Hai Maaaak, sudah tahu dong novel Anak Kos Dodol yang sudah difilmkan itu? Kita wajib berbangga hati karena ternyata Mak Dewi Rieka Kustiantari, sang penulis, adalah member KEB juga. Horeeeey *tebar confetti*.

Maka wajar tentu saja jika emak yang kini tinggal di Ungaran bersama suami dan dua malaikat kecilnya ini didaulat menjadi Blog of The Month. Mak Dedew -demikian beliau kerap disapa- sudah mencetak 31 buku solo-duet-trio lho, menulis di banyak buku antologi dan omnibook, juga menjadi kontributor di berbagai website (Hello Semarang, Jakarta Corners, dll). Tidak hanya itu, Mak Dedew juga memiliki toko online di www.tokonabihah.com! Ckckckck, super sekali ya emak yang satu ini.

1423035288746

Yuk, kita berbincang sedikit dengan pemilik blog www. dewirieka.com ini.

Mak Dedew, mulai ngeblog tahun 2005 kalau tidak salah ya? Apa sih motivasi awal membuat blog?

Bikin blog awalnya gara-gara pengen gabung Blogfam, komunitas Blogger Family, mereka rajin bikin proyek buku antologi dan aku pengen ikutan. Syaratnya kudu punya blog, hihihi. Maka aku bikin blog, deh.

Dari ngeblog, Mak Dedew akhirnya bisa menerbitkan buku. Bagaimana sih prosesnya?

Dari artikel yang dimuat di media, aku arsipkan di blog. Pas booming buku komedi, mendadak ide buat mengumpulkan artikel dan tulisan di blog buat ditawarkan ke penerbit. Gara-gara kopdar Blogfam, aku bisa kenal dengan orang-orang yang bekerja di penerbit seperti Bhai Benny Rhamdani yang mengajakku menulis buku pertama Keajaiban Bunga bersama Nunik Utami dan Theresia Anik.

Apakah ada perbedaan antara menulis postingan blog dan naskah buku?

Menulis postingan blog lebih bebas secara tema dan gaya bahasanya. Di blog kita bisa menulis apa saja sesuai mood. Makanya blogku gado-gado banget, eh bukan blog gado-gado tapi blog lifestyle hihihi..

Anak Kos Dodol, dan juga banyak karya Mak Dedew lainnya, cenderung komedik dan kocak, apakah Mak Dedew juga adalah emak kocak yang lucu?

Kalau ketemu langsung banyak yang nggak nyangka hihi aku tuh kalem dan pemalu #cuih, hanya kadang memang bertingkah laku dodol. Seperti salah tempat janjian, atau salah naik bus, yah butuh aqua kayaknya.

Oh iya, dengar-dengar Mak Dedew sempat meraih predikat ‘Ratu Pensil Alis’ ya, bisa diceritakan sedikit, Mak? He he he

Aduh, ketahuan! Alisku kan tipis mak, cenderung gundul, jadi peralatan utamaku kalau kemana-mana bukan ponsel atau dompet kayak orang normal tapi pensil alis wkwkw demi mencegah hal-hal tak diinginkan kalau sampai alisku terhapus, melihat makhluk halus misalnya wkwwk..

Selain menjadi blogger dan penulis, Mak Dedew juga kan terlibat dengan banyak sekali komunitas, bagaimana Mak Dedew menjaga konsistensi menulis (membagi waktu)?

Gara-gara dukungan suami dan mertua mak, hehe. Aku mengurus komunitas kebanyakan via online jadi jarang sih wara-wiri keluar rumah kecuali ada undangan, Biasanya aku tiap hari menulis sambil momong anak, atau menulis pas anak sekolah.

Pernah nggak sih Mak Dedew ‘libur’ ngeblog dan menulis? Kapan? Dan apa yang membuat Mak Dedew bangkit menulis lagi?

Jadwal ngeblogku seminggu tiga kali Mak, jadi ya, kalau akhir pekan biasanya aku meliburkan diri dari kegiatan menulis dan blog. Untuk buku, aku lagi libur nulis nih hehe, isi waktu dengan baca buku dan nonton film untuk recharge ide lagi. Yang membuat bangkit nulis lagi, kalau mengintip isi rekening  bank yang tipis hihihi! Aku bakal semangat lagi nulis, mak! wkwkwk.

Seaworld Ancol13

Mak Dedew juga punya online shop, dan dua bocil yang pastinya menyita tenaga (plus suami tentunya), ada tips khusus untuk tetap sehat dan aktif, Mak?

Intinya aku nggak memaksakan diri Mak, takut tumbang. OS juga online dan barang dikirim dari kantor cabang. Jadi, aku berusaha nggak begadang. Kalau capek ya leyeh-leyeh saja, nggak usah ngapa-ngapain, menikmati rumah berantakan hihihi.

Apa pencapaian tertinggi yang pernah diraih Mak Dedew sebagai seorang blogger?

Apa ya? Banyak berkahnya mak dari menulis blog, aku bisa jadi penulis buku, salah satu pencapaianku gara-gara ngeblog.

Apa peran komunitas (khususnya KEB) dalam dunia blogging menurut Mak Dedew? Ada pesan atau kritik membangun untuk KEB, Mak?

Bermanfaat banget lho ikut KEB, menjadi penyemangat melihat emak blogger yang produktif menulis, yang sering menang lomba atau diundang jalan-jalan gratis (impianku hihihi) kita jadi terpacu semangatnya dan mengulik tips suksesnya, terus jadi dapat informasi dan ilmu baru di KEB, banyak teman baru, seruu..pesan untuk KEB, semoga lebih banyak kegiatan di daerah, ketemu makmin dan mak ketu biar blogger daerah nggak mupeng lihat acara-acara seru di Jabotabek hihihi.

***

Seru yah, Mak, ngobrol sama Mak Dedew, jadi banyak belajar. Barangkali ada yang mau bertanya lebih lanjut dengan beliau, sila hubungi di akun twitternya @dewirieka ya, emak yang satu ini lumayan rajin berkicau kok hehehe. Untuk Mak Dedew, teruslah dodol, eh, teruslah menginspirasi ya, Mak, dengan menulis. Sukses selalu untuk Mak Dedew dan keluarga :).