Mak, sudah tahu dong ya siapa Blog of The Month untuk Agustus 2015 ini? Yup, emak biyutipul pemilik blog berwarna ungu-pink yang sering sekali mengulas tentang kecantikan yang menjadi BoTM kali ini. Yuk kita berkenalan lebih dekat dengan Mak Asti.

Saat Makmin mewawancarai Mak Asti, Mak Asti mengakui Beauty Blogger sudah merupakan profesi baginya. Berikut wawancara singkat Makmin dengan Mak Asti.

Cerita sedikit dong, Mak, sejak kapan mulai ngeblog? Dan apa motivasi awal membuat sebuah blog?

Sejak pertengahan tahun 2014 (aku lagi ngadain 1st giveaway 1 tahunan blog, ikutan yuukk). Motivasi pertamanya untuk sharing tentang beauty class yang pernah aku ikuti, tapi lama-lama menjadi luas cangkupannya.

Niche blog Mak Asti kan tentang kecantikan, menurut Mak Asti emak-emak yang cantik itu definisinya apa?

Emak yang cantik itu yang sopan, ramah, humble, bergincu merah, dan blogwalking balik hihihii..

Mak Asti yang beautiful :)

Mak Asti yang beautiful 🙂

Bagaimana menjaga konsistensi ngeblog? Apalagi Mak Asti pasti punya kesibukan lain di dunia nyata kan?

Being a blogger is fun. Aku menerapkan disiplin nge-blog 2X seminggu atau minimal 1 bulan 4 post (kalau dikit ini pasti bulan sibuk di dunia nyata). Aku nge-blog tanpa paksaan dan tanpa merengut, kalau lagi gak mood yo santai saja.

Pernah ada kendala menyiasati kesibukan Mak Asti di keseharian dengan aktifitas blogging? Bagaimana solusinya?

Aku siasati dengan menulis sesudah sholat Subuh biar gak tidur lagi, Mak, dan biasanya inspirasi, ilham, ide, dan rejeki datang di pagi hari hehehe..

Selama ini, adakah satu postingan yang sangat berkesan di blog? (Paling populer, paling kontroversial, misalnya)

Paling populer itu postingan tentang Concealer Wardah dan Garnier Light Complete. Tapi postingan yang paling berkesan adalah postingan 1st Giveaway blog aku

mzk Asti dan suami

Mak Asti dan suami

Apa yang selalu membuat Mak Asti menulis dan menulis di blog? Pernah bosan? Ada rencana berhenti ngeblog, mungkin?

Itu tadi Mak, aku menulis tanpa paksaan. Aku menjalaninya dengan fun karena hobby, jadi aku gak merasakan bosan karena ide makeup dan menulis selalu saja datang bermunculan. Tapi aku pernah kesal, karena aku belum tau caranya membuat video makeup hahaha #bloggergaptek.

Penting nggak sih social media dalam berblogging ria bagi Mak Asti?

Penting bingits Mak.. Dengan sosial media, aku bisa sharing link post yang baru saja aku publish ke berbagai grup di sosial media aku. Sehingga semua orang tahu, baca, sekaligus beri komentar. Dan aku pasti blogwalking balik.. Itu yang membuat Alexa ku semakin ramping dan badan memelar.

Dalam sebuah komunitas, kan pasti ada saja ya perbedaan, bagaimana Mak Asti menyikapinya?

Aku ini tipe cuek, Mak hehehe.. Entah kenapa. Tapi aku kalau menyikapi sesuatu selalu memandang dari berbagai sisi dan sayangnya memakai logika.

Apakah ada cerita unik, duka, menyenangkan, atau tak terlupakan selama menjadi blogger?

Ada, dukanya ketika gak ada yang baca dan memberi komentar di postinganku. yang menyenangkan itu ketika mendapat produk gratisan (I love gretongan) dan ketika ada perusahaan yang membayarku untuk review produk nya. Yang tak terlupakan itu ketika menjadi BLOG OF THE MONTH-nya KEB. Ini penting ada grup yang mengapresiasi seorang blogger. Well done! Thank you.

Apa harapan Mak Asti untuk blogger –khususnya bloger perempuan—ke depannya?

Jangan malu untuk memulai blogwalking duluan walaupun ke blog kaum adam, bahkan ke blog yang baru sekalipun, teruslah blogwalking dan jangan pernah ngarep balasan blogwalking dari blogger ybs. Tapi yang pasti blogwalkinglah balik ke setiap blog yang sudah menyisipkan waktunya berkunjung ke blog Emak sekalian.. Jangan angkuh dan merasa blog-nya populer, itu aja hehehe..

Menurut Mak Asti, komunitas blogger itu harusnya seperti apa sih? Apakah KEB sudah memenuhi harapan Mak Asti untuk sebuah komunitas? Ada kritik dan saran, mungkin?

Aku senang grup KEB ini memberikan sebuah apresiasi untuk member setiap bulan nya. Semoga diadakan juga BLOG OF THE YEAR *ribet pasti ini*.

Kalau bisa Mak, beritahukan di peraturan grup kalau semisal kita meninggalkan like di sebuah postingan di grup, artinya si emak blogger tersebut sudah berkunjung ke blog ybs. Jangan asal like saja. Jadi jangan ada dusta diantara kita. Like di grup FB nya doank, berkunjung mahh nggak 😛 Jadi ketahuan gak dibaca.. *karena selama ini kalau saya memberikan sebuah like, pasti saya sudah berkunjung ke blog tersebut*.

Wah, boleh juga nih sarannya Mak Asti, terima kasih ya, akan MakMin pertimbangkan hehehe.

Nah, penasaran ingin berinteraksi langsung dengan Mak Asti? Sila berkunjung ke blognya di http://beautyasti1.blogspot.com, menyapanya di @beautyasti1 (twitter dan IG) yaa.

Sekali lagi, selamat untuk Mak Asti, dan tetaplah berbagi inspirasi dengan ngeblog! 🙂