Waktu awal masuk SMP, anakku beberapa kali lupa kalau ada PR dan otomatis tidak mengerjakan PR nya. Saat kutanya, kenapa bisa lupa, dia jawab karena nggak dicatat katanya. Saat di SD dulu memang ada agenda sekolah, jadi tiap hari selalu ada catatan kalo ada PR, ulangan atau saat diminta mengumpulkan tugas-tugas lainnya. Di SMP ini memang tidak ada agenda, jadi kusarankan untuk mencatat sendiri di salah satu buku kosong yang dimilikinya. Sejak itu, PR tidak pernah kelupaan lagi. Penting sekali ya ternyata membuat catatan/daftar/list ini. Tidak cuma untuk mencatat kegiatan dan tugas-tugas sekolah saja lho, tapi juga penting untuk hal-hal lainnya, seperti :

  1. Membuat daftar belanjaan

Pernah nggak sih ngalamin, pergi ke supermarket untuk belanja bulanan, terutama karena pengin beli sabun cuci baju yang sudah habis di rumah, eh terus kelupaan. Sampai di rumah atau saat dalam perjalanan pulang habis belanja, baru inget kalau sabun cuci baju lupa dibeli. Pernah nggak? Kalau aku sering sih ngalamin, mungkin karena faktor umur juga kali, padahal sebelum berangkat itu sudah diinget-inget lho *jangan-jangan sudah mulai pikun hiks. Karena sering mengalami hal seperti itu, maka sekarang aku selalu mencatat dulu daftar belanjaan yang mau kubeli, biar nggak kelupaan lagi.

  1. Membuat daftar barang yang mau dibawa saat bepergian

Saat akan bepergian biasanya aku tulis dulu semua barang yang akan dibawa, semisal baju, obat-obatan, peralatan mandi, sepatu dsb. nya. Kemudian baru menyiapkan barang-barangnya, nah saat memasukkan barang tersebut ke dalam tas, tinggal centang saja barang yang sudah dimasukkan. Check list ini penting sekali agar tidak ada barang yang tertinggal, sungguh fatal sekali jika sampai ada satu barang saja yang tertinggal padahal barang itu sangat dibutuhkan, misal : saat anak keluar kota mengikuti suatu lomba, eh baju seragam yang mestinya dibawa malah kelupaan, bisa gawat kan?

  1. Membuat daftar pertanyaan saat pergi ke dokter

Mungkin ada yang berpikir, ngapain membuat daftar pertanyaan saat pergi ke dokter? Ya, buat jaga-jaga saja, jika ada sesuatu yang sebetulnya ingin kita tanyakan, tapi mendadak lupa. Ini berdasar pengalaman pribadiku saja sih, misalnya saat periksa anak yang sakit perut ke dokter, setelah keluar dari ruang periksa baru inget kalau ada beberapa pertanyaan yang lupa ditanyakan. Misalnya, kalau sakit seperti ini, boleh makan apa saja? Minum obat sakit kepalanya sampai habis atau setelah sakit kepala hilang boleh dihentikan? dsb.nya. Ada dokter yang mau memberikan penjelasan terkait penyakit kita, tapi ada juga dokter yang kalau ditanya baru menjelaskan. Nggak ada salahnya buat daftar pertanyaan dari rumah bukan? Tapi mesti inget juga ya, pasien yang antri menunggu di luar hihihi πŸ™‚

  1. Mencatat nomor-nomor penting/darurat

Kurasa perlu juga lho mencatat nomor penting semisal polisi, pemadam kebakaran, PLN, telpon, ambulan, rumah sakit, pos jaga dll. Tempelkan di tembok atau catat di hp kita, siapa tau sewaktu-waktu kita memerlukannya. Kalau aku, selain nomor diatas, di hp sudah kutambahkan nomor tukang sayur dan deliveri makanan. Itu penting bangeetttt!!

  1. Membuat daftar lomba blog yang akan diikuti

Nah, kalau ini khusus buat blogger nih, yang banci kontes haha, biar nggak kelupaan DL lomba. Sering nggak saat mau nulis, eh ternyata lombanya sudah DL? Padahal ide sudah di kepala, jadi kecewa jadinya, gagal sebelum perang ceritanya nih.

Yup, jadi kesimpulannya membuat list/daftar itu penting sekali. Mungkin ini hanya hal kecil saja dan kelihatannya sepele, tapi sungguh bermanfaat lho.

Silahkan yang mau nambahin, biasanya buat list apa lagi? Share dong πŸ™‚