Blogging

Blogging By On July 16, 2018

10 Hal Ini Bisa Menggali Ide untuk Postingan Blog

Hi, Mak! Pernakah Emak merasa kehabisan ide menulis? Udah duduk manis di depan laptop, buka Microsoft Word, jari sudah siap di atas keyboard, abis itu bingung. Setengah jam, satu jam… nggak ada satu kalimatpun yang dihasilkan. Buntu ide! Nah, ini yang bikin kita bengong lamaaaa di depan laptop. Nunggu dapat ide untuk postingan blog itu lho yang lama, karena begitu tau…

Blogging / Life Style By On July 9, 2018

Kesalahan Blogger Pemula yang Dianggap Enteng

Disadari atau tidak, dunia blogging kini menjadi dunia yang dilirik banyak orang. Banyaknya blogger yang mampu meraup materi yang tak sedikit dari blognya, menjadi satu dari sekian banyak alasan menjadi blogger. Tak ada yang salah dengan hal itu. Menjadi blogger bisa dilakukan siapa saja, umur berapa pun, dan dari kalangan apa pun, selama bisa menulis dan membaca. Tapi tak sesederhana itu…

Blogging / Life Style By On June 4, 2018

Accelerated Mobile Pages (AMP) untuk Blogger

Apa sih yang terbaru dalam trend SEO? Salah satunya adalah masalah AMP – Accelerated Mobile Pages. AMP yang didukung oleh Google adalah proyek yang mengedepankan kecepatan loading artikel di mobile atau handphone. Adakah yang perhatikan tampilan pencarian di mobile selama ini? Ada tanda petir di depan itu tanda bahwa halaman itu sudah AMP ready dan kalau kita klik, loadingnya semakin…

Blogging / Life Style By On May 28, 2018

Ini Dia 5 Jenis Konten Terlaris Menurut Survei Buzzsumo

Halo, Emaks semua! Keknya udah lama nih, saya enggak ngisi web syantiek ini. Hehehe *lirik Makpuh* So, here I am, mau bahas soal konten lagi. Tahu nggak, Maks, konten apa saja sih yang biasanya laris didatangi pembaca dan sekaligus dishare? Menurut Buzzsumo, ada 5 jenis topik konten paling laris dibaca dan dishare loh (konten terlaris menurut survei Buzzsumo). Eh, sebentar. Apa itu…

Blogging / Life Style By On May 7, 2018

Tampilan Blog Lebih Menarik dengan Infografis

Dalam suatu blog, selain tulisan yang menarik dan berbobot kita memerlukan foto atau infografis untuk mendukung satu blog post agar  tampilan blog lebih menarik. Tetapi kadang kala foto-foto ini masih terupload secara apa adanya. Ukuran tak menentu, teks yang digunakan pada foto pun berbeda-beda tiap postingan. Sehingga blog post kita terlihat tidak konsisten. Saya biasanya menggunakan aplikasi adobe photoshop untuk…

Blogging / Life Style / Tips By On April 2, 2018

Kiat Menulis Konten Viral

Di era informasi digital seperti sekarang, hampir semua orang memanfaatkan internet untuk berbagi informasi. Baik itu informasi yang penting dan dibutuhkan banyak orang, sampai ke info tidak penting, yang tidak ada urgensinya sama sekali. Bahkan hebatnya lagi internet memungkinkan info tidak penting dan hoax bisa jadi viral. Nah, yuk, kita bedah sedikit mengenai konten viral ini. Seperti apa sih biasanya…

Blogging / Life Style By On March 19, 2018

Yuk, Cerdas Bermedia Sosial dan Berinternet dengan Mengurangi Konten Negatif!

Sudah berapa lama Teman-teman KEB kenal dengan internet? 3 tahun? 5 tahun? 15 tahun?  Internet sekarang telah mengubah cara kita berkomunikasi. Dari mulai bangun sampai tidur lagi sepertinya kita tidak bisa jauh-jauh deh dari internet. Apalagi emak-emak blogger, ya? 😀   Menurut teman-teman, dengan adanya internet ini, kita makin mudah berkomunikasi atau malah menyulitkan sih? Terutama dengan perkembangan di zaman sekarang…

Blogging / Life Style By On March 5, 2018

Prediksi Blogging Tahun 2018: dari Niche Targeting hingga AMP

Atuhlaaah. Udah masuk bulan Maret, tapi baru nulis prediksi blogging tahun 2018 😆 Yah, enggak apa-apalah ya. Sebelumnya sih sudah pernah di-share sama Makmin Spesialis Malam di Twitter bulan Januari 2018 lalu, tapi baru bisa saya rekap sekarang. 😆 Maafkan. *salim dan cium tangan* Belum terlalu terlambat juga sih kayaknya yah. Pergerakan masih setidaknya 9 bulan lagi, yes? Ehe~ Sooo,…

Blogging / Life Style By On February 19, 2018

Dasar Google Analytic: Apa yang Perlu Blogger Tahu Lebih Dulu?

Saat Emaks mulai ngeblog, seharusnya sih Emaks mulai kenalan dengan Google Analytics juga, Maks. Ada yang masih belum tahu, apa itu Google Analytic? Atau, malah baru dengar sekarang? Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Dan, yes, sebagai blogger, ya kita mesti wajib harus tahu statistik pengunjung blog kita. Karena statistik pengunjung itu bisa memberi…

Blogging / Life Style By On February 6, 2018

Ikut KEB Blogging Collab? Ini Manfaatnya

“Waaah…ramai betul threadnya. Ada apa gerangan?” Batinku saat melihat ratusan komentar dalam satu tread di group Kumpulan Emak Blogger (KEB). Sebelum mulai beraktivitas, aku pun menyempatkan diri untuk membaca thread tentang ajakan untuk collab dengan beberapa teman blogger dalam bentuk postingan di blog. Bagiku, kegiatan ini bakal menarik karena pasti akan banyak manfaat yang didapat, baik buat para emak blogger maupun buat blog itu sendiri….

Blogging / Life Style By On February 5, 2018

Tips Promosi Blog di Facebook Supaya Nggak Dianggap Spam

Emak pasti sudah sering share atau promosi blog di Facebook kan ya? How does it go so far, Mak? Apakah sudah bisa memenuhi harapan Emaks? Dalam arti, apakah benar-benar mendatangkan traffic ke blog? Engagement terbangun? Isi tulisan Emak nyampai ke mereka yang memang membutuhkan? Atau … Jangan-jangan malah membuahkan predikat ‘spam’ pada profil Emaks gara-gara over sharing? Yang kalau komen, suka…

Blogging / Life Style By On January 22, 2018

7 Etiket yang Harus Dipahami Sebelum Mulai Buzzing di Media Sosial

Hi, Emaks! Sepertinya kerjaan buzzing di media sosial itu sudah sepaket sebagai sponsored post blogger ya? Iya nggak sih? Buzzing di media sosial apa pun dan sponsored post adalah salah satu jalan digital marketing yang memang dianggap cukup efektif belakangan, yes? Ya, meski buzzer dan blogger itu belum punya wadah resmi berbadan hukum, hingga bisa membuat etiket-etiket yang harus dipatuhi,…