Tempat wisata apa yang terpikir jika berlibur bersama keluarga, terutama liburan bersama anak-anak usia sekolah (SD. SMP dan SMA) di Kota Jakarta, ibukota negara?  Kota Tua? Monas? atau Dunia Fantasi Ancol? Kalau jawaban anak-anak saya; petualangan seru di Dufan! 

Di liburan Idulfitri 1440 Hijriah lalu, kami sekeluarga mudik ke Jakarta setelah lima tahun pindah ke Yogyakarta. Anak-anak sudah kangen kota kelahiran mereka. Selain bersilaturahmi dengan sanak saudara, bagi anak-anak acara liburannya adalah jalan-jalan. Nggak ke mana-mana, hanya satu pilihan mereka Dunia Fantasi di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Terakhir mereka berkunjung ke Dufan di tahun 2012. Sudah lama banget, katanya. 

Petualangan Seru di Dufan dan Sejarahnya

Dunia Fantasi atau populer dengan sebutan Dufan, tempat hiburan yang terletak di Kompleks Taman Impian Jaya Ancol (TIJA) Jakarta. Diresmikan pada 29 Agustus 1985, Dufan dibangun untuk membangkitkan imajinasi pengunjungnya seakan-akan berjalan-jalan ke Indonesia (zaman dulu), Asia, Amerika, Eropa, Yunani, dan lainnya. 

Maskot Dunia Fantasi adalah seekor kera bekantan yang diberi nama Dufan. Maskot kera mengingatkan pada zaman dahulu kala, kawasan Ancol adalah kawasan kera, terutama kera bekantan, satwa langka yang dilindungi. 

 

Petualangan Seru di Dufan Ancol yang Tak Terlupakan

 

Dengan luas mencapai 9,5 hektar, areal Dunia Fantasi dibagi dalam sembilan kawasan dengan tema dan ciri khas masing-masing, yaitu Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika, Yunani, Hikayat Kalila dan Fantasy Lights. Selain menjadi pusat hiburan outdoor, Dunia Fantasi merupakan kawasan edutainment fisikia terbesar dengan Indonesia yang memanjakan pengunjungnya.

Nah, berikut ini cerita tentang apa saja yang kami dan anak-anak lakukan di Dunia Fantasi Ancol. Saya sih hanya mencoba wahana permainan yang biasa-biasa saja, bukan yang uji nyali atau ekstrim. Selain takut, khawatir juga kalau tiba-tiba saat mencoba, saya pingsan. Kan nggak lucu, sudah besar gini, pingsan karena takut.

Rekomendasi Petualangan Seru di Dufan untuk Anak Usia 10 tahun ke bawah.

Dunia Fantasi itu bisa didatangi pengunjung dari segala usia, tapi kalau untuk permainannya, selain usia, dipertimbangkan juga tentang tinggi badan. Di beberapa wahana permainan, ada yang diperuntukkan untuk pengunjung dari usia 1 tahun seperti:

 

Petualangan Seru di Dufan yang Tak Terlupakan

  • Istana Boneka. Ini favorit banget. Setiap berkunjung ke Dunia Fantasi, pasti tidak melewatkan ke Istana Boneka, yang berupa terowongan penuh dengan boneka yang bergerak. Dengan menaiki kereta air, anak-anak disuguhi pertunjukan dari boneka-boneka yang indah. Istana Boneka ini ada di kawasan Indonesia, yang juga ada permainan untuk anak remaja seperti tornado dan histeria yang menjadi wahana ikonik.
  • Wahana Ice Age. Anak-anak bisa menonton karakter dari Ice Age dan menelusuri zaman es.
  • Di Kawasan Hikayat, selain Ice Age, anak-anak pasti suka dengan The Mysterious Island. Petualang Seru di Dufan tak terlupakan dengan merasakan 3D Simulator.
  • Treasure Land. Anak laki-laki pasti suka banget dengan wahana ini, karena bisa turut serta dalam berbagai aksi dalam pentas bergerak yang menyajikan tembakan, ledakan, juga aksi air dan api.
  • Alap-alap. Ini mini roller coaster yang diperuntukkan untuk anak-anak usia 8 sampai 12 tahun dengan tinggi badan minimal 130 cm.
  • Dunia kartun. Ini wahana baru, di mana anak-anak bisa bermain-main sampai puas berupa permainan: Turbo Drop, Kolibri, Zig Zag, Karavel, dan kalau anaknya pemberani bisa mencoba ontang anting, baling baling atau paralayang.

Dan petualangan seru di Dufan tak lengkap rasanya jika tak menonton pertunjukan di wahana Fantastique, yang berlokasi di Exit Dufan atau pintu ujung wahana Hello Kitty Adventure. Biasanya, pengunjung Dufan menonton ini di paling akhir setelah puas menikmati berbagai wahana permainan.

Petualangan Seru di Dufan yang Tak Terlupakan

 

Saat kami berkunjung ke Dunia Fantasi, kami disuguhi pertunjukan dengan tema nasional yaitu Seribu Candi. Fantastique ini merupakan perpaduan seni drama dengan tampilan laser 3D dan video mapping 3D, satu-satunya di Indonesia. Pertunjukannya hanya sekali setiap hari yaitu pukul 18.30 WIB.

Untuk harga tiket, ya memang agak sedikit mahal sih. Tapi menurut saya, sesuailah dengan segala fasilitas permainan yang bisa dinikmati. Harga tiket per orang itu Rp 325 ribu. Kalau rombongan dengan peserta lebih dari 10 orang, bisa loh dapat harga promo dengan menghubungi pengelola Taman Impian Jaya Ancol.

Oh ya, pada saat petualangan seru di Dufan itu, sedang kami dapat annual pass, berupa bonus gratis setahun ke Dunia Fantasi tanpa harus bayar lagi. Annual Pas kami berlaku dari Juni 2019 hingga Juni 2020. Ngantri banget sih waktu bikin annual pasnya, tapi sepadanlah dengan gratis setahun tanpa bayar ke Dufan. Siapa tahu kan di liburan sekolah nanti bisa ke Dunia Fantasi Ancol lagi bersama anak-anak.

 

Dunia Fantasi Ancol