“Apakabar? Maksimal!”

“Blogger Nusantara? Istimewa!”

Begitulah sapaan MC pada saat membuka acara pertemuan akbar para blogger di acara Blogger Nusantara, 30 November – 1 Desember 2013, Yogyakarta. Acara yang diadakan satu tahun sekali ini berhasil mengumpulkan lebih dari 1300 pendaftar dari berbagai wilayah di Indonesia. Meskipun awalnya sempat ragu untuk berpartisipasi, alhamdulillah saya bersama Makmin KEB : Irma, Sumarti, Vema dan Indah Juli berkesempatan untuk hadir ke acara istimewa ini. Tentunya membawa nama Kumpulan Emak Blogger.

20131130-073411

Sekilas tentang Blogger Nusantara

Apa sih Blogger Nusantara itu?

Acara ini adalah sebuah ajang kopdar (kopi darat) para blogger, yang melibatkan blogger dari seluruh wilayah di Indonesia. Semua blogger yang hadir di acara ini berkesempatan untuk saling mengenal satu sama lain, dan mengikuti rangkaian acara yang disuguhkan oleh panitia. Karenanya Blogger Nusantara (BN) merupakan salah satu acara yang selalu ditunggu-tunggu oleh semua blogger, di mana kami semua bisa berkumpul dalam kebersamaan.

KEB 11

Blogger Nusantara Menyatukan KEB Dalam Kehangatan

Ketika mendengar info akan diselenggarakannya Blogger Nusantara, jauh-jauh hari saya telah menyiapkan diri untuk terlibat, mulai dari menyesuaikan waktu, meminta ijin sama suami, dan segalanya. Alhamdulillah, kami berangkat pada tanggal 29 November 2013, jam 13.00, dari statsiun Pasar  Senen menggunakan kereta api AC ekonomi yang tiketnya seharga 50.000 saja. Iya, tiket kereta AC ekonomi ini adalah pertama kalinya saya coba. Seperti apa pengalamannya? Ya… selama dilakukan bersama-sama dengan rombongan, hasilnya tentu menjadi pengalaman yang menarik. Ditambah lagi, keinginan kuat untuk bisa bertemu dengan Emak blogger lainnya, maka perjalanan semakin terasa menyenangkan. Terima kasih untuk Blogger Nusantara, karena acara ini, bisa menyatukan KEB dari berbagai wilayah.

kebomnh2

Tiba di Yogya

Sekitar pukul 23.00, kereta yang kami tumpangi tiba di stasiun Lempuyangan, Yogyakarta. Setibanya di sana, kami disambut oleh tim panitia yang sudah standby bersama rombongan sebelumnya yang lebih dulu tiba. Rasanya lega sekali melihat mereka ada di sana menunggu kami. Sebelumnya, saya sendiri sempat khawatir tidak  mendapatkan jemputan karena nama saya tidak ada dalam list. Ternyata mereka siaga menyambut kedatangan kami.

Saat itu juga kami diarahkan untuk naik mobil L300 menuju Eduhostel. Woow, tempat yang nyaman sekali. Rasanya terbayar sudah perjalanan 9 jam lebih di atas kereta. Dan serunya lagi, satu kamar terdiri dari 7 orang, jadi kami bisa lebih mengenal satu sama lain.

kebmichan

Kopdar Blogger Nusantara

Inilah awal pelaksanaan Blogger Nusantara. Kami semua sangat excited untuk mengikuti rangkaian acaranya. Siapa sih yang tidak pengin menginjakkan kaki di keraton Yogyakarta? Tentu hal tersebut menjadi daya tarik tersediri untuk acara ini. Sayangnya, pagi hari kami mendapat kabar bahwa acara di keraton dibatalkan. Meski sedikit kecewa, but the show must go on. Acara dilanjutkan di Joglo Abang, di daerah Sleman, yang jauh dari keramaian lalu lintas.

KEB 6

Makmin KEB (Kika : Irma Susanti, Sumarti Saelan, Indah Juli, Vema Syafei, Mira Sahid)

Sampai di Joglo Abang, suasana hangat dan natural sangat mengundang kami untuk segera terlibat di dalamnya. Karena tempat tersebut berada di tengah sebuah pemukiman, jadi enggak heran banyak penjual kaki lima, mulai dari tukang balon, warung kopi, tukang bakso, tukang es krim keliling, dan lain-lainnya. Pemilihan lokasi ini unik karena membuat kami yang berasal dari berbagai wilayah Nusantara bisa melihat dan merasakan kehidupan masyarakat Jogja yang sesungguhnya. Benar-benar suasana yang hangat, sehingga sesaat saya lupa dengan keriuhan Jakarta yang sering macet dimana-mana.

Di sinilah kehangatan kembali terjalin. Jika malamnya saya hanya bisa melihat beberapa wajah blogger, tapi di Joglo Abang ini, saya bisa melihat semua wajah blogger dari seluruh penjuru nusantara dan bisa menyapa satu sama lain. Wow, banyak banget.

mirabloggernusantara

Bagaimana kesan emak semua selama mengikuti rangkaian acara Blogger Nusantara? Saya pribadi, senang. Bagaimanapun, panitia sudah berusaha maksimal agar acara ini dapat terwujud, meski ada sedikit kekurangan disana-sini itu wajar untuk suatu acara sebesar ini. Selain itu, bisa bertemu dengan Emak-emak Blogger dari berbagai wilayah adalah momen yang paling berharga. Jika selama ini kami saling menyapa dan berbagi secara online, maka disini kami bisa bertemu langsung sehingga menambah kebersamaan sebagai sebuah keluarga besar KEB. Momen tersebut akan menjadi warisan cerita yang selalu terekam dalam perjalanan KEB.

Saya,  selaku perwakilan Makmin KEB, mohon maaf sebesar-besarnya jika di acara BN ini belum bisa menyapa semua emak blogger. Semoga ada kesempatan lain yang bisa mempertemukan KEB kembali.

Salam hangat dan ketjoep emak satu-satu.

20131130_140501_1

Makmin bersama mba Mubarika – CEO Idblognetwork

Sumber foto :

– Om NhHer

– Indah Nuria Savitri

– Fadlun Arifin

– Fitri Rosdiani

– Mira Sahid

(Mohon maaf bila ada yang belum dituliskan sumbernya)