EOTMJuli2013

Selamat ya Mak, sudah terpilih sebagai Emak of July 2013. Para Board dan Makmin bangga pada emak. Mohon diisi dulu data berikut:

Nama: Lidya Fitrian

Url: http://www.fitrian.net

Biodata singkat: Seorang ibu rumah tangga dengan 2 orang putera. Kegiatan sehari-hari mengurus keluarga dan waktu luang dipergunakan untuk online di dunia maya.

Mohon dijawab pertanyaan berikut:

Makmin: Lagi sibuk khitanan Pascal ya, mak? Selamat ya, semoga menjadi anak yang sholeh.

EoM: Aamiin, terima kasih ya atas perhatiannya

Makmin: Sejak kapan Emak mulai ngeblog?

EoM: Awal ngeblog tahun 2008 di Multiply

Makmin: Apa tujuan Emak ngeblog waktu itu?

EoM: Saat itu suami full bekerja dirumah, ada fasilitas internet sayang kalau tidak dipergunakan jadi ikutan ngeblog sambil belajar bagaimana sih ngeblog itu. Sebagai ibu rumah tangga saya juga butuh teman dan saat awal ngeblog senang sekali banyak menemukan teman baru.

Makmin: Pernah mendapat kesulitan selama ngeblog?

EoM: Kesulitannya saat itu menggunakan blog wordpress dengan hosting dan sering bermasalah akhirnya pindah ke blogspot yang sudah dibuat sejak lama dan merelakan domain fitrian.com hangus dan beralih ke domain fitrian.net

Makmin: Blog Emak ada berapa?

EoM: Saat ini yang aktif http://www.fitrian.net dan ada blog baru http://santaisejenak.blogdetik.com .Beberapa blog yang lainnya kurang aktif, tapi khusus blog http://halobalita.fitrian.net walaupun tidak aktif masih sering pengunjung yang datang bertanya mengenail buku-buku yang saya jual.

Makmin: Tema apa yang paling menggambarkan diri Emak?

EoM: tentang keluarga

Makmin: Ada bedanya enggak sih, antara awal-awal ngeblog dengan sekarang? Misalnya pertemanannya, trendnya dan sebagainya.

EoM: Ada bedanya, kalau awal ngeblog murni cerita-cerita pribadi kalau saat ini postingannya beragam dari GA, jualan sampai review berbayar, tapi tetap harus pilih-pilih dalam mereview yang pas di hati saja.

Makmin: Emak rajin sekali blogwalking. Kapan biasanya emak blogwalking dan sekali blogwalking sampai berapa blog atau berapa jam?

EoM: Akhir-akhir ini malah justru waktu blogwalkingnya berkurang, saya hanya bisa blogwalking saat Pascal sekolah atau malam hari kalau tidak capek. Jika hari libur sekolah tanya dulu sama Pascal boleh gak mama laptopan? Sekali bw tergantung ada berapa banyak blog yang update tulisan terbaru, karena sehari sekali blogwalking kurang lebih sehari 1 jam saja. Saya hanya melakukan blogwalking melalui laptop tidak melalui gadget.

Makmin: Bagaimana Emak menemukan blog yang barusaja update postingan? Kami heran, Emak tau aja ada postingan baru. Emak punya blogroll atau daftar RSS entriesnya? Berapa blog yang ada didaftar Emak?

EoM: saya mempunyai blogroll yang disimpan diblog khusus blogroll saja, awalnya karena sering hilang blogrollnya saat melakukan setting template. Saya kurang suka menaruh blogroll di blog utama terlihat panjang.

Makmin: Banyak yang akhirnya malas blogwalking karena setelah berkali-kali blogwalking, blog yang bersangkutan tidak melakukan sebaliknya. Mereka mengungkapkan kekesalan mereka karena tidak adanya timbal balik itu. Kok sepertinya itu tidak terjadi pada Emak?

EoM: Biasanya setiap yang mengunjungi blog saya otomatis saya masukkan blogroll sehingga jika ada update tulisan terbaru saya langsung berkunjung tidak masalah jika mereka tidak berkunjung balik mungkin saja hanya bisa posting tapi belum punya waktu untuk blogwalking, bisa juga karena koneksi mungkin karena hal ini sering saya alami juga. Bagaimanapun juga mereka mempunya kehidupan sendiri di dunia nyata.

1017327_10151673366272319_103323473_n

Makmin: Emak juga cukup rajin posting, tapi emak kok jarang mempromosikan postingan baru emak, baik di facebook maupun twitter?

EoM: Karena saya tidak mau membebani orang lain untuk berkunjung ke blog saya, kalau mau berkunjung silakan nanti akan saya kunjungi balik. Tapi itu sih hak masing-masing ya kalau mereka share postingan saya senang bisa mendapatkan ilmu baru dari postingan-postingan mereka. Sesekali saya juga share postingan biasanya untuk lomba 🙂

Makmin: Apa nasehat emak kepada blogger pemula agar blognya ramai komentar seperti blog Emak yang sampai punya Page Rank 3 meskipun promosinya tidak gencar?

EoM: Kalau ada waktu di usahakan blogwalking menyapa teman-teman itung-itung silaturahmi.

Makmin: Baru-baru ini emak menang lomba blog. Selamat, ya. Tapi lagi-lagi emak tidak tampak sibuk cari dukungan di group ataupun twitter, mengapa Mak?

EoM: Kan sudah ada yang mendukung, 3 jagoan dirumah 🙂 itu sudah cukup kok.

Makmin: Ke depan, apa yang Emak harapkan dari ngeblog?

EoM: Kedepannya ingin belajar menulis yang baik dan bisa memberikan tulisan-tulisan yag lebih bermanfaat karena selama ini hanya tulisan yang berhubungan dengan keluarga saja.

Makmin: Apa yang bisa Emak sampaikan kepada Emak-emak lain tentang ngeblog?

EoM: Buat saya ngeblog adalah sarana untuk mengecharge tempat refreshing setelah seharian melakukan aktivitas. Coba untuk menulis di sebuah blog Insya Allah selalu bermanfaat untuk orang lain walaupun itu postingan curhat sekalipun.

Makmin: Apa arti KEB bagi Emak?

EoM: Tempat berkumpulnya emak-emak untuk berbagi postingan mengenai pengalaman, info maupun lainnya. Dari KEB ini jadi makin banyak kenal teman.

Makmin: Apa yang masih bisa dikembangkan dari KEB? Apakah Emak bisa membantu board dan makmin mewujudkannya?

EoM: Sesekali membuat kursus atau pelatihan offline mungkin untuk membantu emak-emak lainnya. Saya yakin banyak emak-emak yang punya potensi yang besar.

Makmin: Sekali lagi, atas nama semua board dan makmin, kami ucapkan terima kasih Emak sudah menginspirasi Emak-emak di keluarga Kumpulan Emak2 Blogger dan Emak-emak dimanapun berada untuk berani mengekspresikan diri di blog. *Peluuuk 😀

EoM: Peluk juga 🙂 terima kasih atas perhatian yang diberikan kepada saya, tidak menyangka bisa terpilih menjadi Emak of the Month. Titip pesan untuk member KEB lainnya yang belum sempat saya kunjungi blognya, Insya Allah akan saya simpan link blognya di blogroll

1044287_10151673367052319_1523594757_n