Pengin Dapat Job di Blog? Siapkan 5 Hal Ini Dulu!

By Carolina Ratri on June 27, 2022

Dapat job di blog? Wih, siapa yang enggak mau? Saya juga mau sih, Mak. Ada job buat saya? Ehe.

Memang, sepertinya inilah yang menjadi motivasi sebagian besar bloger zaman sekarang, baik yang baru mulai ataupun yang sudah cukup senior. Yaitu, bisa menghasilkan dari blog, baik itu job review atau jenis sponsored post lainnya. Bahkan, kalau saya lihat-lihat, ngeblog selalu menjadi top of mind dalam setiap tip menghasilkan uang dari internet loh, di website mana pun.

Luar biasa memang. Apakah memang sebegitu gampangnya bisa menghasilkan pendapatan dari blog? Ternyata, tidak, Marimar. Untuk bisa menghasilkan dari blog itu ternyata tidak segampang yang disebutkan dalam berbagai artikel yang bisa ditemukan di seantero jagad maya. Bahkan, kalau mau dijelaskan secara detail, from A to Z, menghasilkan uang dari blog itu penjelasan prosesnya bisa satu buku sendiri, setebal 300 halaman 😆

Oh well, kita enggak akan bahas terlalu detail seluruh prosesnya sih. Faktanya, justru kunci untuk bisa dapat job di blog itu adalah saat sebelum mulai mendapatkan job. Yes, persiapannya.

Banyak yang bilang, bahwa ngeblog dengan tujuan untuk mendapatkan uang itu sebaiknya dihindari. Tapi kalau menurut saya kok enggak sepenuhnya keliru. Memang, uang sebaiknya tidak menjadi motivasi utama dalam ngeblog. Tetapi, kalau kita sejak awal sudah ingin memonetasi blog, maka sebenarnya ini akan lebih menguntungkan juga bagi kita. Pasalnya, kita jadi tahu arah ngeblog kita ke mana. Apa yang harus dilakukan, apa yang harus disiapkan. Ya, seperti bisnis pada umumnya. Kan kudu disiapkan rencana dan strategi bisnisnya dengan matang, baru eksekusi satu per satu. Begitu juga dengan ngeblog.

So, kalau Emak pengin dapat job dari ngeblog, coba lakukan beberapa hal berikut ini sebelumnya.

Cara Menambahkan External Link Tanpa Mencederai Blog

Mau Dapat Job di Blog, Siapkan 5 Hal Ini Dulu!

1. Modal konten

Satu PR besar yang harus dikerjakan untuk bisa dapat job di blog adalah modal konten. Enggak ada ceritanya, klien ujug-ujug datang ketika blog kita masih kosongan. So, blog memang harus diisi dulu, sebelum akhirnya bisa dapat job.

Konten enggak sembarang konten. Boleh-boleh saja mengisi blog kita dengan cerita atau curhat keseharian. Toh, balik lagi, blog kita personal. Tapi, lebih daripada itu, kalau memang pengin dapat job di blog, perbanyaklah konten-konten yang berguna buat orang lain.

Kok buat orang lain, kan itu blog kita? Yah, memang benar, kita boleh saja memikirkan diri sendiri saat menulis blog. Gue maunya begini, eikeh mau cerita ini. Bebas. Tapi, orang lain juga bebas memikirkan dirinya sendiri. The hard truth is, lebih banyak orang lain yang datang untuk mendapatkan solusi atas masalah mereka, alih-alih untuk membaca konten yang bercerita tentang diri kita sendiri.

We are selfish, they are wayyy more selfish.

Jadi, buatlah konten yang berguna buat orang lain, agar orang lain mau berkunjung dan membaca artikel blog kita. Meski kita menulis berdasarkan pengalaman, buatlah supaya more relatable ke orang banyak. Perbanyak artikel-artikel atau konten-konten seperti ini, sebelum dapat job.

Emak bisa baca lagi artikel tentang Pillar Post di sini, untuk semakin memahami apa itu konten berkualitas ya.

2. Mainkan SEO

Sudah punya konten yang bermanfaat, sekarang saatnya mainkan SEO. SEO tanpa konten berkualitas, atau konten tanpa SEO yang benar, akhirnya ya sama saja. Sama-sama tidak akan mendorong kenampakan artikel Emak di mesin pencari, yang akibatnya enggak banyak orang yang bisa menemukan blog Emak.

SEO buat blog itu sebenarnya simpel saja, tidak serumit media online atau website bisnis. Sudah banyak artikel tentang SEO di website Kumpulan Emak Blogger ini. Emak bisa baca dengan saksama. Salah satunya artikel tentang prinsip-prinsip SEO ini.

Pengin Dapat Job di Blog? Siapkan 5 Hal Ini Dulu!

3. Buat About Me yang mengesankan

About Me buat bloger profesional ibarat Curriculum Vitae, alias CV. (Calon) Klien akan “menilai” kita dari konten-konten yang kita miliki. Agar dapat lebih membantu mereka, sediakan About Me yang representatif sebagai salah satu laman statis di blog.

Apa saja yang seharusnya ada di About Me? Di antaranya:

  • Nama, boleh nama pena jika ada
  • Domisili
  • Minat atau ketertarikan pada hal tertentu
  • Pernah bekerja sama dengan siapa saja
  • Akun-akun media sosial, jika ada
  • Kontak, misalnya saja email

Emak bisa pelajari cara membuat laman About Me yang efektif, dengan menghindari kesalahan About Me yang umum terjadi ini.

4. Optimasi media sosial

Zaman sekarang, biasanya job di  blog itu sepaket dengan konten untuk media sosial, mulai dari Instagram, Twitter, TikTok, YouTube, sampai Facebook. So, pastikan Emak juga menyiapkannya agar nantinya bisa jadi elemen penambah untuk penawaran pada klien.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Buat nama user yang sama dengan nama/alamat blog
  • Perbanyak pillar content, seperti halnya pillar post di blog
  • Siap untuk tidak di-private
  • Belajar optimasi media sosial yang baik, karena setiap platform beda karakteristiknya

5. Siap untuk belajar terus

Dunia ngeblog itu perkembangannya sangat pesat. Ya, wajar sih, kan hubungannya sama teknologi. Belum lagi soal trennya yang juga bergerak cepat. So, bersiaplah untuk mengejar langkah.

Maksudnya sih, bukan lantas menjadi pengabdi tren. Misalnya, trennya lagi beauty, bahas beauty. Lalu, topik traveling moncer, ikut-ikutan jadi traveler. Trennya keuangan, lantas langsung ganti juga ke keuangan. Bukan gitu, Mak. Capek sendiri kalau kayak gitu mah. Karena kalau kayak gitu, yang ada Emak akan jadi “newbie” terus di ceruk-ceruk blognya.

Maksudnya begini, sekarang foto-foto original karya sendiri lebih disukai, so, belajarlah ambil foto dengan baik. Sekarang, zamannya video, belajarlah bikin video yang layak. Atau, reels lagi ngehits, belajarlah membuat reels yang menarik.

Jadi, tren yang diikuti adalah tren yang bisa membuat kita lebih jago ngeblog dan ngontennya. Sedangkan untuk ceruk atau topik, ada baiknya nggak terlalu banyak diganti. Semakin tampak spesialis atau ahli kita dalam satu hal, akan semakin baik.

Nah, itu dia beberapa hal yang harus disiapkan jika Emak ingin dapat job di blog. Gimana? Susah? Well, tentu harus siap kerja keras sih, untuk segala sesuatu, ya kan, Mak? Apalagi kalau mengharapkan imbal yang besar, ya tentunya berbanding lurus dengan usaha.

Semoga bermanfaat ya. Happy blogging!

Comments (1)

July 16, 2022

keterampilan yang penting untuk dimiliki dalam membuat materi blog. terutama adalah menguasi SEO, saat ini algoritma Google selalu update, sehingga konten yang kita buat harus selalu update terus dengan Mesin google..

Thanks sudah mau berbagi,, semangat terus dan sukses selalu


    Leave your comment :

  • Name:
  • Email:
  • URL:
  • Comment: