Wow, judulnya menantang sekali ya, Mak? hihihihi. Judul yang merupakan tema #ArtikelBerbagi di tanggal 16 November 2015 kemarin ini adalah materi dari Mak Astri Damayanti. Yuk langsung kita simak.

***

Malam ini memenuhi permintaan dari Mak Tanti untuk ngisi #ArtikelBerbagi di grup ini. Dari ngobrol-ngobrol dengan para Emak Blogger kalau pas ketemu di acara gathering, jadi tahu kalau sebenernya para Emak ini pada haus ilmu ngeblog. Yang namanya emak emang selalu banyak kepengennya ya.

Lihat ada yang dapat banyak job review, pengen. Lihat hadiah yang diterima blogger menang lomba pengen. Apalagi kalau sudah lihat penghasilan para Blogger yang main Adsense pasti pengen juga. Tapi untuk sampai pada jenjang jadi blogger tukang review, blogger langganan menang lomba ataupun punya pohon duit dari Google Adsense tentu ada prosesnya dong ya. Gak ada cerita kalau instan itu akan bisa bertahan lama, “Easy Come Easy Gone” kalau orang Inggris bilangnya ya mak.

Nah masalahnya adalah blog yang dipakai buat review kemungkinannya sangat kecil untuk bisa dapat iklan dari Om Google. Jadi kita gak bisa serakah mau punya satu blog dengan penghasilan macem-macem. Begitu juga soal penguasaan ilmu ngeblog, kebutuhannya juga berbeda-beda. Kalau yang ngeblog tujuannya cuma buat tempat curhat aja gak penting-penting amat tahu soal SEO apalagi merepotkan diri dengan segala keribetan coding. Tapi setidaknya ilmu dasar soal ngeblog sehat pentinglah buat semua blogger. Jadi kita gak bisa serakah juga pengen ikut ini itu.

Satu hal yang sering dilupakan oleh para Blogger adalah menentukan tujuan di awal ngeblog. Padahal ini penting banget. Tanpa tujuan ngeblog yang jelas akhirnya kita akan kebanyakan mau dan alhasil gak ada yang bener satu pun malahan. Untuk itu lewat kesempatan ini, sebelum jauh melangkah ke dunia Blog  saya ingin mengingatkan kembali apa sih alasan Emak-Emak ngeblog?