. Hasilnya memang renyah lho. Kayak gini nich.^^

Kentang goreng renyah 3

Selamat mencoba.