Apa yang terlintas di pikiran pertama kali jika menyebut, mendengar atau membaca wisata pantai di Kalimantan Selatan? Pasar Terapung, ya kan. Pasar yang berlangsung di atas air, yang lokasinya berada di ibukota Kalsel, Banjarmasin. Pasar Terapung ini sudah sangat terkenal, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga mancanegara. Bahkan salah satu televisi swasta nasional pernah menjadikan Pasar Terapung ini sebagai ikon TV mereka. Padahal, wisata Kalimantan Selatan tidak hanya Pasar Terapung. Ada 11 kabupaten yang memiliki keindahan alam pantai dan wisata tersembunyi, terutama pantai yang berada di pesisir tenggara provinsi. Salah satunya adalah Pantai Gedambaan, yang terletak di Desa Gedambaan, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan.

Pantai Gedambaan Kalimantan Selatan yang Wajib Dikunjungi untuk Berlibur

Kabupaten Kota Baru berjarak sekitar 370 km dari Kota Banjarmasin, Ibukota Kalimantan Selatan. Merupakan pulau terpisah sekitar 2 mil laut dari daratan Pulau Kalimantan. Kota Baru memiliki wisata alam yang sangat indah namun belum begitu populer. Pantai Gedambaan.

Bahkan saya sendiri baru tahu wisata pantai ini sejak pindah pindah dan tinggal di Kabupaten Kota Baru.

Pantai Gedambaan dikenal oleh warga sekitar dengan sebutan Pantai Sarang Tiung ini. Sebelum mendapat nama resmi Pantai Gedambaan. Lokasinya tidak jauh dari jantung kota kabupaten, Kota Baru, Sekitar 14 km dengan waktu perjalanan 30 menit, kita sudah bisa indahnya hamparan pasir di pantai ini.

Pantai Gedambaan menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar karena keindahan yang memang menawarkan kesejukan dan ketenangan yang selalu membuat rindu untuk datang kembali.

Jika emak dan keluarga merencanakan untuk berlibur ke Pulau Kalimantan dan mampir ke Kalimantan Selatan, jangan lupa berwisata ke Pantai Gedambaan. Ini beberapa alasan Pantai Gedambaan wajib dikunjungi:

  • Keindahan alamnya yang memikat.
  • Cocok untuk wisata keluarga:Pantai ini direkomendasikan untuk wisata keluarga karena berbagai fasilitas seperti wahana modern untuk anak-anak dan keluarga.Tersedia penginapan atau cottage berfasilitaskan AC, TV dan kulkas bersama keluarga (4-5 orang). Ini daftar harganya :
    1. Tiket Masuk : Rp. 5000 (Hari Biasa), Rp. 10.000 (Weekend)
    2. Penginapan : Rp. 250.000/Malam
    3. Sewa Ban : Rp. 5000 (Sepuasnya)
    4. Sewa kursi Pantai : Rp. 25.000 (Sepuasnya)
  • Tidak hanya bisa menikmati keindahan alami pantai, tapi bisa juga sekadar refreshing tipis-tipis atau berburu spot foto terbaik, untuk ditampilkan di media sosial.

Pantai Gedambaan Kalimantan Selatan, Wisata Alam Wajib Kunjung

Selain fasilitas dan sarana yang sudah biasa saat wisata, ada hal yang berbeda jika berkunjung ke Pantai Gedambaan Kalimantan Selatan ini. Di tempat wisata alam ini, kita dapat menikmati nuansa khas penduduk lokal yang kental dan memikat.

Daerah pesisir Kalimantan Selatan memiliki budaya dan kekhasan lokal yang lekat dengan produk olahan hasil laut. Begitu juga di Pantai Gedambaan, sangat mudah mencari rumah makan, warung atau penjual eceran sekitar pantai yang menjual produk olahan berbahan khas ikan Tenggiri, yang merupakan maskot Kabupaten Kota Baru.

Mulai dari makanan siap santap di tempat, dengan kualitas premium hingga camilan ringan khas Banjar, Pentol Ikan Tenggiri.

Makan bakso ikan beku beli di supermarket tentu sudah biasa, yang luar biasa adalah makan bakso ikan tenggiri di pinggir pantai dengan langsung ditusuk dari panci gerobak sepeda paman pentol yang sebelum makan lebih dulu dicelupkan ke saos manis atau pedas yang tersedia. Kenikmatan yang hakiki, seperti itu kata anak muda zaman sekarang.

Dengan bumbu khas rumahan warga lokal, baik ikan segar maupun ikan olahan berupa pentol ikan tenggiri akan selalu menjadi pemanggil rindu untuk kembali datang ke pantai ini.

Kalau beruntung, meski sudah banyak pusat pengolahan ikan modern di sekitar Pantai Gedambaan, masih bisa melihat nelayan lokal membawa ikan hasil tangkapan yang masih segar langsung dari perahu penangkap ikan di sekitar pantai.

Produk khas Kota Baru yang terkenal hingga seluruh Indonesia adalah Kerupuk Amplang. Di Pantai Gedambaan, dengan mudah kita menemukan produk amplang lokal dengan berbagai varian rasa, mulai dari rasa orisinal hingga rasa-rasa lainnya, khas lokal Kota Baru.

Oleh-oleh lainnya adalah Dodol Kandangan, Kerupuk Kuku Macan, yaitu sejenis dengan Amplang namun berbentuk lebih kecil dan bertekstur lebih halus dan padat dan bermacam olahan khas Kalimantan Selatan lainnya.

Jarak Tempuh dan Transportasi ke Pantai Gedambaan

Pantai Gedambaan

Perjalanan dari Banjarmasin, ibukota Kalimtan Selatan, menuju Pantai Gedambaan, sekitar 4 jam non stop melalui jalur darat. Untuk transportasi ke sana, bisa dengan rental mobil atau bus antar Kota dalam provinsi dari Terminal Pusat Kota Pal 6, Banjarmasin. Biayanya sekitar Rp. 175.000,-

Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan kapal feri untuk menyeberang sekitar 30 menit. Tiba di daratan Pulau Laut, Kabupaten Kota Baru. Biaya kapal feri untuk sepeda motor, harga tiketnya Rp 25 ribu per motor. Sedangkan mobil dikenakan biaya Rp 165 ribu permobil.

Jika menggunakan perjalanan udara, dari Bandara Samsudinoor Banjarmasin ke Bandara Gusti Syamsir Alam Kotabaru hanya menempuh waktu 45 menit, dengan harga tiket pesawat yang bisa dicek di penyedia layanan tiket pesawat terbang.

Selain ke Pantai, saya pastikan kalian tidak akan bosan sekalian menelusuri pusat kota Kotabaru dan Batulicin, yang juga populer di kalangan masyarakat Indonesia melalui kisah sukses para pengusaha batubara di sana. Kota Kabupaten yang meski terpelosok dan jauh dari ibukota, namun perkembangan kotanya sangat signifikan dan pesat berkat anugerah alamnya.

Pantai Gedambaan Kalimantan Selatan, Wisata Alam Wajib Kunjung

Jadi,  kami warga Banua menunggu kunjungan kalian di Tanah Bumbu untuk menikmati keindahan alam Pantai Gedambaan Kalimantan Selatan.

***

Blogpost tema wisata dari Clara Agustina Tifani, peserta Kelas Blog Kumpulan Emak Blogger (KEB).

Clara, narablog  http://claratifani.blogspot.co.id

Instagram         : Claraagustinatifani