Hola Maks, ada yang masih belum punya simpanan atau tabungan untuk masa depan atau jaga-jaga kalau ada keperluan atau kebutuhan mendadak, di luar keperluan atau kebutuhan yang sudah terencana? Kalau sudah punya, pilih tabungan atau investasi seperti apa nih?

Apa Tabungan atau Investasi yang Bermanfaat ?

Berawal dari pertanyaan seorang emak member Kumpulan Emak Blogger (KEB) di WAG Emak Blogger, mak Ida Raihan, tentang tabungan online apa yang rekomen dan terpercaya, terciptalah diskusi tentang pentingnya mempersiapkan tabungan atau investasi dalam keuangan rumah tangga.

Beberapa orang emak blogger menyarankan untuk menabung emas di salah satu marketplace tenar di Indonesia, ada juga yang menyarankan via aplikasi tabungan online, yang minimal tabungannya disesuaikan dengan kemampuan calon penabung.
“Bisa 50 ribu, malah ada yang nabung Rp 10 ribu saja. Kalau tabungan online mah bebas nabung berapa saja bisa.”

“Menabung emas di Toped, bisa berapa saja. 10 ribu atau 300 perak pun bisa. Misalnya belanja di sana, 10.700, bayarnya 11 ribu, 300nya dipakai untuk beli emas, jelas salah seorang emak blogger.

Untuk menabung emas online ini, setiap transaksi akan ada notifikasinya ke email. Dan setiap bulan akan terima report, berapa total investasi emas yang kita punya. Tabungan atau investasi emas semacam itu bagai beberapa orang memang mengasyikkan dan fleksibel, karena dananya nggak dibatasi maksimal atau minimunnya berapa. Emas pun bisa dijual kapan saja via marketplace tersebut.

Tetapi, menabung emas secara online itu ada juga yang merasa nggak enaknya. “Lebih enak tabungan atau investsi emas secara fisik, semisalnya kalung, gelang, cincin atau perhiasan emas lainnya.”

Mengapa emas fisik lebih baik? Karena bisa dipakai dan pakai perhiasan itu bisa bikin happy. Walau memang kalau dijual, rugi sedikit dari harga beli.

Tabungan atau investasi lain untuk jangka panjangan yang disarankan emak blogger lainnya adalah reksadana, saham, deposito, obligasi, SBN atau tabungan material bangunan (jika ingin membangun rumah, ruko atau kost-kost-an yang lagi marak), dan juga tabungan atau investasi dengan memelihara hewan ternak seperti sapi dan kambing.

Tabungan atau Investasi Hewan Ternak? Yang benar saja, memang apa manfaatnya, seperti itu kira-kira yang berkecamuk dalam pikiran kita, yang tidak biasa dengan investasi semacam itu. Tapi ternyata, sudah banyak lho yang melakukan investasi dengan memelihara sapi dan kambing itu.

Yang perlu dipikirkan dalam menabung atau investasi melalui hewan ternak adalah:

  • Punya lahannya atau tidak? Luaskah?
  • Kalau nggak punya lahan, bisa dititip ke orang untuk dipelihara. Bisa dipercaya nggak?
  • Harus tahu manajemen kandang (untuk hewan peliharaan) yang baik.
  • Masalah pakan ternak, obat atau vitamin untuk ternaknya sendiri.

Tabungan atau investasi dengan memelihara ternak memang dirasakan berat di awal, tapi bagi sebagian orang yang sudah melakukannya bertahun-tahun, keuntungan yang didapat itu lumayan besar, bisa untuk menutup keuangan keluarga selama satu tahun.

Jadi, tabungan atau investasi yang seperti apa yang bermanfaat dan menarik khususnya buat para emak/perempuan?

Semua bermanfaat dan menarik, yang penting adalah rutin tiap bulan menyisihkan anggaran dari dana keluarga untuk menabung atau berinvestasi.

Jika ingin menabung emas, pelajari dengan seksama apa keuntungan dan kerugiannya, terutama untuk harga emas saat kita beli dan perkiraan saat kita ingin menjualnya nanti.

Jika ingin menabung atau berinvestasi melalui reksadana, SBI, obligasi, deposito, saham atau investasi lainya, harus benar-benar mengerti dan paham, apa yang dimaksud dengan investasi-investasi tersebut. Apalagi nih, perempuan (terutama yang sudah menikah dan punya anak), menjadi menteri keuangan rumah tangga.  Walau dipikirkan bareng dengan suami, menabung atau berinvestasi itu, sudah harus dipikirkan demi masa depan cerah ceria.