Hai, Mak! Nggak terasa ya, udah masuk pertengahan bulan Desember. Sebentar lagi udah memasuki tahun yang baru.  Ada nggak sih, Emak yang galau karena sebentar lagi anak kuliah di luar kota, sepertiku? Kalau ada berarti kita seumuran ya, Mak #ihiks 😀

Aku sudah mengalaminya tahun ini, dan lanjut tahun depan akan ada 1 lagi anakku yang bakal kuliah di luar kota. Udah kebayang deh, rumah bakal akan tambah sepi nih *edisi curcol hahaha. Anak tinggal jauh dari kita, memang kadang bikin cemas. Berbagai pertanyaan mulai muncul dalam hati, seperti:

Ntar kalau anak di sana sakit bagaimana?

Apa anak akan kerasan ya di tempat yang baru?

Apa anak nanti bisa mengikuti kuliah dengan baik dan lancar?

Dan lain sebagainya.

Butuh persiapan memang ya, jika sebentar lagi anak kuliah di luar kota. Yang pasti bisa kita lakukan adalah memasrahkan semua pada Tuhan. Mendoakan yang terbaik untuk anak kita. Semoga semuanya lancar dan baik-baik aja. Amin.

Nah, apa saja yang harus dipersiapkan sebagai persiapan anak kuliah di luar kota? Simak terus ya, Mak.

 

5 Tips Persiapan Anak Kuliah di Luar Kota

1. Berburu tempat kos

Untuk anak yang akan kos, usahakan untuk melihat langsung tempatnya. Kalau cuma liat fotonya, ntar bisa nyesel loh kalau ternyata keadaan nggak sesuai harapan.

Dengan melihat langsung, kita jadi tau nih keadaan kost nya seperti apa, apakah tempatnya itu bersih dan nyaman ditinggali, lingkungannya apakah juga aman, lokasi apakah dekat dengan kampus, dan lain-lain. Jangan lupa untuk menanyakan fasilitas apa saja yang disediakan di kos tersebut.

Emak, jangan lelah menemani anak melihat-lihat tempat kos, ya. Hehehe. Kalau bisa sih usahakan jangan mepet-mepet waktu mau masuk kuliah, ntar udah banyak kos yang sudah dipesan, dan pilihan kosnya jadi lebih dikit.

 

2. Cari tau tempat-tempat penting di sekitar kos/kampus

Sebelum waktunya masuk kuliah, cari tau tempat-tempat penting yang dekat kos/kampus, seperti apotek, tempat praktik dokter, RS, tempat makan, tempat ibadah dan supermarket terdekat.

Meskipun sekarang sudah bisa pesan makanan/barang secara online, nggak ada salahnya tau tempat-tempat penting seperti tersebut di atas. Biasanya yang dicari anak kos nih, tempat makan yang bersih, enak dan harganya murmer. Hahaha.

 

3. Bawa barang-barang yang utama/sangat diperlukan

Yup, saat berangkat, bawalah terlebih dahulu barang-barang yang utama dan memang diperlukan, seperti: baju, bawahan, sepatu dan tas untuk kuliah, serta obat-obatan pribadi. Lainnya bisa dicicil bawanya, mungkin bisa dibawa saat orang tua mengunjungi anaknya, bisa juga dikirim aja ke kos biar praktis.

Kalau mengantarkan anak memakai kendaraan pribadi, mungkin masih bisa ya bawa barang banyak. Tapi jika naik kendaraan umum semisal kereta, bus atau pesawat, tentu akan menyulitkan jika barang bawaannya banyak banget, apalagi jika pergi sendirian.

Jadi bawa barang sepraktis mungkin, yang penting-penting dulu dibawa. Pertimbangannya, untuk barang-barang yang bisa dibeli di sana (misal snack untuk kebutuhan di kos) ya beli aja di sana.

Barang-barang yang lumayan ‘makan’ tempat banyak seperti selimut, sepatu, buku bisa juga dikirim ke kos. Selimut tuh, kalau tebel bisa hampir menuh-menuhin 1 koper sendiri loh 😀

 

4. Pilih operator seluler paling lancar di tempat kos tersebut

Bikin cemas kan ya kalo anak disms atau ditelpon nggak bisa-bisa. Di-WA nggak dibaca.

Jangan-jangan sedang sakit?

Eeh ternyata… masalahnyaa cuma nggak ada sinyal atau wifi kos lemot. Hahaha. Kalo sekali, dua kali sih nggak apa-apa. Tapi kalo sering nggak bisa dihubungi kan bikin deg-degan dan gemez.

Nah, pilih operator seluler yang paling lancar di daerah itu, karena tiap tempat pasti beda deh kelancarannya.

Penting juga untuk tau nomor HP pemilik kos, teman sekamar, atau teman satu kos anak kita, untuk kita hubungi jika ada sesuatu yang ingin kita sampaikan tetapi anak ditelpon nggak bisa-bisa.

 

5. Manfaatkan waktu bersama keluarga

Nah, sekarang… selama sebelum keberangkatan anak kuliah di luar kota, manfaatkan waktu luang bersamanya. Karena pada saatnya nanti, kita sebagai orang tua harus siap melepas anak mencapai  impian dan cita-citanya.

 

Yup, itu aja sih beberapa hal yang harus dilakukan untuk mempersiapkan anak kuliah di luar kota. Hmmm, apa lagi, ya? Silahkan nih, Emak yang sudah menjalani punya anak kuliah di luar kota untuk menambahkan.

Sharing ya, Mak 🙂