Pada tanggal 7 September 2014, Kumpulan Emak Blogger menyelenggarakan Halal Bihalal serentak di enam kota bertema #KEBersamaan, yaitu Depok (koordinator mak Arin), Bandung (koordinator mak Tian), Semarang (koordinator mak Uniek), Yogyakarta (koordinator mak Ika), Surabaya (koordinator mak Dwi) dan Denpasar (koordinator mak Ferdias).

Mak board dan makmin menyebar di beberapa kota. Sebenarnya ada rencana untuk menempatkan makmin di tiap kota. Namun karena berbagai kendala, hanya beberapa kota saja yang dihadiri. Mak founder Mira Sahid berhasil hadir di Denpasar. Mak Sumarti (yang rencananya ke Surabaya tapi batal) dan mak Sary hadir di Depok. Mak Vema berhasil hadir di Bandung. Mak Lusi (yang rencananya ke Semarang tapi batal) dan mak Indah Juli hadir di Yogyakarta. Sedangkan mak Irma harus beristirahat karena sakit.

Alhamdulillah seluruh rangkaian acara berlangsung sukses dan meninggalkan kesan tak terlupakan bagi para emak. Berikut gambaran jalannya halal bihalal tersebut, yang diabadikan oleh para emak di masing-masing kota.

BALI

Reportase mak Sri Rahayu

Ada Cinta di KEBersamaan Bali

Minggu 7 September menjadi awal yang indah terbentuknya KEB Bali.  Sebuah perjumpaan yang menjadi ajang temu kenal dan temu kangen para emak blogger yang kece-kece dan keren.  Terlebih lagi kopdar ini adalah kopdar yang paling spesial sebab Bali kedatangan Makpon yang cantik bingittzzz loh.  Acaranya seru, gemezinn dan guyub poll… jempol

Psst…. kami punya permainan Pinata yang membuat para bocah dan emak kece ngga sabaran ingin mencoba.  Apa sih itu?  Nah sebelum saya kasi bocoran tentang permainan ini, saya akan meyampaikan reportase jalannya Halal bihalal Emak Blogger Bali dulu.  Acara dihadiri oleh 7 orang member KEB  ( Mak Mira, Mak Ferdias, Mak Erlina Ayu, Mak Hanila , Mak Okvina, Mak Sri rahayu dan Mak Yuni) berserta bolo kurowonya.  Ada Baby Iva, ada Ivon, ada Farhan, Favian dan Yuni Junior.  Acara yang dihelad di rumah makan Mang Engking  Bale Udang Bali dengan panorama kolam yang ciamik ini membuat anak dan emak-emak bisa langsung guyub tak terkecuali bapaknya.

bali

Emak Blogger Bali Bergaya Chibi-chibi

Diawali dengan sebuah bincang hangat perkenalan masing-masing member, sedikit ulasan tentang blog, ulasan panjang children abusement lalu ditutup dengan aneka acara seru tuker kado dan pukul Pinata berbentuk hati sebagai lambang cinta dan KEBersamaan, di dalam nya terdapat aneka permen yang akan diperebutkan saat pinata berhasil di pukul jatuh oleh peserta dengan mata tertutup dan siapa pemenangnya?  Dia adalah Mak Ferdiiiii! Emak ramah yang amat kreatif ini telah mempersiapkan acara ini dengan begitu sempurna.  Makasi ya Mak Ferdias Bookelman.  I Love you full Emak Blogger.

BANDUNG

Reportase mak Efi Fitriyyah

Dalam halal bihalal KEB 2014 para emak Bandung sepakat untuk menjadikan serba Nyunda sebagai tema acara. Mulai dari menu makan siang berupa nasi pepes, penganan khas nyunda seperti wajit, katimus,  sampai martabak oncom jadi teman camilan acara yang berlokasi di Taman Lalu Lintas, Bandung tanggal 7  September 2014 ini.

Saya didaulat jadi MC nih untuk acara HBH hari itu. Dengan bismillah, saya membuka acara, sekalian say thanks sama 21 emak-emak  yang sudah datang dan ternyata  banyak wajah-wajah baru. Acara dilanjut dengan sharing tentang Mobile Photography alias memaksimalkan kamera ponsel  bareng Mak Vivera Siregar. Sambil menyimak, tangan para emak yang bawaannya memang terbiasa multitasking sibuk mengambil objek foto. Helicopter View, teknik pengambilan sudut gambar  dari atas jadi topik favorit para emak. Selain berselfie ria,  dengan senang hati,   kegokilan pose ‘pepes emak berbalut kebaya’ dipraktikan tanpa jaim. Mak Vema, Makmin yang spesial datang dari Jakarta ‘sukses’ dijadikan bantalan untuk  sesi foto gokil ala pepes ini.

10636209_789175727792019_3348009922282383389_n

Berlanjut dengan topik kedua,  Mak Alaika Abdullah bercerita soal dunia indie publishing. Wah, ternyata kami baru ngeh, ada  software Indesign  untuk membuat layout buku, jadi ciamik.  Obrolan melebar membahas novel Selingan Semusimnya Mak Al,  sampai kisah para survivor musibah Tsunami. Ada cekikik lucu, wajah manggut-manggut yang takjub sambil membulatkan mulut, celetukan ringan, sampai kisah haru menguarkan aroma  merinding  mewarnai obrolan.

Selain  bertukar kado, beberapa emak memboyong kado dobel setelah  mendapat  doorprize, menjawab pertanyaan  seputar tema diskusi dan pose paling ekspresif yang disponsori oleh Mak  Alaika Abdulah,  Mak Dwi Wulan Irawan dan Mak Putu Ayu Winaya Sari.

Angin sepoi-sepoi dan cuaca hari minggu yang bersahabat membuat  kami betah untuk  hang out seharian sampai  adzan Ashar berkumandang. Hatur nuhun pisan  buat para emak yang sudah urunan menyukseskan acara Halal Bi Halal ini. See you next event,  maks.

HBH KEB Bandung 1

JOGLO (JOGJA_SOLO)

Reportase mak Nunung Nurlaela

Halal bi halal KEB Joglo Jateng  telah sukses diadakan. Hari ahad tanggal 7 September 2014 bertempat di Bumbu Desa Resto, Sagan Jogjakarta. Acara yang bertemakan #KEBersamaan ini dihadiri oleh sekitar 20 Emak blogger yang berdomisili di Jogja, Solo, dan Jawa Tengah.

Menggunakan dress code warna biru dan aksesoris kacamata hitam, semakin memberikan nuansa yang indah dalam kebersamaan dan keceriaan emak blogger.

Menggunakan dress code warna biru dan aksesoris kacamata hitam, semakin memberikan nuansa yang indah dalam kebersamaan dan keceriaan emak blogger.

Acara dimulai sekitar pukul 11.30 siang. Diawali dengan pembukaan oleh  Mak Ika Koentjoro selaku penanggung jawab acara. Kemudian sambil menikmati hidangan yang disajikan, kami pun berkenalan. Dilanjutkan sambutan dari mak Lusi, selaku makmin KEB. Beliau dalam sambutannya memaparkan sekilas tentang program KEB Agent Of Change yang sedang berlangsung saat ini yaitu, sebuah gerakan serentak untuk menyebarkan sebuah pemahaman dalam bentuk ebook, yang berisikan pemahaman dan wawasan tentang “Kekerasan Seksual Terhadap Anak”.  Ebook ini dapat disebarkan dengan melakukan pendekatan kepada minimal 2 orang ( di luar member KEB ) setiap harinya. Dan mengajak mereka untuk membacanya, dan kemudian kita  menuliskannya di blog setelah mengajak 2 orang tersebut.

Kemudian dilanjutkan dengan wejangan dan support dari mak Indah Juliani selaku makpuh KEB. Makboard KEB akan sepenuhnya mendukung emak blogger Joglo-Jateng yang ingin mengadakan agenda di daerahnya masing-masing. Dan disepakati akan mengadakan agenda tiga bulanan dengan event dan lokasi yang berbeda. Acara pun berakhir pukul 13.30 ditutup dengan acara foto bersama.

SURABAYA

Reportase mak Dwi Puspita

Bertempat di kediaman mak Tatit Ujiani (selaku tuan rumah) para emak kece, keren, dan gaul abiz yang tersebar dari wilayah Surabaya, Gresik, Sidoarjo, dan sekitarnya tumpah ruah berkumpul dirumah dengan alamat Perumahan Mutiara Citra Graha, Sidoarjo. 18 orang emak dengan berbagai profesi dan keahlian, ada juga yang masih mahasiswa (unyu-unyu) ikut meramaikan acara Halbi KEB pada tanggal 7 September 2014. Semuanya pada rame, heboh, dan tak kalah pentingnya adalah narsis dengan Tongsis yang dibawa oleh salah satu emak paling gaul. Dengan membawa camilan dari rumah masing-masing rumah mak Tatit bagaikan pasar yang menjual jajanan pasar 🙂

1907824_10202144220200727_2984367000696189060_n (1)

Tak ada dress code, yang kami harapkan kami bisa berkumpul dan bersilaturahmi serta saling kenal secara nyata bukan hanya kenal di dunia maya saja. Dengan acara tukar kado yang memang sengaja dibungkus kertas koran agar para emak penasaran saja dengan hadiah yang didapat nantinya, serta sharing dan memberikan ide bagaimana agar blog kita menjadi optimal, banyak pengunjung, dan dilirik agar mendapatkan review. Dan, yang paling berkesan adalah saat emak-emak ini kumpul seperti tak ada batasan usia, semuanya seperti sama tua muda menjadi satu. Silaturahmi semakin dekat, dan insyaallah kami merencanakan ingin ada perkumpulan paling tidak 2 atau 3 bulan sekali untuk KEB wilayah Surabaya, hal ini agar para emak semakin akrab seperti saudara.

10628549_10202144196680139_578113789725718116_n (1)

SEMARANG

Reportase mak Uniek Kaswarganti

Makin mudahnya berkomunikasi dengan sarana internet tentunya membuat kesempatan silaturahim dengan teman makin terbuka lebar. Sekedar berkata ‘hai apa kabar’ kepada teman maya pun tak masalah lagi. Kapan pun kita mau, bertukar sapa dengan siapa saja tinggal menggerakkan jemari.

Namun sadarkah kita, pertemanan seutuhnya melalui tatap muka tetap diperlukan, meskipun alokasi waktunya harus disediakan secara khusus. Tak sekedar melepas kangen, namun juga memperluas wawasan maupun jaringan. Hal inilah yang sangat disadari oleh Kumpulan Emak Blogger (KEB) yang menggagas halal bihalal (halbi) secara serentak di 6 kota di Indonesia.

emaks1

Di kota Semarang, #KEBersamaan bertempat di rumah Mak Lestari. Dibuka oleh PIC Mak Uniek, halbil ini dimulai dengan perkenalan masing-masing personel beserta blog yang dimiliki. Ada beberapa orang yang memang belum pernah bertemu muka meskipun sudah berakrab ria melalui komunikasi di blog.

Emak yang hadir adalah : Mak Wuri Nugraeni, Mak Latree Manohara, Mak Uniek Kaswarganti, Mak Winda Oetomo, Mak Lestari, Mak Muna Sungkar, Mak Rahmi Aziza, Mak Hapsari Adiningrum, Mak Noorma Fitriana M. Zain dan Mak Mariana Renata. Emaknya memang hanya 10 orang, namun doorprizenya melimpah ruah. Jadilah kami membagikannya melalui tebak-tebakan. Materinya bervariasi, ada yang seputar makmin KEB, alamat blog emak yang lain, tentang #KEBersamaan, juga program-program KEB terkini.

Di program Agent of Change, KEB ingin melawan kekerasan seksual yang mungkin terjadi pada anak melalui pengetahuan. Terutama pengetahuan untuk para orang tua, bagaimana memperlakukan anak dengan penuh kasih sayang dan pendidikan seksual sejak dini. Sedapat mungkin pengetahuan tentang hal ini disebarkan kepada orang-orang di sekitar emak-emak anggota KEB agar awareness tentang pentingnya proteksi terhadap anak itu bisa dimulai dari dalam keluarga.

emaks3

#KEBersamaan tak terasa telah berlangsung hingga pukul 13.00. Emak-emak sudah harus pulang, waktunya anak-anak untuk tidur siang. Semoga acara ini membawa banyak manfaat, baik bagi emak anggota KEB, KEB secara khusus dan masyarakat secara umum.

JABODETABEK

Reportase mak Winny Widyawati

Hangatnya Kopdar #KEBersamaan Jabodetabek

Alhamdulillah akhirnya di satu spot sebuah resto bernuansa etnik sunda  yakni Restoran Mang Kabayan Depok, terlaksanalah kegiatan paling menyenangkan dan membuat hati anggota komunitas kumpulan emak blogger tersenyum, yaitu kopdar para emak.

Sekitar pukul 10 WIB, PJ kopdar KEB jabodetabek Mak Arin Murtiyarini, makmin serta anggota KEB lainnya sudah hadir di lokasi dan menyiapkan keperluan acara. Suatu hal mengharukan dan membanggakan adalah melihat antusiasme para emak blogger dengan begitu banyaknya donasi untuk hadiah para pemenang lomba di event ini, padahal tidak  semua donatur bisa  hadir serta kebersediaan beberapa pengisi acara.

Meski tidak sesuai dengan jadwal yang direncanakan, namun acara kopdar ini secara resmi dibuka oleh MC dengan suasana yang  hangat pada pukul 11.00 WIB. Mak Aulia Gurdi dan Mak Wylvera Windayana menggiring  jalannya acara demi acara dengan ceria.

Dimulai dengan sapaan dari emak blogger wilayah Depok sebagai tuan rumah pelaksanaan kopdar KEB serentak wilayah jabodetabek, Mak Dyah Pitaloka. Lalu dilanjutkan dengan sambutan manis nan riang dari Mak Fadlun Arifin.

Untitled

Suasana menjadi sedikit serius manakala mak Arin sebagai Srikandi Blogger Inspiratif  menyampaikan program besar KEB saat ini yang telah digulirkan sebelumnya di grup dan web KEB yakni gerakan anti kekerasan/kejahatan seksual pada anak berupa Ebook yang berisi pengetahuan pendidikan seks untuk anak sebagai upaya pencegahan dan perlawanan dari segala bentuk kejahatan seksual terhadap mereka. #KEBAgentofChangge menjadi tagline program emak blogger kali ini.

Mak Arin menghimbau seluruh peserta kopdar untuk bisa segera mengunduh dan membaca Ebook tersebut untuk kemudian disebar dan ditebar seluas-luasnya kepada masyarakat terutama kepada mereka yang kurang memiliki akses pada dunia online.

Acara kopdar menghangat kembali saat tiba pada sessi permainan. Games dibuat secara berkelompok maupun perorangan yang dilaksanakan sebelum dan sesudah makan siang bersama. Suara bersahutan dan gelak tawa hampir tak ada putusnya mengiringi setiap pergantian acara, dan tentu saja selingan selfie para emak di spot-spot menarik di sekitar resto mewarnai di sepanjang acara kopdar ini.

Akhirnya pada sekitar pukul 13.30 seluruh agenda kopdar ditutup dan digenapi dengan acara foto bersama, menerbitkan keinginan untuk kembali bertemu dalam acara serupa.

Terima kasih kepada seluruh emak blogger, terkhusus wilayah jabodetabek atas kehadiran dan keceriaan yang telah dihadirkan. KEB selalu di hati, kami ada untuk berbagi.