Halo, Mak!

Weekend gini enaknya bikin camilan sendiri di rumah, biar bisa dinikmati bersama keluarga di hari Minggu.  Bikin marmer cake aja deh, bahan utamanya cuma 5 dan mudah sekali didapatkan, yaitu tepung terigu, telur, gula pasir, butter dan baking powder. Resep marmer cake ini aku lihat di IG @tintinrayner. Resep aslinya kutulis di bawah ini, ya.

Karena nggak punya pasta cokelat, aku pakai cokelat bubuk aja. Warnanya kurang cokelat dan bentuk marmernya juga masih kurang cantik, malah nggak keliatan sama sekali motif marmernya. Aku belum bisa nih nuang adonan selang-seling yang rapi, malah belepotan kemana-mana hahaha.

Berbeda dengan cake seperti chiffon dan ogura yang super lembut, marmer cake ini tipikal cake padat dengan aroma khas butter.  Jangan bandingkan teksture marmer cake ini dengan chiffon ya, memang udah beda aliran hihi.

Hasilnya enaaak kok, porinya tetep halus, lembut karena pakai butter. Butter mau diganti margarin? Bisa, tapi hasilnya bisa beda, pori-porinya akan lebih gede dan lebih seret.

 

 

Resep Marmer Cake 5 Bahan

Bahan Marmer Cake :

150 gr tepung protein rendah (kunci biru)

150 gr butter

100 gr gula pasir (bagi 2 menjadi 50 gr + 50 gr)

2 butir telur utuh

6 butir kuning telur

¼ sdt baking powder double act

½ sdt garam halus

½ sdt SP (boleh skip)

Tambahan: 1 sdt pasta vanilla, ½ sdt pasta cokelat

Cara Membuat:

  1. Mixer mentega, gula pasir 50 gr dan garam sampai mengembang lembut ringan, sisihkan.
  2. Di wadah lain, kocok telur, gula pasir 50 gr dan SP sampai mengembang kental sekitar 10 menitan.
  3. Tuang kocokan telur ke dalam kocoka butter, aduk rata. Tambahkan tepung terigu dan BP yang sudah diayak, aduk rata menggunakan mixer dengan kecepatan sedang sampai rata saja, masukkan pasta vanilla, aduk rata.
  4. Ambil beberapa sendok makan adonan, campur pasta cokelat, aduk rata.
  5. Siapkan loyang ukuran 22 cm yang sudah dioles mentega, tuangkan adonan selang-seling bentuk motif memutar dengan sumpit.
  6. Panggang dengan suhu 180 derjat C selama 40 menit atau sesuaikan dengan oven masing-masing.

 

Loyang bisa pakai loyang tulban, biasa disebut juga loyang cincin atau loyang dengan lubang di tengah, adonan akan lebih mudah matang sampai ke tengahnya. Kalo nggak punya loyang tulban bisa pakai loyang yang lebih lebar, hasilnya memang cake akan lebih pendek biar matang merata sampai ke tengahnya.

Yuk, cobain deh resep marmer cake dengan 5 bahan ini!