Baru saja aku melihat berita di televisi tentang perburuan liar harimau Sumatera. Harimau dikuliti hidup-hidup dan dijual kulitnya. Astagfirullah.. Terus terang miris, sedih bahkan sempat mewek juga mak..

Betapa kurangnya kesadaran manusia yang melakukan perburuan liar sehingga membuat jumlah harimau Sumatera semakin menipis. Apalagi saat ini harimau Sumatera termasuk dalam daftar salah satu hewan yang dilindungi dan terancam punah.

Bukan hanya Harimau Sumatera tapi masih banyak hewan asli Indonesia yang mulai langka keberadaannya. Seperti tapir, penyu, orangutan, trenggiling, tarsius..dan masih banyak lagi. Sangat disayangkan sekali ya mak, padahal Indonesia mempunyai banyak sekali jenis satwa. Diperkirakan jumlah satwa di Indonesia sebanyak 300.000 jenis satwa liar atau sekitar 17% satwa di dunia terdapat di Indonesia, walaupun luas Indonesia hanya 1,3% dari luas daratan dunia. Tapi meskipun kaya, namun Indonesia dikenal juga sebagai negara yang memiliki daftar panjang tentang satwa liar yang terancam punah. Ironis sekali ya mak πŸ™

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk ikut melestarikan satwa Indonesia yang hampir punah, mak. Antara lain:

– Memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya kelestarian satwa langka. Sehingga mereka tidak mengusik keberadaan satwa langka dan ikut menjaga kelestariannyaΒ  di habitat asli satwa langka tersebut. Proses pelestarian satwa langka ini pada akhirnya akan menjadi tanggung jawab bersama, bukan tanggung jawab pemerintah semata.

– Kita juga bisa ikut mendukung setiap aktivitas pelestarian satwa langka yang dilakukan lembaga pelestarian lingkungan. Ada beberapa lembaga pelestarian lingkungan yang kita bisa ikut membantu lewat donasi, yang dananya nanti akan digunakan untuk keperluan pelestarian lingkungan dan satwa liar.

– Jangan melakukan perburuan satwa langka dan juga transaksi jual beli satwa langka. Bila melakukan transaksi sebaiknya bertujuan untuk menyelamatkan hewan tersebut agar tak dikuasai pihak yang tak bertanggung jawab dan menyerahkan satwa langka tersebut kepada pihak yang berkompeten.

Bukan hal yang sulit kan mak untuk ikut serta dalam pelestarian satwa liar ? Jangan tunggu sampai langka dan tinggal kenangan. Bayangkan bila kucing yang sering kita jumpai ternyata suatu saat hanya bisa kita lihat lewat foto di internet. Pasti sedih banget ya mak πŸ™

Yuuk mak..ikut dukung pelestarian satwa liar Indonesia, jangan tunggu sampai punah.