online-shopping

credit

Berbelanja di toko online sudah pasti berbeda dengan berbelanja di toko biasa. Kita tak pernah dapat melihat produk yang dijual secara langsung, tak dapat menyentuhnya, apalagi mencobanya. Kita pun tidak dapat berbicara secara langsung dengan penjual, kecuali lewat komunikasi lewat BBM, chatting ataupun fasilitas online lain. Kita hanya mengirimkan order pesanan, lalu yang bisa kita lakukan hanyalah mengharapkan yang terbaik. Spekulasi, bukan?

Lalu apa saja yang harus kita pikirkan, agar toko online kita layak untuk dikunjungi oleh calon pembeli? Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan. Saya tulis ini berdasarkan pengalaman saya mengelola akun toko online selama beberapa tahun.

 

1. Terlihat Profesional

Web kita, baik yang menggunakan domain gratisan maupun domain berbayar, harus terlihat profesional. Gunakan beberapa gambar sebagai ilustrasi, tapi jangan terlalu banyak jika kita tidak  bergerak di bisnis penjualan produk. Gunakan template atau desain web yang simpel, bersih, ber-background putih dan tidak terlalu banyak pernak pernik yang mengganggu, seperti musik, animasi-animasi yang tak ada hubungannya dengan produk/jasa yang kita jual dan sejenisnya.

 

2. Jangan Ada Iklan selain Iklan Kita Sendiri

Jangan terlalu banyak banner iklan yang tak perlu, apalagi iklan-iklan yang tak ada hubungannya dengan bisnis kita. Akan lebih fatal jika iklan yang kita tayangkan adalah jenis iklan yang menyerempet pornografi. Juga iklan yang menimbulkan window popup otomatis. Iklan-iklan sejenis ini sama sekali tidak boleh ada dalam situs toko online kita. Segera hapus!

 

3. Harus Mudah Dicari

Hal ini berkaitan dengan penentuan nama domain, dan penentuan keywords untuk SEO. Daftarkan situs kita secara tepat ke berbagai search engine yang besar. Gunakanlah kategori yang tepat, sesuai dengan bisnis.

 

4. Harus Dapat Diakses dengan Cepat

Situs yang baik harus dapat diakses dengan cepat. Sebuah halaman produk yang biasanya berukuran sekitar 38 kB, harus dapat didownload dalam waktu sekitar 13 detik dengan menggunakan modem biasa. Lebih cepat tentu lebih baik. Selain itu, kita juga harus memiliki server yang cepat untuk hosting, jika menggunakan hosting berbayar.

 

5. Stay Updated

Pelanggan tentunya akan sangat kecewa dan segera meninggalkan toko online Anda jika situs Anda jarang sekali di-update. Bayangkan jika mereka order, dan ternyata barang tidak tersedia karena Anda lupa meng-update stock.

 

6. Berilah Perhatian pada Inventory

Jika kita masuk ke amazon.com, tentunya kita akan menemukan banyak sekali koleksi buku. Lengkap! Inventory yang besar memiliki beberapa  keuntungan, di antaranya menunjukkan bahwa kita serius berjualan. Tapi yang terpenting, dengan inventory yang lengkap itu, pelanggan akan teringat untuk mencari di toko kita terlebih dahulu karena kita memiliki koleksi yang komplet.

 

7. Harga dan Diskon

Hal ini tentu saja tidak hanya berlaku untuk toko biasa. Toko online pun harus berstrategi dengan harga yang murah, dan juga sesekali adakan sale atau diskon. Sebenarnya kadang bukan murahnya yang penting, tapi kesan yang ditimbulkan. Katakanlah, saya menemukan buku di amazon.com, dan saya langsung yakin bahwa saya tidak akan menemukannya di tempat lain dengan kualitas sebagus itu dan harga semurah itu. Jadi, saya tak perlu repot-repot mencarinya di tempat lain. Lakukan hal yang sama di toko online kita, dan pembeli akan tahu bahwa mereka tak perlu lagi mencari barang yang mereka inginkan selain di toko online kita.

 

8. Beri Tanggapan

Respon cepat selalu menyenangkan. Begitu pula untuk toko online. Segera kirimkan email atau respon apapun kepada pemesan, segera setelah kita menerima order, dan setelah barang dikirimkan. Pelanggan akan sangat menyukainya, karena memberikan kepastian pemesanan secara online. Waktu respon ini biasanya digunakan oleh pelanggan sebagai tolok ukur kompetensi sebuah toko online. Jawablah sebelum 30 menit, dan biasanya mereka akan sangat terkesan.

 

9. Berikan Layanan Lebih

Banyak toko online memiliki customer service yang luar biasa, tapi lebih banyak lagi yang tidak. Customer service adalah elemen terpenting dalam penjualan online. Bukan iklan, desain situs atau harga yang murah. Iklan akan membuat orang mendatangi situs toko online kita, tapi kekuatan pelayananlah yang akan membuat mereka mengerti.

 

Demikian sedikit tips dan gambaran mengenai situs toko online yang biasanya “ramai” dikunjungi pembeli.

 

Semoga bermanfaat.