Reportase Mak Sumarti Saelan

Memasuki penghujung tahun 2013, kembali kopdar akbar Blogger Nusantara dilaksanakan dengan mengambil tempat kota pelajar dan kota pusat Budaya Yogjakarta. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 30 November – 1 Desember 2013 dengan dihadiri blogger perwakilan komunitas maupun personal dari berbagai penjuru Nusantara dengan mengangangkat tema “ISTIMEWA”.

20131130_144737

Saya dan beberapa member KEB ikut hadir mewakili Komunitas tercinta ini untuk berbagi kabagiaan di acara ini dan bersama-sama menikmati keistimewaan status sebagai seorang blogger. Di mana dengan hadir di acara kopdar seperti ini begitu banyak hal yang bisa di dapat. Mulai dari bertemu dengan para sahabat dunia maya yang selama ini haya kita kenal melalui tulisan dan komennya. Menikmati kota Yogja yang tak pernah habis untuk dituangkan dalam ratusan kisah, menikmati rangkaian acara dari beragam kebudayaan yang ada di Inodenesia yang disajikan melalui berbagai tarian tradisional daerah Nusantara dan yang paling heboh tentu silaturahmi antar komunitas se Nusantara yang belum tentu bisa dilakukan setiap saat. Hanya pada momen-momen seperti inilah bisa terlaksana dengan keseruan yang luar biasa.

Dan di sini kita harus member apresiasi pada panitia yang mnegatur peserta tidur dengan acak supaya tidak “ngeruntel” sesama teman sekomunitas dan tidak membaur dengan yang lain. Maka tidak ada istilah sulit mengenal satu sama lain.

Pada acara utama di Joglo Abang, panitia menyuguhkan berbagai tarian daerah yang mana dalam kesimpulan saya blogger adalah sebuah profesi atau kegiatan istimewa di mana memiliki kemampuan, kekuatan dan daya untuk menjadi corong promosi Budaya Indonesia dan turut melestarikannya melalui berbagai tulisan yang dibuat.

kebomnh3

Selain menyuguhkan berbagai tarian tradisional dari berbagai daerah Indonesia, acara yang dipandu dua sepasang MC kece ini juga menghadirkan nara sumber yang tak kalah kece tentang bagaimana memaksimalkan blog menjadi lebih menghasilkan dan untuk mempromosikan usaha salah satunya dengan bergabung di IDBN salah satu jasa penyalur iklan dari brand terkemuka ke para blogger. Pada sesi yang di moderatori oleh Blogger senior yang akrab disapa Eyang Anjari ini menghadirkan CEO IDBN mbak Mubarika. Bincang-bincang juga dilanjutkan dengan pemaparan tentang Tmoney yang pada kesempatan tersebut melakukan penandatanganan secara simbolis kerjasama antara Tmoney dan IDBN.

Selanjutnya sharing dilanjutkan oleh mbak Dona seorang creator atau desainer perhiasan dengan  mengangkat budaya Indonesia. Di mana setiap perhiasan yang dibuatnya selalu tidak melupakan unsure ke Indonesiaan dan mempromosikannya di blog pribadinya. Dan sharing pamungkas adalah dari Komunitas disabilitas tentang peran mereka yang memiliki hak yang sama dengan orang lain pada umumnya tanpa harus memandang kekuranagn mereka. Karena mereka adalah sosok-sosok inspiratif yang memiliki berjuta kelebihan masing-masing.

Dan acara di Joglo Abang ditutup dengan berbagai hiburan dari komunitas seni yang bernaung du rumah Budaya ini. di mana pada akhirnya suasana semakin meriah dengan terlibatnya banyak blogger diatas panggung terutama pasukan KEB sendiri yang pada dasarnya di manapun berada selalu menghangatkan suasana. Dan kegiatan selanjutnya adalah menuju desa Budaya yang ada di Bantul, Tembi. Namun sebelum ke Tembi panitia juga menyediakan fasilitas untuk peserta yang ingin Tour Yogja.

Di Desa Wisata Tembi para peserta meginap di Homestay dan kembali mengakrabkan peserta, pasangan menginap diacak berbeda dengan sebelumnya di malam pertama saat di Edu Hostel. Tembi sendiri adalah sebuah desa wisata yang indah, selain menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa juga menyuguhkan gambaran perkampungan rumah Jawa yang khas dengan Joglonya dengan kegiatan khasnya pula. Di desa ini pengunjung bisa melihat langsung bagaimana penduduk setempat berkatifitas mulai bertani, beternak hingga berkesenian.

Pagi harinya acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan games seru. Diantaranya sepabola komunitas disabilitas. Foto bersama dan terakhir penutupan di Pendopo Sentono.

Dan akhirnya hanya satu harapan saya, apapun kekurangan dan kelebihannya saya sangat bersyukur bisa menjadi bagian dari acara Blogger Nusantara 2013. Dan sampai jumpa di Blogger Nusantara 2014.

Emak blogger di blogger  nusantara

Sumber foto :

– Om NhHer

– Indah Nuria Savitri

– Fadlun Arifin

– Fitri Rosdiani

– Mira Sahid

(Mohon maaf bila ada yang belum dituliskan sumbernya)