Oleh: Vivera Siregar | https://viverasiregar.wordpress.com/

**

Halo emak-emak blogger yang cantik. Saya langsung cerita saja soal Food Photography serba sedikit ya, nanti diperkaya dalam tanya jawab.

Dasar Fotografi

Seperti juga dasar-dasar fotografi lainnya, yang diutamakan dalam food fotografi tentunya adalah cahaya dan warna. Rasanya tidak mungkin memotret makanan tanpa warna karena yang diunggulkan dalam makanan adalah “tampak menawan dan bikin kepengen”. Masalahnya apakah semua jenis makanan bagus difoto? Ternyata tidak juga. Kalau pun jawabannya iya, maka harus ada tata letak, dan juga properti yang menunjang hal itu.

Memotret makanan tuh bagusnya pakai apa?

Mungkinkah pakai ponsel? Idealnya tentu saja pakai kamera. Makin bagus kameranya (dan juga harganya), tentunya hasilnya makin bagus. Jadi gimana dengan kamera ponsel? Bisa juga. Kan yang penting “the woman behind“.

Alasan Memilih Mobile Food Photography

Sebetulnya sekarang ini banyak orang yang lebih menyukai mobile food photography ketimbang memotret serius dengan kamera DSLR. Alasannya jelas:

  1. Ponsel selalu bersama Anda
  2. Tak membutuhkan banyak tempat untuk penyimpanannya (relatif lebih kecil daripada kamera)
  3. Mudah untuk di-share ke mana saja. Via e-mail, MMS, layanan jejaring sosial, koneksi bluetooth ke perangkat lain, blog (untuk food blogger)
  4. Mudah diedit menggunakan aplikasi atau fasilitas yang disediakan ponsel.
  5. Bisa mengambil momen tak terduga

Ponsel Apa untuk Mobile Food Photography?

Saya gak boleh nyebut merek, kecuali saya dibayar oleh brand tersebut :). Tapi yang jelas, makin baik harganya, semestinya ya makin bagus kameranya. Perhatikan besaran resolusi. Kualitas foto semakin halus dan makin baik hasilnya apabila memiliki jumlah piksel yang makin banyak.

Besar resolusi menandakan banyaknya titik yang ada dalam gambar tersebut. Foto yang dihasilkan dari kamera beresolusi 2MP (1600 x 1200) piksel menandakan ada 1600 titik di bagian horizontal dan 1200 titik pada bagian vertikal.

Pokoknya kira-kira, minimal MP kamera ponsel 5 MP deh. Syukur-syukur kalau bisa 8MP ke atas. Artinya, sebaiknya ya memiliki ponsel mid level. 8 MP (3264 x 2448) piksel.

Teknik Memotret Makanan

Jelas, Semua orang juga tau, foto makanan harus tampak yummy, kalau orang jadi gak tertarik, ngapain difoto? :D. Supaya kesan yummy itu diperoleh, perlu pengamatan sederhana saja kok, angle, lihat dari sisi mana makanan itu paling kelihatan menarik.

*

Nah, meskipun materinya serba sedikit, tapi sudah banyak ya ilmunya? Tunggu kelanjutannya dalam sesi tanya jawab di bagian keduanya nanti ya, Mak 😉