Maret 2014 - Lianny Hendrawati

Maret 2014 – Lianny Hendrawati

Board dan makmin telah memilih mak Lianny Hendrawati sebagai Emak of March 2014. Yuk simak wawancara online dengan mak Lianny yang inspiratif ini.

Nama: Lianny Hendrawati
Url blog : www.liannyhendrawati.com
Bio singkat:
Ibu rumah tangga, istri dari Eko Susanto dan mama dari 3 orang anak : Christina, Michael dan Alicia. Lahir dan dibesarkan di Pasuruan, sekarang tinggal di Jember, memiliki background pendidikan Tehnik Informatika. Kesukaan selain menulis adalah membaca dan menonton acara memasak di tv, sekarang sedang belajar menulis fiksi. Menjadi kontributor dari beberapa antologi fiksi dan non-fiksi. Penyuka pelangi dan warna biru.
Makmin: Apa benar blog mak Lianny jumlahnya puluhan? Tepatnya berapa? Mengapa emak membuat blog sebanyak itu?
Mak Lianny: Iya, sekarang 30 mini site blog. Bisa mendapat menghasilan dari blog adalah tujuan saya membuat monetize blog tersebut. Rencana ke depan, saya akan pilah-pilah lagi, untuk tema yang sama akan saya gabung karena keteteran juga sih mengerjakan seorang diri dengan bahasa Inggris yang pas-pasan hahaha. Sekarang malah lebih sering menulis di blog personal.
Makmin: Bagaimana mak Lianny membagi waktu ngeblog dengan kegiatan lain?
Mak Lianny: Saat awal ngeblog dulu, kegiatan rumah tangga sempat terbengkalai. Seiring waktu, saya mulai menetapkan jadwal tersendiri untuk ngeblog. Bagi saya, prioritas utama adalah keluarga, jadi saya bereskan semua urusan rumah tangga terlebih dahulu ( mencuci baju, memasak dll) baru saya duduk di depan laptop. Waktu optimal untuk ngeblog bagi saya biasanya hari Senin sampai Jumat pukul 10.00 – 13.00, sebelum anak-anak pulang sekolah, selebihnya malam hari setelah mereka semua tidur. Sabtu dan Minggu giliran anak saya yang pegang laptop.
Makmin: Bagaimana caranya menjaga semangat untuk terus ngeblog?
Mak Lianny: Kalau saya biasanya dengan membaca buku atau blogwalking. Membaca buku akan membuka wawasan dan ide-ide baru, begitu juga membaca postingan sahabat blogger lainnya, bagi saya sangat ampuh untuk menjaga dan meningkatkan semangat ngeblog.
Makmin: Apa arti ngeblog bagi mak Lianny?
Mak Lianny: Sejak kecil saya suka menulis, jadi dengan ngeblog saya bisa menuangkan passion menulis, ngeblog juga merupakan terapi jiwa yang membuat pikiran dan hati menjadi lebih tenang, selain itu saya bisa meninggalkan tulisan yang bisa dibaca oleh anak-anak saya nanti. Tetapi arti ngeblog yang terutama bagi saya adalah berbagi. Lewat ngeblog, saya bisa berbagi cerita, ilmu dan pemikiran-pemikiran. Hal yang paling membahagiakan bagi saya adalah saat tulisan di blog bisa bermanfaat bagi orang yang membacanya.
Makmin: Tema apa yang paling menggambarkan tentang diri emak?
Mak Lianny: Seputar dunia wanita (semisal menjadi ibu, memasak, parenting dll).

Mak Lianny2
Makmin: Mak Lianny itu tenang menghanyutkan, biarpun nggak pernah heboh tapi sering banget menang lomba. Apa arti lomba blog bagi emak?
Mak Lianny: Saya sering mengikuti lomba blog, tetapi lebih banyak kalahnya kok daripada menangnya hahaha… Arti lomba blog bagi saya adalah sebuah perjuangan dan penyemangat. Jika akhirnya menang, maka hadiah yang didapat adalah reward dari semua kerja keras dan usaha yang sudah dilakukan, dan menang lomba bisa memberikan suntikan semangat baru untuk terus rajin ngeblog. Satu hal yang selalu saya tanamkan saat ingin mengikuti lomba blog adalah mental juara yaitu siap untuk menang dan siap untuk kalah. Kemenangan janganlah membuat kita sombong dan takabur, sebaliknya kekalahan tidak boleh membuat patah semangat. Kecewa itu pasti, tetapi jangan sampai terpuruk, coba dan coba lagi. Keberhasilan hanya bisa diraih jika kita tidak diam, tetapi mau berusaha. Saya sendiri meyakini bahwa meski 99% kemungkinan tidak akan menang, tetap masih ada 1% kemungkinan menang.
Makmin: Masing-masing emak punya kiat khusus untuk menang lomba blog. Kiat mak Lianny seperti apa?
Mak Lianny: Sebenarnya untuk menang lomba, tidak ada kiat khusus bagi saya. Pertama kali yang saya lihat adalah temanya, apakah memang sesuai dan masih bisa saya kerjakan atau tidak? Untuk tema yang bukan bidang saya dan tidak saya kuasai, saya tidak akan memaksakan diri untuk ikut. Hal selanjutnya jika sudah memilih ikut adalah harus teliti membaca dan memenuhi persyaratan lomba. Tema dan syarat lomba itu dua hal penting yang harus kita lakukan. Setelah itu, kita hanya bisa berdoa saja semoga tulisan kita sesuai dengan selera juri, karena selera dan point penilaian masing-masing juri pasti tidak sama dan tidak bisa kita kendalikan. Berikan saja yang terbaik semampu kita.
Makmin: Apa yang mak Lianny harapkan dari ngeblog?
Mak Lianny: Saling berbagi dan menimba ilmu, menjalin pertemanan dan kalau bisa juga mendapat penghasilan dari ngeblog.
Makmin: Mak Lianny adalah kontibutor tetap KEB yang menjaga komitmen. Mengapa emak mendaftar menjadi kontributor tetap, sementara banyak yang keberatan dengan kewajiban posting meski hanya sebulan sekali?
Mak Lianny: Saya mulai mengenal KEB sekitar bulan September 2012 dan langsung tertarik untuk menjadi kontributor tetap dengan syarat awal menyertakan 3 tulisan terlebih dahulu. Bagi saya pribadi, menjadi kontributor adalah wujud kecintaan saya pada KEB. Saya tidak menganggap kewajiban posting itu sebagai beban atau tugas yang mengikat. Ibarat rumah, kita pasti menginginkan rumah kita rapi dan nyaman sebagai tempat tinggal, dengan senang hati kita membersihkan rumah setiap hari tanpa mengeluh. Demikian juga di web KEB ini, makmin sudah memberikan kemudahan bagi kontibutor tetap untuk posting hanya sebulan sekali dengan tema bebas. Tidak terlalu sulit jika kita melakukannya dengan senang hati, apalagi bagi para emak blogger yang rajin update tiap hari di blog pribadinya. Sebulan menulis 30 postingan saja bisa, pasti sangat mudah menulis postingan hanya sebulan sekali. Jadi buat saya intinya cuma satu, menulis dengan cinta dan tanpa beban, itu saja.

Mak Lianny1
Makmin: Bagaimana mak Lianny melihat kegiatan KEB? Apa yang masih bisa dikembangkan?
Mak Lianny: Apa ya? Mungkin “rumah emak”, karena menurut pengamatan saya *ehm semoga saja salah yaa, web KEB malah kurang rame, minim artikel dan jarang ditengok para emak dibanding dengan kehebohan aktifitas group di FB. Selebihnya kegiatan KEB baik online maupun offline sudah bagus sih. Untuk umur yang baru 2 tahun ini, gerak langkah KEB sudah terbilang sukses. KEB dengan anggotanya yang mempunyai keahlian dan profesi yang berbeda sangat memungkinkan untuk berkembang lebih jauh lagi. Sesuai dengan motto KEB – Inspirasi perempuan, kami ada untuk berbagi – ke depan, semoga KEB makin menginspirasi para perempuan dengan jangkauan yang lebih luas.
Makmin: Mak Lianny bersedia membantu memajukan KEB, kan?
Mak Lianny: Saya bersyukur sekali bisa mengenal para emak hebat yang ada di KEB. Saya bangga dan akan selalu mendukung kegiatan KEB. Mohon maaf jika tidak bisa aktif dalam kegiatan offline KEB, hal kecil yang bisa saya lakukan sekarang adalah dengan terus menulis di web KEB dan menyebarkan virus menulis di sekitar saya. Semoga KEB tetap menjadi rumah yang penuh kehangatan cinta dan nyaman buat para emak blogger yang berada di dalamnya. Sukses KEB, teruslah menginspirasi …