Hola lagi, Mak! Kali ini saya mau ajak Emak bikin giveaway nih. Iyaaa, Mak. Giveaway ini juga merupakan salah satu jenis konten yang bisa jadi andalan untuk meningkatkan traffic dan engagement.

Ada yang belum pernah bikin giveaway? Bisa dicoba lo, lumayan buat nambah traffic dan engagement, bonusnya sih biasanya follower juga nambah tuh~

Nah, kalau memang mau coba-coba bikin giveaway di blog, saya mau kasih sedikit tip nih, biar lancar bikin giveawaynya, Mak.

Nah, coba lakukan beberapa tip bikin giveaway berikut supaya laris manis, dan banyak yang ikutan

 

7 Ide Hadiah Ulang Tahun Ke-17 untuk Si Remaja

1. Tentang peraturan

Nah, Mak, yang pertama kali dilakukan memang merumuskan aturan main giveawaynya.

Sebaiknya sih disesuaikan dengan tujuan kita bikin giveaway, misalnya supaya ngangkat kunjungan ke blog? Atau, nambah follower/subscriber blog? Atau untuk mempromosikan produk tertentu?

Nah, sesuaikan aturan main dengan tujuan ini, Mak. Misalnya, kalau mau angkat kunjungan ke artikel-artikel, coba kasih aturan main: sebutkan 5 artikel terfavorit pembaca.

Nah, bisa nih, mereka jadi ubek-ubek blog kita kan?

Atau, kalau mau mempromosikan produk tertentu, buku misalnya. Sediakan foto buku untuk bisa di-save. Lalu minta pembaca untuk posting foto buku di akun media sosial masing-masing. Yang sudah post, setor link postingannya.

Atau kalau mau nambah subscriber/follower, ya tinggal minta aja peserta untuk follow/subscribe, nah nanti tinggal diundi. Ini yang paling gampang nih.

2. Keep it simple

Mak, nggak ada orang yang mau disuruh ngerjain hal-hal yang rumit. Termasuk dalam giveaway. Jadi, sebisa mungkin kalau mau bikin giveaway, maka aturannya pun harus dibuat simpel dan ga “ngerepotin”.

Yang nggak simpel itu yang kek gimana?

Ya, misalnya, mesti sebutkan 5 postingan favorit, masih disuruh follow, masih juga disuruh nyebarin banner di medsos, dan masih disuruh ngetag teman.

Fyuh, banyak bet, Mak! Kalau kayak gini juga nggak jelas, tujuan bikin giveaway kita itu apa.

Dibikin gampang aja deh. Misalnya kalau sudah diminta untuk menyebutkan 5 postingan terfavorit, ya udah nggak usah follow dan sebagainya. Karena peserta pasti udah cukup effort utk “baca” dan mengunjungi 5 artikel kan? Ya, diasumsikannya begitu.

Jadi meski rulesnya mengikuti tujuan giveaway, perlu dipikirkan juga nih tentang effort yang harus dilakukan oleh pesertanya. Ya, kalau bisa juga disesuaikan dengan hadiahnya nanti.

3. Hadiah

Nah, ngomongin soal hadiah, lanjut ke poin berikutnya nih. Hadiahnya apa ya yang paling oke?

Yaaa, nggak perlu yang susah-susah kok, Mak. Bisa handphone, televisi flat, atau mobil juga boleh *eaaaak* saya juga mau dong! 😆

Hadiahnya boleh apa pun kok, yang semampu kita. Bisa voucher (belanja, salon, spa, atau apa pun), pulsa juga boleh. Atau pernak-pernik bikinan Emak sendiri juga bisa tuh.

Kalau tujuannya untuk mempromosikan produk, bisa juga tuh produknya yang jadi hadiah, Mak. Nanti minta pemenangnya untuk ngereview di blog atau akun medsosnya. Kan lumayan tuh~ Dibantuin promosi yekan?

Konten Terlaris Menurut Survei Buzzsumo
4. Ajak partner

Nah, kalau mau lebih ramai–dan mungkin hadiahnya bisa jadi nambah–ajak partneran seseorang, Mak. Misalnya sesama blogger, untuk bikin giveaway bersama. Bakalan lebih seru deh, pasti!

Siapa tahu, hadiahnya bisa patungan supaya lebih gede juga kan? Nanti promosinya juga bisa barengan, jadi menjangkau lebih banyak orang.

5. Promosikan!

Nah, ini yang penting, jangan berhenti promosiin giveaway yang Emak adakan! Kalau saya sih biasanya promosi giveaway blog pribadi bisa setiap hari di medsos, tapi digilir, Mak. Dan dengan pengantar yang berbeda-beda.

Kalau Emak mempromosikannya di Twitter atau Instagram, jangan lupa untuk colek akun-akun kuis, Mak. Ada banyak tuh~ Coba disearch aja, dengan keywords “kuis” atau “giveaway” gitu. Pilih akun berbahasa Indonesia ya.

Biasanya sih mereka mau tuh nge-retweet ataupun nge-repost postingan giveaway kita. Dan, lumayan mendatangkan peserta juga lo!

6. Pilih pemenang

Nah, tentukan kriteria pemenangnya, Mak. Apakah ada kriteria tertentu, atau mau diundi aja?

Kalau mau diundi, jangan lupa disebutkan di postingan aturan main giveaway ya. Kalau bisa sih, kriteria penilaian juga disebutkan sih. Ya, supaya pesertanya jelas aja gitu 🙂

Tentunya, kita harus memilih pemenang terutama dari mereka yang sudah mematuhi aturan main ya, Mak.
Jangan pilih peserta yang alpa atau lupa melakukan aturan, meski hanya satu. Nggak fair buat yang lain kan?

7. Bersiap akan hal buruk

Hah? Hal buruk apaan?

Enggak, Mak. Kadang giveaway-giveawat kayak gini sering kejadian ada saja yang nggak puas. Nah, ini kita harus siap ya, Mak. Meski nggak selalu terjadi juga sih. Keep in mind, bahwa kita nggak mungkin bisa menyenangkan semua orang.

Jadi, selama kita yakin apa yang kita lakukan sudah bener dan sesuai aturan serta etika, ya sudah. Tak perlu dibaperin.

 

Nah, itu dia beberapa tip bikin giveaway yang sukses di blog. Ada yang mau nambahin, Mak? Atau, mau cerita pengalaman seru saat bikin giveaway? Boleh dong, ditulis di kolom komen ya!