Dua tahun lalu, saat diadakan Arisan Ilmu untuk pertama kali di Kota Solo, berawal dari keinginan sederhana, yaitu ingin belajar bersama tentang dunia blog. Maklum, emak-emak blogger di daerah memang haus akan ilmu. Sementara selama ini acara workshop blogging kerap kali di selenggarakan di kota-kota besar.

Satu keinginan sederhana yang kemudian diwujudkan oleh Ety Abdoel dibantu Hana Aina (Nur Aini Effendi). Arisan Ilmu pertama menghadirkan pemateri Makpuh Indah Julianti Sibarani. Selain memberikan materi, Mak Indah sebagai Co Founder juga menyampaikan apresiasi dan menyatakan mendukung aktivitas emak-emak blogger di wilayah Solo Raya untuk mengembangkan diri.

Respon emak-emak blogger di wilayah Solo raya ternyata menggembirakan. Mereka bersemangat dengan adanya Arisan Ilmu. Dari tahun 2016 hingga tahun 2018 tercatat sudah 11 kali Arisan Ilmu terselenggara. Tak hanya itu, di tahun 2018 emak blogger Solo melaksanakan KEBerbagi saat bulan Ramadhan lalu. Di bulan Agustus 2018, emak blogger Solo melakukan kunjungan ke Dilo Solo dalam rangka menimba ilmu mengenai dunia Start Up.

Melihat antusiame dan adanya kebutuhan untuk lebih berkembang maka diperlukan beberapa hal yang mendukung seperti adanya kepengurusan dan media sosial yang akan menjadi sarana menyebarluaskan informasi mengenai keberadaan emak blogger Solo.

Setelah melalui proses penggodokan dengan KEB (Kumpulan Emak-emak Blogger) Pusat didapat susunan kepengurusan KEB Chapter Solo, untuk dua tahun mendatang. Bersamaan dengan diadakannya Arisan Ilmu ke 12, KEB Chapter Solo resmi dilaunching oleh Mak Indah Julianti Sibarani sebagai Co Founder dari KEB, pada tanggal 4 November 2018, bertempat di Grapari Telkomsel.

 

Arisan Ilmu

Peresmian ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Mak Indah dan diserahkan kepada Mak Ety Abdoel sebagai Ketua KEB Chapter Solo. Dalam kesempatan itu, Mak Indah memberikan pesan kepada pengurus agar memiliki hati seluas samudera, tidak boleh egois dan menempatkan kepentingan member di atas kepentingan pribadi.

Usai pemotongan tumpeng, acara kemudian dilanjutkan dengan Arisan Ilmu Workshop Infografis dengan menghadirkan Langit Amaravati, seorang Blogger, Desainer Grafis dan Penulis.

 

Baca yuk: Tips Sukses Menjadi Influencer

Ilustrasi dan Infografis Sebagai Media Komunikasi Yang Mudah Dipahami

Akhir-akhir ini, aktivitas ngeblog itu tak hanya menuangkan ide dalam sebuah tulisan. Keberadaan foto, ilustrasi, infografis bahkan video semakin menunjang agar pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca bisa dipahami.

Menurut Langit Amaravati, seperti disampaikan dalam workshop tempo hari, gambar ternyata lebih mudah dipahami oleh otak manusia. Oleh karena itu, keberadaan gambar dalam sebuah blogpost itu menjadi penting. Terlebih lagi jika blogpost tersebut menghadirkan sejumlah data.

Data tersebut akan lebih cepat dipahami oleh pembaca jika disajikan dalam bentuk infografis ketimbang dalam bentuk narasi. Persoalannya adalah bagaimana caranya membuat infografis tersebut. Mengigat, tak semua emak-emak blogger memiliki pengetahuan dan keterampilan membuat infografis.

Atas dasar inilah workshop infografis diselenggarakan di kota Solo. Langit Amaravati selaku pemateri telah dikenal sebagai blogger idola emak-emak. Kemampuannya meramu kata diikuti pula dengan kemampuan menyajikan ilustrasi dan infografis yang keren. Tak heran, Langit adalah salah satu blogger yang disegani dalam event lomba blog.

 

Arisan Ilmu

 

Langit Amaravati menyampaikan, untuk kebutuhan blogpost, ilustrasi dan infografis bisa dibuat dengan Canva. Selain lebih mudah, pilihan template nya juga banyak. Tapi, jika menghendaki maka emak-emak bisa menggunakan 3 software desain yaitu Photoshop, Adobe Ilustrator, dan Adobe Indesign.

Emak-emak blogger Solo, menerima materi dan praktik dengan ketiga software tersebut. Materi yang cukup berat tak menyiutkan nyali para emak pembelajar. Mereka belajar selama lebih dari tiga jam. Bahkan hingga sore hari. Ini merupakan Arisan Ilmu dengan durasi waktu paling lama.

Meskipun ada hambatan di sana sini, workshop berjalan lancar dan emak-emak berhasil membuat mock up, dan infografis sederhana. Untuk selanjutnya,emak-emak blogger bisa belajar secara mandiri. Keberadaan workshop ini memang sebagai pembuka jalan sekaligus memberikan dasar-dasar menggunakan ketiga software tadi untuk membuat ilustrasi dan infografis.

Hal lain yang membahagiakan adalah kehadiran emak-emak blogger dari kota Surabaya, Magelang dan Jakarta. Kehadiran mereka tentu memberikan warna sekaligus suntikan semangat dalam belajar.

Di akhir sesi, Langit Amaravati menyampaikan bahwa usai workshop akan ada tugas untuk emak-emak blogger. Semoga setelah ini, semakin banyak emak-emak blogger yang memiliki kemampuan membuat ilustrasi dan infografis yang keren.