Penulis: Ratna Amalia

Berawal dari nonton featurenya di salah satu episode Oprah dan ternyata juga beliau ini di Linkedin, jadi makin interest dengan profil Sir Richard Branson.

Multi bilyuner kewarganegaraan Inggris ini sangat down-to-earth, very humble.  Beliau sangat accessable, semua karyawan [baca semua level] dapat bertemu dengannya dan membicarakan apa saja.  Beliau ini sangan menekankan pada hubungan humanis, kesetaraan dan tidak pernah membedakan orang.  Sifat ini tercermin juga pada kedua anaknya yang nggak kelihatan seperti anak-anak dengan orang tua super rich daddy lainnya.  Anak-anak itu bercerita; hingga mereka menginjak usia dewasa, orang tua mereka melindungi mereka dari media.  Mereka dididik sebagaimana anak-anak biasa lainnya.  Mereka bilang yang membedakan mereka hanyalah pekerjaan ayah mereka saja.  Selebihnya mereka, sama seperti anak-anak “normal” lain. Buah jatuh memang tidak jauh dari pohonnya.

Okay back to topic, mari kita intip 5 tips sukses entrepeneur grondong ini yang disarikan dari artikel berikut, semoga bisa jadi meningkatkan usaha kita di tahun depan.

1. Lebih banyak “mendengar” daripada bicara
Secara manusia punya 2 telinga dibandingkan mulut yang cuma satu. Mendengarlah dengan hati. Bertemu dengan banyak orang, jangan hanya diam di belakang meja karena ide-ide brilian kadang datang dari sumber yang tidak terduga.

2. Keep it simple
Supaya lebih unggul dalam bisnis, menurut Sir Richard kita harus melakukan sesuatu yang berbeda dari lainnya. Tampil beda tidak berarti harus kompleks alias ribet. Ada banyak solusi bisnis sederhana menanti.  Yang perlu kita lakukan adalah fokus paka permasalahan dan inovasi yang kita rencanakan.

3. Bangga
Tanamkanlah rasa bangga dalam bekerja. Refleksi rasa bangga akan nampak pada bagaimana kita mengerjakan hal yang sukai.

4. Lakukan dengan rasa gembira
Jika Anda bangun di pagi hari dan merasa mengerjakan bisnis Anda adalah sebuah tugas, maka saatnya untuk mencoba sesuatu yang lain. Segala sesuatu jika dikerjakan dengan rasa gembira artinya Anda sedang menebarkan keikhlasan.  Insya Allah aura positif itu meluas, dirasakan oleh orang-orang di sekeliling Anda dan menghasilkan hasil yang yang lebih baik.

5. Belum berhasil ? Coba lagi !
Anda seorang pengusaha dan usaha yang Anda rintis belum berhasil ? Jangan menyerah, coba lagi.  Karena setiap pengusaha sukses pernah mengalami hal yang sama.  Yang penting, bagaimana Anda belajar dari kegagalan tersebut.  Jangan kecil hati atau bahkan mundur.  Pelajari dan analisa kegagalan tersebut untuk Anda ambil inti sari sebagai dasar kebangkitan Anda.

Sumber:
http://www.linkedin.com/today/post/article/20121002115242-204068115-five-top-tips-to-starting-a-successful-business?trk=eml-mktg-top12-s-1219-p1