Yeah, udah tahun baru nih. Selamat tahun baru 2018 ya, Mak! Liburan udah selesai, waktunya kembali ke rutinitas lagi. Semangat! Ngomong-ngomong liburan akhir tahun kemarin kemana, Mak? Kalo liburan ke luar kota, suka naik apa biasanya, pesawat, kendaraan pribadi atau kereta api?

Aku sendiri mudik ke rumah ortu, mumpung anak-anak libur sekolah. Sekarang ini kami lebih suka naik kereta api karena lebih cepat dibanding naik kendaraan pribadi dan sekarang naik kereta terasa nyaman kok.

Pengalaman pertama kali aku naik kereta api sendirian, sempat hampir ketinggalan kereta. Bukan karena telat datangnya, tapi karena bingung cari gerbong keretanya yang mana. Saat semua penumpang sudah naik, tinggal aku sendiri yang kebingungan cari gerbong.

Untung saja ada petugas datang dan memberi tau gerbong mana yang harus kunaiki. Baru saja menapakkan kaki naik ke gerbong, kereta langsung jalan. Huff, nyariiiiiis saja ketinggalan kereta. Cepat banget keretanya berhenti paling cuma 5 menit aja waktu itu.

Kalau kuamati, kondisi kereta api sekarang ini beda banget dengan terakhir aku naik, 6 tahun lalu. Dulu, kereta ekonomi masih nggak ada nomor bangku, jadi penumpang bisa masuk dengan leluasa dan kadang berpindah-pindah tempat duduk semaunya. Sampai ada yang berdiri, ‘umpel-umpelan’ deh pokoknya. Belum lagi penjual makanan yang keluar masuk kereta saat kereta berhenti di suatu stasiun.

Pengalaman paling tidak enak saat naik kereta pernah kualami, saat penumpang merokok di dalam kereta, waktu itu nggak cuma seorang tapi ada 3 orang. Dua orang tepat di depanku dan satu orang di kursi sebelah. Duh langsung pengin turun aja di stasiun terdekat waktu itu, kepala udah mumet kena asap rokok mereka hiks.

Itu dulu sih, Sekarang nyaman banget naik kereta api. Nggak hanya kelas bisnis atau eksekutif, kereta api ekonomi pun sekarang terlihat bersih, rapi, sudah ada nomor bangku dan juga memakai AC.  Ada larangan merokok juga di dalam kereta api. Senangnyaaa.

Nah, saat di perjalanan, aku suka mengamati tingkah lalu para penumpang kereta. Kadang lucu juga loh melihat tingkah lalu para penumpang kereta.

 

 Ini 7 hal yang dilakukan orang saat berada di kereta api:

 

  1. Sibuk dengan handphone

Banyak juga penumpang yang sibuk dengan hp nya,  entah browsing, chatting atau sosmed-an. Nggak kuatir baterai hp habis karena di pinggir tiap kursi sekarang ada colokan untuk charged hp.

 

  1. Ngobrol

Nah biasanya yang ngobrol ini kalo duduknya barengan dengan keluarga atau teman-temannya, bisa ngobrol asyik banget, rameeee. Tapi nggak menutup kemungkinan, ngobrol dengan penumpang yang duduk bersebelahan yang baru dikenal. Itung-itung dapat teman baru.

 

  1. Makan

Banyak kulihat nih orang-orang nyemil makanan ringan seperti keripik, selain makanan berat tentunya.

 

  1. Dengerin musik

Bosan duduk lama di dalam kereta? Dengerin musik aja pakai earphone. Banyak kulihat penumpang yang dengerin musik saat perjalanan di kereta.

 

  1. Pindah tempat duduk

Masih banyak penumpang yang pindah tempat duduk saat melihat ada kursi kosong.  Kadang kalo ternyata kursinya itu ada penumpangnya yang baru naik di stasiun berikutnya, ya santai aja sih, mereka baru pindah ke kursinya sendiri. Kalo tetap kosong, ya lanjut aja duduk di situ sampai di tujuan. Istilahnya nih, untung-untungan, aji mumpung.

 

  1. Selfie

Selfie di dalam kereta. Ah masak sih ada yang seperti itu? Iya, beneran! Beberapa kali aku liat sendiri. Kebetulan penumpangnya cewek semua yang selfie. Benerin rambut dan betulin make up, habis itu selfie deh 😀

 

  1. Tidur

Nah, ini yang paling banyak kulihat, penumpangnya tidur. Biasanya mereka yang melakukan perjalanan jauh, dan banyak yang pakai masker. Awalnya aku bingung juga, kenapa kok banyak yang pakai masker di kereta. Setelah kupikir-pikir, oh mungkin biar si mulut nggak keliatan kali ya. Kalo kita tidur kadang kan mulut suka membuka tanpa kita sadari, kalo pakai masker kan jadi nggak keliatan hehe.

 

Nah, itulah beberapa hal yang biasa dilakukan orang dalam kereta api. Mungkin ada yang baca buku atau koran, tapi jarang kulihat. Aku sendiri nggak pernah baca buku saat di kereta, buka hp juga kalo kereta berhenti sebentar di sebuah stasiun. Begitu kereta jalan ya biasanya hp masuk ke dalam tas lagi, soalnya suka pusing kalo buka hp saat kereta jalan.

Emak suka naik kereta juga? Dari ke 7 hal tadi mana yang biasa Emak lakukan? 😀