Penulis : Nunik Utami

Seru! Itu kesan yang ada di kepala saya tentang kegiatan yang satu ini. Minggu, 11 November 2012, saya tiba di Parkir Selatan Senayan pukul 11.00. Suasana sudah ramai, sebab acara Nova Ladies Fair sudah berlangsung sejak jam 7 pagi.  Booth-booth berwarna putih berjajar menyambut kedatangan setiap pengunjung. Masing-masing booth menawarkan berbagai produk dan program. Ada booth dari Bagel Bagel, Sedap, Saji, Nova, Rudy Hadisuwarno, dan tak ketinggalan, booth Kumpulan Emak-Emak Blogger (KEB).

Pada booth KEB tampak Mbak Wiwik (Wylvera) dan Meti Mediya yang duduk manis sambil bertugas menjaga booth. Pin KEB dan buku-buku karya para penulis yang juga anggota KEB, berjajar rapi siap menanti pembeli.

Kumpulan Emak-emak Blogger di Nova ladies Fair 2012

Dari pintu masuk sudah terdengar seseruan dari booth-booth yang ada. Rupanya, di booth Saji sedang dilaksanakan demo memasak sekaligus icip-icip. Beberapa pengunjung memenuhi booth dan berebut untuk mencoba spaghetti serta kue-kue yang baru matang. Di tempat lain, booth Nova mengadakan acara Nova Model Hunt. Seluruh pengunjung boleh berfoto di spot yang telah disediakan, lalu foto tersebut di-upload di Facebook dan nantinya pihak Nova akan memilih peserta yang layak menjadi model. Seru banget, ya?

Pada bagian tengah area terdapat panggung utama. Di panggung inilah bintang tamu seperti SM*ASH dan grup band Cakra Khan akan beraksi. Bagian panggung dan sekitarnya tampak paling ramai dibanding area lain.

Tepat di samping panggung disediakan tenda khusus untuk para pengisi acara, yang disebut dengan backstage (actually it’s not really backstage, karena bukan di belakang panggung ;)). Salah satu pengisi acaranya siapa lagi kalau bukan anggota-anggota KEB? Nah, bagian inilah yang paling menarik. Sebanyak tujuh orang anggota KEB yaitu saya (Nunik Utami), Mira Sahid, Elisa Koraag, Olly Koraag, Haya Aliya Zaki, Komala Waya, dan Nurlia, siap memeriahkan acara dengan menampilkan fashion show dan flash mob dance, bersama beberapa komunitas lainnya. Adapun komunitas yang terlibat di acara Nova Ladies Fair, antara lain :

  1. Kumpulan Emak-Emak Blogger
  2. Perangkai Bunga
  3. Komunitas Rajut
  4. Komunitas Organik Indonesia
  5. Hijabbers Mom
  6. Ibu Ibu Doyan Nulis
  7. LA FEMME PETTISERIE
  8. MOMPRENUER
  9. TOBUCIL
  10. Komunitas Rumah Kalung
  11. Komunitas Jantung Sehat
  12. Muslimah Backpacker
  13. Female Photographer
  14. Indonesia Food Blogger
  15. Komunitas Korea

Eits! Fashion show dan flash mob dance-nya bukan sembarangan, lho, sebab, sejak satu bulan sebelumnya, kami rutin berlatih agar show ini berjalan lancar.

Anggota KEB yang saya sebutkan di atas, berkumpul di dalam tenda backstage untuk berdandan dan ganti pakaian. AC di dalam tenda ini membuat suasana sejuk, berbeda dengan udara terik di luar. Setelah semua disulap menjadi lebih cantik, para pengisi acara pun bersiap-siap di luar.

Tepat pukuk 14.30, fashion show dimulai. Karena temanya adalah fashion on the street, saya dan seluruh pendukung berlenggak-lenggok di jalan, tepat di depan panggung utama. Kami mengenakan pakaian dari para desainer seperti Itang Yunasz dan lain-lain.

Aprilda veronica Koraag – KEB

Mira Sahid – Founder KEB

Haya Aliya Zaki – KEB

Nunik Utami – KEB

Elisa Koraag – KEB

Waya Komala – KEB

Para penonton yang terdiri atas pengunjung, wartawan media, dan para peserta acara lain, menyimak dengan antusias. Saya dan teman-teman seperti menjadi artis karena banyak kamera professional para pekerja media yang merekam acara.

Fashion show selesai, saya dan teman-teman langsung berganti pakaian untuk pertunjukan selanjutnya yaitu flash mob dance, yang akan berlangsung dua jam lagi. Saya yang menjadi penari pertama pada flash mob tersebut, tak sabar menanti acara. Saya ingin semuanya cepat selesai. Waktu istiarahat yang dua jam itu saya gunakan untuk konsentrasi dan mengingat-ingat seluruh gerakan, sambil mendengarkan musik yang sudah saya download di ponsel. Maklumlah, berbeda dengan peserta yang lain, saya harus menari dua tarian full! Fiyuuuhh….

Pukul 5 lebih, flash mob dimulai. Begitu musik dimulai, saya mulai “pecicilan” sendirian di tengah-tengah kerumunan penonton. Maaf ya, kalau saat itu saya nggak tahu malu dan joget-joget sendirian di tengah keramaian. Hihihihi …. Saat itu, yang saya pikirkan hanya satu: dulu saya bertahun-tahun menjadi dancer, sering mengisi acara TV (juga acara off air) dan tidak pakai malu, kenapa sekarang harus malu?

Sepanjang lagu, satu per satu dancer masuk ke arena, hingga lagu pertama selesai. Setelah itu, kami semua ber-Gangnam Style bersama. Wuaaahhh, suasana semakin seru!

Pertunjukan pun terlaksana dengan sukses! Heboh, senang, dan bahagia terpancar dari hati yang paling dalam!

KEB memang keren! Semua anggotanya punya semangat yang menyala dan energi yang tampaknya tidak pernah habis. Semoga kegiatan-kegiatan ini tidak berakhir di acara Nova Ladies Fair. Terima kasih untuk semuanya, terutama Mak Mira Sahid yang mencolek saya untuk gabung dan antar jemput setiap latihan ^_^.

Selesai mengisi acara, saya dan teman-teman berkumpul sebentar di booth KEB. Setelah itu, kami berpisah. Saya langsung menuju food court dan baru meninggalkan lokasi acara pukul 19.00.

Bravo KEB!

Terima kasih untuk Tabloid Nova yang telah melibatkan Kumpulan Emak-emak Blogger dalam ‘event’ kali ini, apalagi kami bisa mengenal komunitas perempuan lainnya yang juga turut berpartisipasi dalam NLF2012. Tidak hanya kegembiraan yang kami dapatkan, tapi kami pun bisa mengenal teman-teman baru antar komunitas.