Artikel oleh mak Annisa Steviani

Siapa sih yang nggak suka gratisan?

Emak-emak kadang suka bingung nggak sih, lagi posting blog terus pengen dikasih foto biar lebih hidup dan nggak bosenin, tapi bingung mau ambil fotonya dari mana? Saya sih sering banget! Nah beruntung sekarang banyak web stok foto yang bisa diakses secara gratis.

Favorit saya sih Gettyimages. Alasannya karena fotonya variatif dan “nyeni” alias artsy banget. Gettyimages ini baru membuka embed gratis untuk para blogger pada Maret 2014. Sebelumnya foto-fotonya berbayar semua karena Gettyimages biasa dipakai oleh media-media besar.

Meskipun gratis tentu ada syaratnya. Yaitu semua foto tidak boleh untuk kegiatan komersial. Selama blognya blog pribadi dan tidak digunakan untuk jualan sih boleh banget hias-hias postingan dengan foto-foto mereka.

Saya sudah beberapa kali pake di sini (http://sarsast.blogspot.com/2014/10/tentang-bayi-lucu-dan-tidak-lucu.html) dan di sini (http://sarsast.blogspot.com/2014/09/tentang-bebe-di-daycare.html). Memang ada muncul tulisan Gettyimages di fotonya, tapi nggak apa-apa toh, nggak terlalu mengganggu.

Caranya gampang.

1. Buka www.gettyimages.com. Tampilannya seperti ini ya mak. Jangan kaget karena foto di background-nya itu berubah-ubah.
getty1

2. Search foto yang diinginkan (pakai bahasa Inggris ya!). Search-nya bisa sangat spesifik. Misal “baby”, “baby crying”, “baby tantrums”, dsb. Hampir semua jenis foto ilustrasi tersedia.

3. Setelah ketemu foto yang diinginkan, scroll pointer mouse ke foto tersebut. Nanti fotonya akan membesar dengan frame hitam.
getty2

4. Nah sekarang di kanan bawah frame hitam ada ikon </>. Klik ikon itu, kemudian akan muncul pop up window yang memberitahu kode embednya.
getty3

5. Select all kode embed (Ctrl+A), copy kemudian paste di editor blog. Yang pakai blogspot bisa ke New Post, kemudian di kiri atas akan muncul button Compose dan HTML. Paste di kolom HTML. Lanjutkan mengetik postingan seperti biasa. Yang memakai wordpress, Add New Post kemudian di kanan atas muncul button Visual dan Text. Paste kode embed di Text.

Gampang kan! Yuk dicoba mak!