Beberapa minggu lalu, aku mengadakan Giveaway. Dan dari situ aku mengamati beberapa hal yang sedikit terlupakan oleh peserta, yaitu tentang syarat dan ketentuan lomba. Nah, kali ini bukan giveawayku yang kubahas, tetapi tentang giveaway ataupun lomba blog secara umum. Aku sendiri bukan jagoan yang sering menang lomba, masih bisa dihitung jari menangnya hihi :D. Cuma ingin berbagi dari pengamatan yang kulihat saja sih, nggak apa-apa kan? Semacam memperingatkan diriku sendiri saja agar tidak lupa 😀

Ini ada beberapa hal yang hendaknya diperhatikan saat mengikuti sebuah GA / Lomba Blog :

1. Perhatikan dengan benar syarat dan ketentuan lomba.

   a. Jika kita diwajibkan untuk follow twitter atau like FB, langkah awal adalah memenuhinya sesegera mungkin. Karena ini bisa dilakukan   pertama kali, bahkan saat artikel belum dibuat. Jadi biar tidak lupa dan kita tinggal fokus dengan artikel yang hendak kita buat.

   b. Banner biasanya juga menjadi salah satu syarat lomba. Perhatikan syaratnya apakah harus diletakkan dalam postingan atau sidebar blog, jangan sampai salah.

    c. Jumlah kata juga harus diperhatikan jika ada ketentuannya. Jangan sampai kurang atau kelebihan dari batas yang ditentukan.

    d. Tema juga harus sesuai. Jangan sampai temanya adalah “bakso” tapi yang dibahas malah “es campur”.

    e. Link balik ke postingan biasanya juga disyaratkan, periksa lagi apakah sudah sesuai.

   f. Biasanya untuk lomba-lomba yang diadakan oleh brand tertentu, diwajibkan menyertakan backlink pada suatu kata, atau memasukkan beberapa kata kunci. Ini perlu diperhatikan juga dengan seksama.

2. Perhatikan dengan seksama hari dan jam berakhirnya lomba.

     Salah melihat tanggal dan jam bisa membuat kita menyesal berkepanjangan, apalagi jika kita benar-benar menguasai temanya.

3. Kalau bisa janganlah posting di hari terakhir apalagi jam-jam terakhir deadline.

Bisa penyesalan seumur hidup kalau tiba-tiba lampu mati, koneksi internet tidak nyampung atau pulsa modem habis. Entahlah kalau yang memang deadliner sejati dan menikmati saat-saat setor menjelang jam deadline, mungkin sudah biasa ya. Kalau aku sih kapok setor tulisan menjelang deadline, bisa jantungan (kecuali pas betul-betul “blang”, nggak tau mau nulis apa) hihi 😀

4. Periksa syarat terakhir, misal komen di blog penyelenggara GA, mention di twitter dengan hastag tertentu atau email ke penyelenggara. Sudah benar atau belum?

Nah, itu beberapa hal yang perlu diperhatikan. Kelihatannya ribet banget ya persyaratannya. Melihatnya saja rasanya sudah malas untuk ikutan. Ya, tergantung suara hati sih mau jadi ikut atau tidak. Kalau aku biasanya lihat temanya juga.  Jika bukan bidangku dan kurasa aku tidak sanggup, biasanya aku tidak ikutan meski persyaratannya gampang. Sebaliknya jika kira-kira temanya masih kukuasai, aku akan mencoba untuk ikut meski persyaratan agak ribet ( tapi dalam artian masih bisa dipenuhi ).  Nah, kalau tema buatku sudah agak “berat” dan syaratnya juga ribet banget sampai malas mau ikutan, ya sudah “pass” aja deh. Jadi tergantung dengan situasi dan kondisi juga sih, memungkinkan tidak untuk ikutan *Ini kalau aku lho yaa 😀

Jika memang jadi ikut, mesti hati-hati dengan semua persyaratan itu. Jangan sampai tulisan kita sudah bagus dan semestinya kita menang, eh ternyata ada satu persyaratan yang tak dipenuhi. Nggak jadi dong kita menang, kecuali penyelenggara baik hati. Kemungkinan besar sih nama kita langsung dicoret begitu tidak memenuhi salah satu saja dari syarat yang diwajibkan. Sayang banget kan. Aku sendiri saja terkadang siwer dan kadang lalai 🙂

Nah, jika semua persyaratan sudah benar, artikel sudah ditulis dengan sepenuh hati *uhuk … ya tinggal banyak-banyak doa saja, semoga juri menyukai tulisan kita. Jika tidak menang, ya mungkin belum waktunya kita menang, lebih banyak peserta yang tulisannya lebih memikat hati juri mungkin. Setidaknya kita sudah berusaha memenuhi segala persyaratan dan memberikan tulisan yang terbaik yang mampu kita berikan.

Itu saja sih ya *sekali lagi ini menurut pandanganku pribadi lho. Silahkan saja yang mau sharing atau menambahkan 😀

Happy Blogging!