Artikel oleh mak Istiana Sutanti

Setelah beberapa waktu yang lalu *udah cukup lama sih :P* saya membaca Reader-Friendly Blogs di KEB, saya ngerasa kita sebagai blogger, terutama emak2 blogger jadi lebih aware dengan tampilan blog kita. Bener kan ya mak? Udah, iya-in aja yaa, hehe.

Nah, karena itu, saya kepikiran untuk nge-list beberapa themes WordPress yang rasa-rasanya sesuai dengan persyaratan 3 (background terang), 4 (navigasi yang mudah), dan 5 (font yang cukup jelas).Β  Mudah-mudahan berguna untuk emak-emak blogger yang baru banget kenal sama blog, terutama ngeblog di WordPress πŸ˜€

Langsung aja deh yaa gak usah panjang x lebar lagi intronya, hehe.

  1. Adelle

sorbet

Gambar dari http://theme.wordpress.com/themes/adelle/

Kebetulan themes ini adalah themes yang saya gunakan dan saya nyaman banget dengan tampilan ini. Sudah hampir setahun kali ya saya pakai themes ini dan sampai sekarang belum kepikiran untuk ganti, alias masih setia, hihihi.

Dan, bener memenuhi persyaratan yang saya sebut di atas lho. Background terang -warna putih-,Β  navigasiΒ  yang mudah -menu langsung terlihat dan sidebar yang bisa dikostumisasi sesuai keinginan kita agar lebih memudahkan navigasi para pembaca-, serta font yang cukup jelas. Alasan utama saya pakai themes ini sih ya karena 3 hal itu sih, hehe. Plus, perpaduan warnyanya itu lho, gak terlalu girly juga gak terlalu kaku *menurut saya lhoo :D.

  1. Reddle

reddle

Gambar dari http://theme.wordpress.com/themes/reddle/

Nah, themes ini walaupun backgroundnya abu-abu, tapi tetap di kolom postingan backgroundnya putih, jadi masih tetap reader-friendly deh, hehe. Dan, tampilannya simple banget, gak macem-macem *kecuali dimacem-macemin ama yang punya, hihi*. Plus headernya juga bisa diganti sesuai dengan yang kita mau!

Ini contoh blog keren yang pake themes Reddle: http://maedchenmitherz.de/ πŸ˜€

  1. Blissful

blissfull

Gambar dari http://theme.wordpress.com/themes/blissful-blog/

Themes ini lebih fokus kepada postingan kita. Jadi, sidebar diletakkan di bawah dan membiarkan para pembaca larut dalam tulisan kita yang mencengangkan, hehe. Tapi, walaupun sidebar bukan diletakkan di sisi kanan atau kiri, themes ini tetap menampilkan navigasi yang cukup mudah kok, apalagi kalau kita mengaturnya sedemikian rupa.

Dengan adanya sidebar di bagian bawah, kita justru jadi lebih bebas dan tidak terlalu khawatir akan sidebar yang terlalu panjang. Benar-benar membuat pembaca fokus pada bacaan dan kalau mau menuju halaman lain tinggal scroll sampai bawah dan voila! akses ke semua halaman di blog ada di situ semua.

  1. Esquire

esquire

Gambar dari http://theme.wordpress.com/themes/esquire/

Yang ini formatnya sticky header di bagian kanan dan sidebar di bagian bawah. Themes ini cocok untuk yang mau namanya selalu tampil. Ya karena, judul atau nama blog itu sticky alias menempel. Yap, yang warna kuning itulah judul atau nama blog yang dimaksud πŸ˜€

  1. Sorbet

sorbet

Gambar dari http://theme.wordpress.com/themes/sorbet/

Sorbet ini backgroundnya juga bukan putih, di tiap postingan lah yang berwarna putih. Tapi, perbedaan warna ini malah membuat themes ini jadi lebih menarik. Plus, di tiap jenis postingan berbeda (bentuk text tulisan, gambar, video sticky post, featured post, dsb), menampilkan header yang berbeda juga. Menarik lho! πŸ˜€

a

Beberapa jenis postingan punya headerΒ  yang berbeda

Oiya, beberapa themes di atas bukannya gak memenuhi persyaratan lainnya ya. Setidaknya, themes-themes itu udah memenuhi 3 syarat itu, syarat lainnya ya tergantung kita lagi deh sebagai pemilik blog. Dan, jangan takut ada blogger yang memasang themes yang sama. Karena, headernya kan bisa dikostumisasi atau diganti sesuai keinginan kita, jadi tetap bisa menampilkan hal yang berbeda dengan blogger yang menggunakan themes yang sama. Urusan themes kan balik lagi ke selera masing-masing yaa, hehe πŸ˜‰

Beberapa tampilan yang saya sebut ini semoga bisa jadi inspirasi bagi para emak blogger yang sedang kebingungan dengan tampilan blognya yaa πŸ˜€

Btw, untuk inspirasi lebih banyak lagi mengenai themes yang bisa digunakan secara gratis, bisa lho cari-cari di http://theme.wordpress.com/themes/features/blog/?sort=free. Atau langsung saja ke menu Appearance Γ  themes di dashboard blog masing-masing (di tab free yaa ^^).

b

Happy Blogging! πŸ˜‰

PS: gambar tiap themes diambil dari link themesnya