Rahasia Sukses Lancar ASI untuk Ibu Bekerja

By admin on February 04, 2024

Apakah memungkinkan ibu bekerja bisa tetap menyusui anak? Jawabannya, bisa! Mungkin sebagian masyarakat menganggap kalau menjadi ibu bekerja sangat sulit membagi waktu. Termasuk menganggap tak mudah ibu bekerja untuk tetap menyusui anak. Kenapa? Karena selama ini ibu bekerja selalu identik dengan  pekerjaan yang seolah tanpa henti sehingga tak mudah untuk membagi waktu hingga menyusui anak. 

Mak, percayalah, walaupun ibu bekerja, masih bisa loh tetap memberikan ASI kepada anak. Mungkin terkesan tak mudah, tapi tak perlu risau apalagi ragu terhadap diri sendiri dengan keiginan memberikan ASI kepada anak. 

MakMin mengenal banyak loh Emak-Emak walaupun bekerja tapi masih meluangkan waktu untuk memompa ASI di sela-sela pekerjaannya. Bahkan banyak juga yang berhasil memberikan ASI selama dua tahun kepada anaknya. 

Ibu bekerja juga bisa memberi ASI eksklusif. 

Tapi memang, bagi ibu bekerja memberikan ASI itu memiliki beberapa kendala yang menjadi penghambat ibu bekerja memberikan ASI. Misalnya, masih kurangnya dukungan dari perusahaan yang memberikan ASI, kesulitan membagi waktu antara pekerjaan dan urusan rumah tangga hingga kelelahan dengan aktifitasnya selama ini. Belum lagi orang terdekat yang meragukan ibu bekerja dapat memberikan ASI. 

Kalau Emak selama ini ragu mampu memberikan ASI kepada anak karena sibuk bekerja, MakMin punya rahasia sukses lancar ASI untuk ibu bekerja. Rahasia sukses ini sudah MakMin terapkan sehingga bisa sukses menyusui. 

Apalagi ASI memiliki banyak keuntungan. ASI ini terbukti bisa meningkatkan daya tahan tubuh bayi hingga meningkatkan kecerdasan. ASI juga menyebabkan pertumbuhan yang baik serta mengurangi kejadian karies gigi. Bagi ibu, ASI juga memiliki keunggulan dari aspek kesehatan. Jadi, isapan bayi pada payudara akan merangsang terbentuknya oksitosin oleh kelenjar hiposif. Nah oksitosin ini membantu pengecilan rahim sehingga mencegah terjadinya pendarahan pasca kelahiran. 

 

Baca Juga: Air Susu Ibu (ASI) dan Media Sosial

 

Ada yang ingin tahu apa rahasia sukses lancar ASI untuk ibu bekerja ? Pertama-tama, kuatkan niat untuk bisa memberikan ASI kepada anak. Niat ini terlihat sepele tapi penting karena menjadi pendukung utama kita untuk bisa memberikan ASI. Niat ini juga bisa dilakukan dengan melakukan survey tips menyusui sebelum melahirkan. Setidaknya, Emak punya persiapan dan pengetahuan awal sebelum menyusui. 

Salah satu cara agar ibu bekerja bisa menyusui anak adalah dengan memompa ASI.

Kedua, bekerja sama dengan suami sebagai support system terkuat dan terdekat untuk lancar berikan ASI. Saran MakMin, diskusikan sejak awal ke suami untuk sama-sama mendukung memberikan ASI. Dukungan suami ini penting karena akan memberikan penyemangat juga dan bahkan membantu memberikan ASI kepada anak.  

Hal-hal sederhana seperti memijat Emak ketika capek akan memberikan semangat positif dan kebahagiaan yang membuat Emak jadi semangat memberikan ASI. Bahkan kalimat-kalimat pujian dari suami atau bahkan membantu mengerjakan urusan rumah tangga membuat Emak bisa lebih bahagia karena Emak jadi lebih semangat memberikan ASI.  Percayalah, kalau Emak bahagia, ASI pun akan lancar! 

Rahasia ketiga, makan-makanan bergizi dan cukup minum air putih. Tidak perlu makanan mewah tapi cukup dan bergizi. Misalnya makan ikan kembung yang mengandung manfaat yang bagus bagi ibu menyusui dan anaknya. Daripada stres karena merasa harus makan-makanan yang mahal harganya, lebih baik pilih makanan yang diperoleh dengan mudah dan harga terjangkau untuk kesehatan ibu menyusui dan anak. Jangan lupa perbanyak minum air putih. Saran MakMin, minumlah air hangat sebelum menyusui karena air hangat membantu merangsang ASI keluar lebih banyak. MakMin sudah buktikan loh! 

Faktor terpenting dari keberhasilan ibu bekerja memberi ASI adalah perasaan bahagia.

Lanjut rahasia keempat, perseringlah menyusui atau memompa ASI. Jadi dengan semakin sering menyusui akan membantu payudara untuk menghasilkan lebih banyak ASI. Nah semakin sering ASI dikeluarkan dari payudara maka payudara akan semakin gencar memproduksi ASI. 

Supaya sukses menyusui bagi ibu bekerja, jangan lupa siapkan perlengkapan agar bisa tetap menyusui walaupun kembali pekerja. Perlengkapannya misalnya pompa ASI, tas menampung ASI perah, hingga botol penampung ASI. Dengan perlengkapan yang ada, semoga menjadi penyemangat untuk memberikan ASI kepada anak. 

Oh ya supaya lancar ASI, rahasia kelimanya, Emak harus bahagia ya. Kalau Emak bahagia maka akan membuat ASI lancar. Bahagianya Emak tuh sederhana saja. Misalnya masih curi-curi waktu buat baca buku, ngeteh sore sepulang kerja atau misalnya mendengarkan lagu kesukaan. 

Nah, kira-kira itu rahasia sukses lancar ASI bagi ibu bekerja. Ada Emak yang memiliki pengalaman menyusui? 

Rach Alida Bahaweres

Comments (30)

February 6, 2024

Terima kasih tipsnya makmin. .
Ibu bahagia bisa lancar mengasihi sampai 2 tahun. Alhamdulillah diberikan kesempatan menjadi busui. Pernah merasakan jadi ibu bekerja di kantor dan tetap mengasihi. Perjuangannya mulai dari memerah asi sampai cuci botol2 heheu. Apalagi drama mati lampu mak. Masya Allah.
Langsung cari tempat lain supaya asi tetap berkualitas.
Pengalaman pada anak pertama walau hanya 3 bulan, berkesan sekali


February 6, 2024

Aku tu baru menyadari di anak kedua bahwa koentji asi sukses lancar jaya adalah mood ibu yang bahagia. Nah sebelumnya di anak pertama masih kurang edukasi makanya asinya seret meski uda minum pelancar asi jg.


February 6, 2024

Alhamdulillah dulu waktu masih kerja bisa ngasih ASI anakku sampai usia 18 bulan. Karena aku sempat kena demam berdarah, jadilah anakku dulu berhenti ASI hampir diusia 2th. Kalau dulu kantorku mendukung sekali untuk para ibu bekerja, jadi saat memompa asi untuk anakku juga ada tempat khusus gitu.


February 6, 2024

Ingat dulu mak aku kasih ASI saat masih bekerja. Aku pompa dulu dan terpenting banyak makan bergizi agar ASInya banyak dan kental ya


February 6, 2024

Saya juga punya pengalaman menyusui ketika masih bekerja. Dulu sempet-sempetin mompa ASI ketika jam istirahat. Jadi setelah makan siang, meluangkan waktu untuk mompa ASI dulu sebelum lanjut kerja lagi.


February 7, 2024

Niat yang kuat dan rasa bahagia, ini beneran efektif banget sih menurut saya, karena kalau sudah bahagia, mau apa saja jadi enteng hawanya.

Alhamdulillah di kantor saya, kini tersedia ruang laktasi, sebagai salah satu upaya juga untuk mendukung pemberian ASI pada para karyawan perempuan.


February 7, 2024

Belum pernah menyusui sih, mak karena hamil aja belum, hhehe
Tapi saya sangat salut dan bangga dengan para ibu bekerja yang dapat membagi waktunya untuk selalu stock ASI saat di tempat kerja, lebih lebih dengan tempat kerja yang mendukung juga
Dan tips di atas betulan manjur, untuk ibu bekerja bisa lancar ASI nya


February 7, 2024

Tipsnya okee banget inii. Bener ya poin paling penting itu niat dan perasaan bahagia. Kalau udah niat tapi masih gak happy happy amat kayanya lumayan kerja keras banget juga. Tapi kalau dijalani sambil happy, InsyaAllah bisa lancar banget menyusuinya deh.

Btw, penasaran kenapa gak pakai poin-poin gitu mak untuk menginfokan tips tipsnya? 😀


February 7, 2024

Keraguan dari orang terdekat, apakah Ibu bekerja bisa tetap memberikan ASI atau tidak, merupakan beban sih untuk Emak. Tapi dengan persiapan yang baik, insya Allah Ibu bekerja bisa tetap memberikan ASI untuk buah hati. Tetap semangat untuk Ibu bekerja yang sedang menyusui.


February 7, 2024

Sebagai emak-emak rumahan, saya sama sekali tidak mengalami perjuangan mengASIhi sbg ibu bekerja. Namun, membaca pengalaman2 ibu2 bekerja, mengASIhi eksklusif tetap bisa dilakukan sembari bekerja di luar rumah. Ada lho tetangga saya dokter gigi, pas saya ke tempat praktik utk cek gigi anak saya, dia mompa asi (elektrik) sembari melakukan pekerjaan sbg dokter gigi. Zaman skrg soal peralatan mengasihi mah uda makin macem2 yaa…tinggal gmn memanage mood dan suasana supaya ibu tetap bahagia demi produksi asi lancar jaya.


February 7, 2024

ibu bekerja asal benar-benar niat dan bertekad buat menyusui anaknya banyak sih yang bisa sampai 2 tahun. sayangku aku pas anak ke-2 cuma bisa kasih asi ke anak sampai umurnya setahun karena kurang rajin pumping. huhu


February 7, 2024

Kalau pas masih ngantor dulu, belum ada ruang khusus untuk kebutuhan laktasi dan pumping. Tapi ada beberapa kubikel tertutup yang bisa dimanfaatkan buat pumping ASI dan ada kulkas buat nyimpen. Kalau dari pihak kantor koordinatif menyediakan fasilitas sih InsyaAllah bakal lancar urusan ASI buat si kecil


February 7, 2024

Paling happy dengan saran kelimaaa..

MashaAllaa~
Allah menciptakan ASI dengan segala kelebihannya yaa.. Dan ketika emak bahagia, ASI pun menjadi lebih banyak produksinya.


February 7, 2024

Tips yang sangat bermanfaat ini Mak!

Aku setuju suami memang support system terkuat dan terdekat sehingga Ibun lancar berikan ASI ke bayi.

Aku pun waktu itu dapat full dukungan suami, sehingga mendukung saat memberikan ASI kepada anak-anak


February 7, 2024
April Hamsa

Bahagia nomor satu ya kalau buat busui mah. Apalagi kalau punya support system yang baik yang bisa membantu merawat bayi dan kasi dukungan buat kasi ASI.
Selanjutnya tinggal mengatur manajemen ASI-nya dan pumping dengan gembira supaya kebutuhan ASI anak tercukupi..


February 7, 2024

Bener nih ibu yg bahagia otomatis ASI nya juga lancar jadi inget awal2 anak pertama aku happy cu jadi rada susah tuh ASI nya keluar, karena pas punya anak jauh dari orang tua kali ya…


February 7, 2024

MengASIhi saat ibu bekerja itu memang perjuangan banget sih, aku ngalami waktu anak pertama dan ke lima, dimana aku perah ASI agar nyaman saat bekerja dan bayi tetap terpenuhi. MAkanya butuh banget support dari keluarga dan lokasi kerja


February 7, 2024

Jadi ingat jaman kerja dulu dan masih punya bayi, emang terasa banget perjuangannya untuk mengASIhi. Mana dulu belum banyak temannya klo mau memompa ASI di kantor. Jam kantor juga kurang ramah pada busui. Alhamdulillah jika sekarang para mama mendapatkan support system yang baik dari keluarga maupun tempat kerja.


February 8, 2024

Iya, rahasia lancar menyusui itu selain makan makanan bergizi ya harus bahagia yaa mamanya, jadi dukungan orang rumah terutama pasangan sangat dibutuhkan biar lancar ASInya


February 26, 2024

berat atau ringan memang tergantung NAWAITU nya.
Alhamdulillah, dulu pas mengAsihi anak ..aku masih kerjo jugaak.
tapi kudu semangaattt dan niat kuat

hamdalaahhh, bisaaa
chayooooo emak2


February 27, 2024

kayaknya aku termasuk yang lumayan untuk memberikan ASI ketika bekerja, meski gak sampai 1 tahun but i think it’s count as achievement lah ya heheheh memvalidasi sendiri


February 27, 2024

Intinya memang emenurutku kita sebagai orangtua pasti berusaha untuk tetap memberikan ASI kepada anak ya. Dan kita juga tahu kalau ASI memang terbaik buat anak


February 27, 2024

Ya Allah membaca ini jadi inget dulu perjuangan mengASIhi meskipun tetap bekerja dari ranah publik. Walaupun nggak bisa dikatakan sepenuhnya berhasil sih, tetapi tetap seneng aja kalau mengingat kenangan itu.


February 27, 2024

Alhamdulillaah aku berkesempatan memberikan ASI hampir 2 tahun kepada anak-anakku. Sempat sih zaman si sulung dulu aku masih bekerja di sebuah bank. Ini tantangannya sangat berat. Perlengkapan pompa ASI harus dibawa. Harus punya persediaan ASI di rumah ditaruh di kulkas dll. Support system suami dan keluarga tentunya baik sekali. Terlebih lingkungan kerja dan orang-orang sekitar pun turut berepan.


February 27, 2024

Jadi kangen ih masa-masa kerja dulu bisa ngasih ASI untuk anakku, padahal awalnya kayak gak yakin bisa lancar. Alhamdulillah… Lingkungan kerja pun mendukung dan support dari keluarga dan teman kantor luar biasa.


February 27, 2024

Nah iyaaa, ini pengalaman adekku sendiri yang meskipun bekerja tapi bisa mengASIhi full 2 tahun.emang harus istiqamah dan konsisten, dan yang paling penting adalah adanya dukungan suami. Misalnya bantu pekerjaan rumah tangga, pijat-pijat Pundak, biar makin bahagia dan ASI nya lancar.


February 28, 2024

Tahun 2010 aku melahirkan anak pertama dan masih kerja, saat itu banyak teman2 ibu “seangkatan” yang sama2 baru nikah dan baru lahiran. Biasanya pada ngumpul di toilet wanita mompa asi. Padahal saat itu kondisi kantor kami di hutan (tambang). Jadi kalo yg di hutan aja bs mompa asi apalagi yg tinggalnya di kota. Bismillah semua ibu bisa mengasihi


February 28, 2024

Ibu bekerja juga bisa sukses menyusui
Selama ada dukungan dari orang sekitar
Misalnya kantor yang menyediakan ruang menyusui dan kesempatan memerah asi


February 28, 2024

Pijatan suami sangat efektif mendongkrak produksi ASI. Saya termasuk sukses hamil dan menyusui di usia 40 tahun karena support suami dan rajin memompa ASI. Padahal dua kakaknya terdistrak oleh sufor ketika kerja.


February 28, 2024

Memang kalau ingin ASI lancar tuh awal-awalnya ada masa-masa perjuangannya ya..
Dan itu beneran kudu “keras kepala” banget siih..
Kalau gampang putus asa, gajadi mengASIhi dengan penuh cinta karena pasti uda berhenti di tengah jalan.


    Leave your comment :

  • Name:
  • Email:
  • URL:
  • Comment: