Halo, Mak, biasanya apa sih yang menjadi pertimbangan memilih saat kita pengin menginap di hotel? Apakah harga, lokasi atau fasilitasnya?

Sebetulnya banyak faktor yang menjadi pertimbangan saat memilih sebuah hotel dan tentunya pertimbangan tiap orang juga berbeda.

 

Kalau aku sendiri, kalau ingin menginap di hotel, setidaknya 5 hal inilah yang menjadi pertimbangan pemilihannya

1. Lokasi

Lokasi di sini bisa merupakan lokasi yang strategis, misalnya dekat dengan terminal, bandara, stasiun, tempat wisata atau pusat berbelanjaan. Nah, yang kedua bisa merupakan lokasi yang dekat dengan tempat tujuan yang ingin kita datangi.

Kalau aku pribadi, lokasi stategis di pusat kota tapi jauh dengan tempat yang ingin kutuju, pasti bakalan aku skip deh. Misalnya saja nih, aku ingin menghadiri seminar yang letaknya di daerah Surabaya Barat, pasti aku memilih menginap di hotel yang lokasinya seputaran itu.

Pilih hotel di daerah Surabaya Timur juga bisa sih, tapi ya itu jaraknya nggak dekat. Belum lagi kalau macet bikin geregetan. Hahaha. Mending cari yang dekat dengan tempat tujuan aja.

 

2. Harga

Harga juga sangat menentukan nih. Pilihlah hotel yang sesuai dengan bujet yang ada. Kalau bujet kita misalnya cuma 400 ribu, ya nggak usah dipaksain deh menginap di hotel yang harganya lebih dari itu.

Cara lain, cari voucher diskon. Sekarang kan bisa pesan hotel via online, dan diskonnya kadang-kadang juga gede lo!

Aku pernah tuh, menginap di hotel yang harganya 300-an ribu, tapi bayar cuma 10 ribu. Beneran, serius! Dan pernah juga menginap di hotel yang harganya 700-an, tapi bayar nggak sampai 400 ribu.

Pokoknya, harus pinter-pinter nih cari diskonan. Kan asyik kalau dapat hotel yang harganya 700 ribu tapi ada diskon gede  jadi bayar cuma 400 ribu aja. Asyik, kan?

 

3. Fasilitas

Fasilitas apa yang kita harapkan dari sebuah hotel? Misalnya fasilitas kamar (handuk, sabun, mini bar, TV, sandal hotel, jaket hotel, pembuat air panas, hair dyer, dan lain-lain) atau fasilitas hotel (kolam renang, play ground, parking area, wifi, breakfast, dan lain-lain).

Fasilitas ini sih biasanya mengikuti sesuai harga hotelnya. Semakin mahal hotel, tentu fasilitasnya juga akan semakin komplet. Buat yang bawa anak kecil mungkin perlu ya ada pembuat air panas untuk bikin minuman hangat, seperti teh atau susu.

Buat yang ingin santai menghabiskan banyak waktu menginap di hotel, tentu menyenangkan jika fasilitasnya banyak ya. Tapi buat yang lebih banyak kegiatan di luar, berangkat pagi, balik hotel udah malam, ya bisa jadi nggak begitu mementingkan fasilitas di kamar. Yang penting, kasurnya nyaman buat tidur. Kalau kondisinya seperti ini, budget hotel mungkin akan jadi pilihan terbaik.

 

4. Kebersihan

Nah, soal kebersihan ini juga salah satu alasan utama dalam memilih hotel. Kalo buatku sih ini termasuk urutan nomor satu. Pasti nggak bakalan betah tidur di hotel yang jorok. Pernah nggak ngalamin, tidur di hotel yang ada kecoaknya? Aku pernah!

Waktu itu malam Tahun Baru. Kesalahan kami adalah nggak segera pesan hotel jauh-jauh hari. Nah, pas harinya, sibuk deh telpon hotel sana sini, dan udah penuh semua. Itu udah tahun berapa ya, lupa, udah lamaaa. Belum ada yang namanya pesan hotel via online, biasanya pesan lewat travel atau telpon hotelnya langsung.

Banyak juga sih hotel yang masih available, tapi harganya dua kali lipat bujet yang ada. Akhirnya nemu satu hotel yang sesuai bujet, tinggal satu kamar yang kosong. Karena sudah malam, kami memutuskan menginap di hotel itu daripada tidur di mobil.

Pas baru masuk kamar, itu kecoak nongkrong dengan cantiknya di kasur! Kebayang deh, anak-anak pada jejeritan. Hahaha. Langsung aku minta staf hotel untuk mengusir si kecoak itu. Sekali itu aja, nginep di situ. Kapok!

 

5. Pelayanan

Pelayanan atau service ini penting banget lo kalau kita menginap di hotel. Bakalan sangat nyaman tinggal di hotel yang resepsionis dan semua staf hotelnya ramah, murah senyum, dan cekatan. Pasti deh bakal pengin balik lagi ke hotel itu jika pelayanannya memuaskan. Ya kan, Mak?

 

Yup, itulah 5 hal yang biasanya menjadi bahan pertimbanganku memilih kalau kita ingin menginap di hotel. Bagaimana dengan Emak? Biasanya pilih hotel berdasar apa, yuk sharing!