Pernahkah Emak bercermin lalu sebal pada pantulan bayangan sendiri yang ada di kaca? Ini yang sedang saya rasakan, tepatnya sejak dua minggu lalu tapi hilang timbul. Yang terparah mungkin hari ini, bayangan hitam itu semakin nyata. Yup, kantung mata.

Ada lingkaran sedikit berwarna kehitaman di kedua mata saya, kerutan halus yang membuat mata tampak sembap dan berkantung. Parahnya, pagi ini saya nyaris seperti panda 🙁

 

Trik Sederhana Mengatasi Kantung Mata

Penyebab timbulnya kantung mata ini tidak lain karena kebiasaan buruk saya, yaitu begadang, terlalu lama di depan komputer, main BB di saat lampu kamar sudah memakai lampu tidur (remang-remang), kurang minum, dan–menurut salah satu sumber yang saya baca–faktor keturunan.

Untuk mengatasi kantung mata ini, sebenarnya banyak tip praktis yang lumayan manjur dan bisa dengan mudah kita temukan di Google ya, Mak. Cara melakukannya juga mudah, di antaranya:

  • Mengompres kedua mata kita menggunakan air es, atau memasukkan es batu kelipatan kain lalu tempelkan ke kedua mata kita yang terpejam.
  • Menggunakan irisan mentimun, atau parutan bengkuang dan kentang.
  • Juga bisa menggunakan susu cair, dengan cara membasahi kapas dengan susu lalu tempelkan. Diamkan beberapa saat.

 

Bisa Juga Diatasi dengan Mengompres Mata Menggunakan Kantung Teh Bekas

Tapi berhubung pagi ini saya menyeduh teh favorit saya, yaitu teh hijau, maka saya manfaatkan saja.

Ternyata teh hijau juga efektif sebagai salah satu solusi mengatasi kantung mata agar terlihat samar, selain black tea dan chamomile tea. Hal ini karena teh hijau mengandung antioksidan dan senyawa anti inflamasi, yang disebut EGCG. Senyawa ini telah diteliti mampu mengurangi cairan yang menyebabkan mata terlihat sembap dan bengkak.

Saya biarkan kantung teh hijau bekas itu beberapa saat mengompres mata saya, setelah itu mata saya usap menggunakan air es. Alhasil mata saya tidak tampak bengkak dan sembap lagi. Warna kehitaman juga tampak samar meski belum hilang seluruhnya.

Dan tip praktis mengatasi kantung mata ini sepertinya akan sering saya lakukan, mengingat kantung mata jika dibiarkan akan menjadi semakin parah dan menetap. Jika diperlukan kita juga bisa menggunakan eye cream untuk menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit di sekitar mata.

Tapi, Mak, tip-tip ini atau eye cream sekalipun mungkin tidak akan ada gunanya jika kita tidak menghindari penyebab hadirnya kantung mata ini ya. Jadi, ada baiknya kita mendengar saran dari Bang Haji Rhoma Irama untuk tidak begadang terlalu sering, dan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk lainnya. Sebaliknya perbanyak minum air putih dan biasakan berolah raga dengan teratur.

Jika tidak puas dengan tip praktis dan alami, Emak bisa juga menggunakan terapi kedokteran modern yang berkembang saat ini. Misalnya, seperti botox yang sangat efektif mengurangi kerutan, mengembalikan elastisitas kulit, dan menghilangkan kantung mata.

Untuk saya sepertinya tip alami di atas sudah cukup sih. Lantaran bagi saya, kecantikan lahiriah bukanlah segalanya. Sebaliknya, menjaga dan merawat yang dianugerahkan Tuhan merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita. Tentu saja dengan cara-cara yang tidak berlebihan.

Sepakat nggak, Mak?

 

Penulis: Irma Susanti