Welcome to The Real World

By admin on January 30, 2013

Penulis: Dewi Yuwono

Setelah berbulan-bulan persiapan, hingar bingar pesta dan kumpul sanak kerabat telah usai serta bulan madu telah berlalu, sampailah saya pada kehidupan yang sebenarnya, kehidupan rumah tangga. Dimulai dengan pindahan ke rumah kontrakan, mengatur perabotan rumah, pengaturan uang belanja dan urusan rumah tangga lainnya. Sebagai perempuan bekerja yang sebelumnya sendiri dan bebas saya mengalami sedikit “gegar” di kehidupan awal pernikahan saya.

Jika sebelumnya saya hanya hidup mengurus diri saya sendiri,setelah menikah ada suami saya yang harus saya perhatikan dan saya rawat tentu saja. Belum lagi urusan rumah tangga yang sempat membuat saya kusut berat bahkan sebelum sampai ke kantor. Karena saya tidak memiliki asisten rumah tangga setumpuk cucian dan setrikaan menjadi pemandangan setiap hari, memasak untuk sarapan dan makan malam, mengatur uang belanja, belanja untuk stok di kulkas, membersihkan rumah (karena saya paling tidak bisa melihat rumah berantakan) menampung air (agak susah air di kontrakan saya) dan lain –lain yang menambah remuk  badan yang sudah remuk redam akibat pekerjaan di kantor yang overload.

Saya sempat sakit dan kelelahan juga sering telat sampai ke kantor namun perlahan saya menemukan berbagai cara yg efektif dan efisien mengurus rumah tangga, sekedar berbagi trik siapa tahu ada newly wed seperti saya yang sedang stres mengurus rumah tangga..hihihihi..

  1. Di akhir pekan buatlah bumbu dasar untuk memasak, seperti bumbu putih, kuning dan merah. Membuat bumbu kadang memakan waktu yang tidak sedikit, kalau anda sudah punya bumbu dasar memasak akan lebih cepat terutama di pagi hari. Apa saja isi bumbu dasar ini, bisa anda search di internet.
  2. Buatlah daftar menu untuk seminggu sebelum belanja, jadi selain anda tidak bingung mau masak apa selama seminggu, daftar belanjaan akan membuat waktu belanja anda lebih cepat dan tidak over budget..hehehe.
  3. Buatlah masakan yang bisa disimpan di kulkas untuk dimasak lagi, biasanya saya menyimpan ayam, tahu, dan tempe ungkep,lalu berbagai sambal dalam kemasan seperti sambal pecal dan sambal terasi.
  4. Pakailah mesin cuci, karena mencuci dengan tangan sangat memakan waktu selain itu sambil mencuci kita bisa mengerjakan pekerjaan yang lain.
  5.  Sepulang kantor usahakan mencicil setrikaan, karena semakin ditumpuk semakin tinggi gunungan seterikaan dan kita semakin stres. Jika tidak sanggup gunakan jasa setrikaan di laundry dekat rumah.. 😉
  6. Gunakan tikar daripada karpet, selain mudah dilipat tikar juga mudah dibersihkan dan tidak menyebabkan debu di rumah, toh sekarang sudah banyak tikar yang bermotif cantik tidak kalah dengan karpet.
  7. Last but not least bangunlah lebih pagi… banyak hal yang bisa kita lakukan jika kita bangun lebih pagi.

Sekian tips dari saya, bagaimanapun kehidupan berumah tangga seru untuk dijalani dan mendatangkan berbagai pengalaman yang tidak akan anda dapatkan dimanapun.

Happily newly weds…. 😉