Artikel mak Widyanti Yuliandari

Untitled

Ini adalah tulisan kedua. Semoga belum bosan ya, Emaks. Masih menyambung tulisan pertama berkenaan dengan peringatan World Water Day 2014, yang bertema Water and Energy.

Menghemat energi berarti menghemat air. Juga sebaliknya. Bagaimana kita bisa mewujudkan efisiensi energi di rumah kita? Faktanya, banyak penggunaan energi di rumah (juga bangunan lain) yang mestinya bisa dihindari atau dikurangi.

Penggunaan AC misalnya. Untuk aktivitas sehari-hari, suhu AC yang paling optimal dari sisi kenyamanan dan pemakaian energi tidak lebih rendah dari 25 Β°C. Bahkan untuk di Indonesia ada yang menyarankan suhu optimal AC adalah 26 derajat celcius.

Sering dijumpai pengaturan suhu AC yang terlalu dingin, sementara penghuni ruang berpakaian full dan tebal. Tidakkah lebih efisien jika pakaianlah yang disesuaikan dengan iklim tropis? sedangkan AC bisa dinaikkan suhunya, atau bahkan tanpa AC. Sepintas memang remeh, tetapi faktanya setiap kenaikan temperatur 1Β°C dapat menurunkan konsumsi energi sebesar 3-5%. Bayangkan efisiensi yang bisa dihasilkan jika kita bisa naikkan suhu 3 derajat, dan ini di lakukan pada semua AC yang ada di rumah/bangunan manapun di Indonesia. Banyak yang bisa dihemat.

Tak hanya dari sisi efisiensi energi, lho, pentingnya pengaturan suhu ini. AC yang kelewat dingin, apalagi terlampau jauh bedanya dengan suhu luar ruangan juga tidak baik bagi kesehatan tubuh penghuni gedung ber AC tersebut.

Pengaturan ventilasi rumah dan langit-langit yang di buat cukup tinggi juga akan menghasilkan ruangan dengan suhu nyaman, sehingga tidak selalu harus menyalakan AC atau kipas angin. Penggantian AC yang sudah tua juga bisa menghemat energi listrik. AC yang berumur lebih dari 10 tahun, pemakaian energinya 30-50 % lebih besar daripada pendingin dengan teknologi lebih baru.

Efisiensi energi juga bisa dilakukan dengan memilih perangkat elektronik yang hemat energi, lampu hemat energi, mematikan lampu atau perangkat lain yang sudah tidak digunakan.

Nah Emaks, Selamat Hari Air Se-Dunia 2014. Mari kita upayakan efisiensi air dan energi dari rumah kita, dan sekarang juga!

*) Alumnus Teknik Lingkungan ITS, PNS, Blogger

Sumber gambar: tattodonkey.com